100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Forum / Kehamilan / Tanya Dokter  Kembali ke Forum
Teman Bumil

Teman Bumil
Thread Starter - 15-11-2019 10:36


[Sesi sudah berakhir] Kelas Online Teman Bumil - Tips Mulai Jualan Online

Siang Mums... Selamat datang di Kelas Online Teman Bumil! Perkenalkan saya Mumin yang akan menjadi moderator kelas online hari ini. Sebelum memulai kelas online nanti, perkenankan saya untuk menyampaikan beberapa peraturan kelas onlinenya yaaa. Peraturan Kelas Online:
1. Tidak boleh menyela dalam bentuk apapun selama kelas berlangsung.
2. Sampaikan PERTANYAAN setelah narasumber selesai menerangkan. Mumin akan memberikan aba-aba jika Mums sudah boleh bertanya. Pertanyaan yang masuk sebelum Narasumber selesai menerangkan tidak akan dijawab kecuali pertanyaan lainnya sudah selesai. Pertanyaan yang didahulukan untuk dijawab adalah pertanyaan yang berkaitan dengan topik Kelas Online.
3. Pertanyaan akan dijawab narasumber sampai jam kelas online selesai.
4. Mumin akan memberi aba-aba bahwa kelas sudah selesai dan menutup sesi kelas tersebut.
5. Mums harus mengisi form feedback yang diberikan pada akhir kelas online dan materi kelas online akan dikirimkan ke email Mums.
Demikian Mums info dari Mumin. Tolong perhatikan peraturan kelasnya yaahh, Mums! Terima kasih atas perhatiannya. Happy Learning, Mums!:)


Comments (48)
tutik sulistyowati
tutik sulistyowati
Posted at - 24-11-2019 13:19
Saya hamil 6 bulan sedang terkena diare boleh minum obat diare ngga ya n bahaya apa engga buat debay
Lailia
Lailia
Posted at - 18-11-2019 08:20
alhamdulillah bermanfaat sekali aku sudah mulai jualan kak mums yang lagi nyari produk jilbab yuk bisa cek di ig @ulaahijab 😍
sela mukholifati
sela mukholifati
Posted at - 16-11-2019 22:49
bismillah semoga jualan online saya semakin meningkat
sela mukholifati
sela mukholifati
Posted at - 16-11-2019 22:48
bagaimana dengan Modal usaha ? karena terkadang pembeli ada barang ada uang.
emilda
emilda
Posted at - 15-11-2019 15:30
terimakasiih saranyya bund 😘
Teman Bumil
Teman Bumil
Posted at - 15-11-2019 13:40
Akhir kata, Mumin ingin mengucapkan terimakasih untuk Ibu Tiyani Rahmawati dari Bolu (Instagram: @haibolu) 🙏. Semoga ilmunya bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya untuk Mums di grup ini yang sudah ikut kelas online Teman Bumil. Terimakasih Mums yang sudah berpartisipasi dalam kelas online hari ini. Sampai bertemu lagi di kelas online selanjutnya 😊
Teman Bumil
Teman Bumil
Posted at - 15-11-2019 13:36
Tidak terasa sudah 1 jam lebih kita bersama di kelas online hari ini Mums. Gimana Mums kelasnya? Seru yah bisa dapet ilmu baru :D. Bagi Mums yang masih punya pertanyaan atau pertanyaannya belum sempat terjawab oleh dokter, jangan lupa untuk ikuti kelas onlone selanjutnya yaaa. Oh iya, Teman Bumil butuh masukkan dari Mums nih agar kelas ini lebih baik ke depannya. Tolong bantu isi survey di link bawah ini ya Mums 👇 bit.ly/KelasOnlineTemanBumil151119 Setelah isi, Mums akan kami kirimkan materi kelas online tadi. Pengisian survey ditunggu max 1x24 jam yah Mums :)
tiyani rahmawati
tiyani rahmawati
Posted at - 15-11-2019 13:36
Hai mums, 1. Sebagai pendatang baru jangan patah semangaaat :) Kalau menyaingi yang sudah ada, dalam artian offeringnya sama tentu kita capek sendiri ya. Nah, untuk mensiasatinya dengan menawarkan yang BEDA, yang bisa menjawab problem target market. Misal, jual hijab dari sekian banyak bahan kain tipe apa yang adem, mudah dibentuk, ironless dan affordable. 2. Kembali lagi kepada mindset seller karena saat ini olshop sudah banyak berkembang. Saran saya, jika baru memulai bisnis coba untuk dibenahi lagi mindsetnya, apa tujuan untuk berjualan. JIka sudah berjalan bisnisnya, bisa dievaluasi kembali, apa yang perlu diperbaiki dan ditingkatin. 3. Bisnis minim modal yang saat ini berkembang adalah dropship. Tantangan bisnis ini, seller harus jeli melihat track record (kualitas barang, service, dll) si supplier. Meski resiko tetap ada. Pengalaman saya, memulai jadi reseller dulu baru berkembang ke agen. Selama jadi reseller belajar sistem jualan, handle customer, marketing. Dan ketika sudah siap, baru memutuskan untuk jadi agen. 4. Demografi dan psikografi berkaitan dengan buyer persona mums. Sebelum memulai bisnis sebaiknya buyer persona sudah siap. Dalam menentukan buyer persona bisa dilihat dari range usia target market, domisili, pekerjaan, sampai ke habbit calon buyer. Buyer persona ini befungsi untuk memudahkan seller dalam pembuatan konten yang cocok untuk calon buyer, beriklan yang sesuai target, dan lain-lain. 5. Semangat mums.. Ini nyambung dengan poin 2 mums, tentang mindset. Coba sekarang direnungkan lagi, tujuan memulai usaha untuk apa. Untuk biaya sekolah kah, untuk memberangkatkan haji orang tua kah, karena secara tidak langsung itu suntikan semangat ketika kita down. Tenang mums.. Tidak sendiri kok, setiap bisnis pasti mengalami masa down. Dan yang membedakannya, apakah berlanjut down atau memilih bangkit dan evaluasi. Saran saya, mums bisa mengikuti komunitas bisnis. Linknya ada di akhir sesi ya :) Hehehe gapapa mums, dengan mengetahui titik kuat dan lemahnya kita bukan berarti kita tidak kompeten. Justru membantu untuk proses intropeksi diri. Semangat teruuus yaaa :)
meta yuanisa
meta yuanisa
Posted at - 15-11-2019 13:31
makasiih bnyk bu tiyani. penjelasan nya bisa dimengerti. yg ingin saya tanyakan itu gmn caranya meraih konsumen. karena biasanya kebanyakan ibuk ibuk itu suka yg nyicil.berarti kalo dicicil, untung jualan kan gk akan lgsg keterima yaa bunda. dam satu lg brp persen kita ambil keuntungan dari barang jualan qt. makasii bunda mhn penjelasan nya 🙏🙏
Ratna Shinta Dewi
Ratna Shinta Dewi
Posted at - 15-11-2019 13:20
Kadang suka minder dg kalimat promosi ol shop lain, nah gimana ya kata-kata yg bagus buat promosi produk kita supaya konsumen tertarik? Misalnya berjualan baju anak?
Ummu Maryam
Ummu Maryam
Posted at - 15-11-2019 13:17
Maaf Mba, tambah 1 pertanyaan lagi bolehkah? hehe Bagusnya itu ketika jualan online, toko kita fokus di 1 jenis produk atau menjual produk dg berbagai jenis barang Mba?
tiyani rahmawati
tiyani rahmawati
Posted at - 15-11-2019 13:13
Hai mums, saran saya do it now :) Terkadang yang bikin kita gak konsisten adalah pikiran (mindset) yang jadinya excuse. Jika berjualannya di instagram bisa dimulai dari post feed 2x dan stories 10x dalam sehari. Kontennya bisa beragam, tidak hanya tentang produk. Seperti, quotes, tips dan trick, life hack, kesehatan, lifestyle, dsb sesuai target market.
tiyani rahmawati
tiyani rahmawati
Posted at - 15-11-2019 13:08
Hai mums, perlu dievaluasi dari sistem yang sudah berjalan. Bisa dilihat dari konten, marketing, dan service. Seberapa besar engagement calon buyer ke akun olshop mums. Apa sudah cukup konsisten dan inovasi yang bikin greget calon buyer. Lalu, bisa dimulai edukasi calon buyer, produk yang dijual keunggulannya apa, dengan begitu calon buyer akan membeli berdasarkan kualitas.
tiyani rahmawati
tiyani rahmawati
Posted at - 15-11-2019 13:01
Hai mums. Selain strategi penjualan yang ciamik, dalam bisnis diperlukan mindset yang matang mums. Karena mindset ini yang membantu seller dalam menghadapi lika liku bisnis. Mums bisa nih mengingat kembali tujuan memulai olshop karena apa. Yang paling bikin semangat. Ketika down, ingat tujuan ini dan katakan “apa saya nyerah begitu saja?” Setelah itu, didukung dengan promosi yang konsisten. Semangat yaaa..
Gita DAR
Gita DAR
Posted at - 15-11-2019 13:00
makasih sarannya...coba mulai lagi,bissmillah🙂
tiyani rahmawati
tiyani rahmawati
Posted at - 15-11-2019 12:55
Hai mums, mindset itu modalnya lho mums. Meski tak terlihat tapi memberi dampak yang besar. Karena bisnis pasti ada batu kendala, dan kalau sellernya tidak siap bisa mempengaruhi keberlangsungan olshop. Saran saya, coba mums tulis mengapa ingin berjualan. Tujuan utamanya apa. Di saat down, tujuan ini yang bisa bikin kita balik lagi ke tracknya. Semangat yaaa..
tiyani rahmawati
tiyani rahmawati
Posted at - 15-11-2019 12:51
Hai mums, bisa dilakukan survei target market. Caranya, ajak ngobrol 100 orang yang di usia target market. Dari situ bisa terlihat, problem apa yang dialami target market. Misal, hijab. Problemnya adalah sulit menemukan hijab yang simpel dan adem. Kalau pun ada, mahal banget. Nah, mums bisa menghadirkan solusinya yaitu hijab adem, mudah dibentuk dan affordable. Semangat mums..
emilda
emilda
Posted at - 15-11-2019 12:48
motivasi dan cara mempertahankan penjualan gimana bund? kn jualan jasa kdang ada kdang gk juga.aplagi target kita menengh ke atas.cara mudah dapetinnya gmn bund? terimakasih sebelumnya
tiyani rahmawati
tiyani rahmawati
Posted at - 15-11-2019 12:48
Hai mums, untuk mensiasati persaingan harga bisa dicoba untuk mengedukasi calon buyernya. Misal, bahan yang digunakan cocok untuk iklim tropis, keunggulannya apa. Tentu edukasi ini disesuaikan dengan target market mums. Untuk itu, penting nih tahu target marketnya memiliki problem apa, dan produknya mums bisa sebagai solusi. Calon buyer biasanya mencari produk yang bisa memecahkan solusinya. Semangat mums..
Ummu Maryam
Ummu Maryam
Posted at - 15-11-2019 12:40
MasyaAllah terima kasih atas penjelasannya Mbak Tiyani. Izin bertanya ya Mbak, Mumin. 1. Di era sekarang, sudah sangat banyak yang berjualan online mbak, bahkan saya liat di marketplace, banyak sekali penjual yang berhasil menjual ribuan produk bahkan ratusan ribu. Tentunya customer akan memilih belanja di toko tersebut, daripada toko yg baru2 memulai. Bahkan, ketika kita nekat menawarkan harga seperti toko2 lainnya yg suka membuat promo diskon, tetap saja kesulitan dapat pelanggan. Adapun selama ini saya hanya menawarkan pada orang2 yg saya kenal, jika seperti itu2 saja, kapan beNah, bagaimana "pemain baru" bisa merebut customer dg keadaan persaingan online ug sudah tertinggal jauh ini Mbak? 2. Apakah yg sukses jualan online itu hanya yg di Jawa saja? Karena saya perhatikan yg menjadi rekomendasi orang2 hanyalah di Jawa, bahkan customer sumatera pun memilih penjual dari Jawa apalagi dg adanya fasilitas freeong. Nah bagaimana nasib penjual do luar Jawa seperti Sumatera Mbak? Cust Sumatera aja susah didapat, apalagi yg di luar sumatera. Bahkan jika menjual produk kearifan lokal seperti makanan khas, penjual Jawa juga sudah banyak yg menjualnya dan lagi2 mereka lebih diliril. 3. Bagaimana memulai bisnis online dg modal minim Mbak? Da dari pengalaman Mbak, berapa sih modal yg Mbak butuhkan di awal memulai bisnis? Tentunya selain meminjam bank ya Mbak hehe. Kalaupun dropship atau marketer, kadang ada negatifnya juga mbak, misal kita ga tau produk aslinya kecuali penjual ug udah dikenal sehingga bisa jujur dan biasanya customer itu kalau denger kita dropship mereka cenderung milih beli langsung ke penjual aja, dan dicari2 deh sama mereka hehe (pengalaman Mbak huhu). Kalau reseller, ya gitu deh Mbak, modal minim. Kalau ceritanya Mbak gimana? 4. Tadi mbak nyinggung demografi dan psikografi,saya kira ada penjelasannya hehe. Maksudnya gimana ya mbak? hehe 5. Mbak, saya dan suami sering down utk jualan apalagi dg kondisi kami di atas, cari2 pengalaman orang, byk yg engga detail, bahkan banyakan cerita pas berhasil aja, ga ada ttg jatuh bangun. Bolehkah mbak, saya tau cerita mba pahit getirnya, jatuh bangunnya membangun bisnis? Seperti yg mbak jelaskn tadi, gagal itu biasa dlm jualan hehe. Atau adakah link blognya mba ttg pengalaman mba ini? Karena pengalaman jauuh lebih berharga dr sekedar teori kan mbak hehe. Maaf ya mbak krbanyakan dan kepanjangan, tapi saya BUTUH banget ilmu dan sharingnya mba. Semoga mbak berkenan menjawab. Terima kasih. Jazaakillahu khoyron mba💐
tiyani rahmawati
tiyani rahmawati
Posted at - 15-11-2019 12:37
Hai mums, kalau semakin sepi berarti butuh suntikan konten untuk menarik perhatian calon buyer untuk follow dan beli produk mums. Karena, sekarang teknologi sudah semakin berkembang dan kemudahan untuk membuka olshop pun semakin gencar. Jadi, pesaing di bisnis pun semakin kenceng nih, Nah, untuk mensiasatinya, olshop kita harus terlihat aktif dengan konten yang bisa membuat calon buyer penasaran. Didukung juga dengan iklan dan hashtag. Semangat mums..
Nur Laili
Nur Laili
Posted at - 15-11-2019 12:35
kalau boost followers dg cara beli followers aktif apakah membantu? tujuannya biar keliatan banyak aja gtu followersnya, biar lebih trusted 😁
Selda Purba
Selda Purba
Posted at - 15-11-2019 12:32
sya terkadang muncul ide2 apa yg mau dijual tapi untuk memulainya susah dan ter mindsite gak laku gmn ya jd lgsg ciut mentalnya bun 😄
Gita DAR
Gita DAR
Posted at - 15-11-2019 12:31
siang..kbetulan ada kelas ini pas lagi mau mulai usaha lagi..klo dulu sempet rame sih jual online,cz barang terbatas jd fakum,mau mulai lagi tapi masih bingung jual apa..kira" kalo target marketnya perempuan kisaran usia 25-30 thn apa ya..baju,hijab,kosmetik tepatnya..makasih
Martha Sionis
Martha Sionis
Posted at - 15-11-2019 12:31
saya baca2 tp tidak melihat hrga menjadi kendala ya. tp kadang konsumen banyak memilih yg hrga murah tp barang sama. untuk masalah pengiriman sebagian ada yg tidak mempermasalahkan. bagaimana meyakinkan konsumen bahwa produk kita lebih baik?
tiyani rahmawati
tiyani rahmawati
Posted at - 15-11-2019 12:31
Hai mums, Followers ibarat jodoh, hihihi.. Tentu, sebelum jodoh mendekat perlu pdkt. Nah, proses pdkt ini dengan cara beriklan. Saya sarankan untuk menggunakan tools yang disediakan seperti ig ads atau fb ads untuk menghindari shadow banned. Bisa juga menggunakan endorse, paid promote atau give away. Jika, calon buyer sudah tertarik dengan olshop mums, maka followers akan mengikuti terus dan apapun yang ditawarkan akan diterima baik. Cara ini juga bisa mensiasati jika ada persaingan harga, dengan di support good service calon buyer akan tetap setia ke olshop mums. Semoga membantu ya..
Irpi Tanraga
Irpi Tanraga
Posted at - 15-11-2019 12:30
bagaimana tips agar bisa konsisten berjualan online?
Agustina Samosir
Agustina Samosir
Posted at - 15-11-2019 12:30
terimakasih mums buat sharingnya 🤗 semoga ilmu yang diberikan dapat bermanfaat buat kami yang awam akan onlineshop
jennifer dwi samantha
jennifer dwi samantha
Posted at - 15-11-2019 12:28
Hi, mau tanya seberapa penting relevansi antara trend, followers dan bisnis ya? Dan apakah efektif dalam penggunaan hashtag di instagram? Dan bagaimana caption yang baik agar audience tertarik dengan produk kita ya. Terimakasih
irene sanjaya
irene sanjaya
Posted at - 15-11-2019 12:28
mau nanya nihh muminn, saya kan sudah berjualan online nih. nah awal berjualan itu rameee banget tp lama2 jadi sepi. terus kalau saya bikin promo itu akan rame, tp kan saya juga nggak mungkin terus2an bikin promo. nah kira2 gimana ya terobosannya biar penjualan saya bisa stabil? makasihhh
Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR