100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Forum / Kehamilan / Tanya Dokter  Kembali ke Forum
Teman Bumil

Teman Bumil
Thread Starter - 20-11-2019 13:48


[Sesi sudah berakhir] Kelas Online Teman Bumil - Tips Agar Anak Tidak Mudah Sakit

Siang Mums... Selamat datang di Kelas Online Teman Bumil! Perkenalkan saya Mumin yang akan menjadi moderator kelas online hari ini. Sebelum memulai kelas online nanti, perkenankan saya untuk menyampaikan beberapa peraturan kelas onlinenya yaaa.  Peraturan kelas Online: 1. Tidak boleh menyela dalam bentuk apapun selama kelas berlangsung 2. Sampaikan PERTANYAAN setelah narasumber selesai menerangkan. Mumin akan memberikan aba-aba jika Mums sudah boleh bertanya. Pertanyaan yang masuk sebelum Narasumber selesai menerangkan tidak akan dijawab kecuali pertanyaan lainnya sudah selesai. Pertanyaan yang didahulukan untuk dijawab adalah pertanyaan yang berkaitan dengan topik Kelas Online 3. Pertanyaan akan dijawab narasumber sampai jam kelas online selesai. 4. Mumin akan memberi aba-aba bahwa kelas sudah selesai dan menutup sesi kelas tersebut 5. Mau dapat materi kelas online pada hari ini? Mums bisa dapatkan dengan mengisi form feedback yang kami berikan di akhir sesi kelas online ini. Demikian Mums info dari Mumin. Tolong perhatikan peraturan kelas nya yaaah Mums.  Terimakasih atas perhatiannya. Happy Learning Mums! :)


Comments (59)
erna rahmawati
erna rahmawati
Posted at - 27-11-2019 07:56
selamat pagi dok , saya mau bertanya anak saya berusia 6bulan suka terdengar suara grok2 tapi tidak terlalu sering , apakah itu bahaya?? karna anak saya tidak sedang bapil. terimakasih
Intan Anindyana
Intan Anindyana
Posted at - 22-11-2019 17:20
Mau tanya masih bisa ga yaaaaa
Ummu Maryam
Ummu Maryam
Posted at - 20-11-2019 16:17
MasyaAllah. Baik Dok, terima kasih banyak atas penjelasannya Dok.
Teman Bumil
Teman Bumil
Posted at - 20-11-2019 16:13
Akhir kata, Mumin ingin mengucapakan terima kasih untuk ilmunya Dokter Annisa🙏. Semoga ilmunya bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya untuk Mums di grup ini yang sudah ikut kelas online Teman Bumil. Terimakasig Mums yang sudah berpartisipasi dalam kelas online hari ini. Sampai bertemu lagi di kelas online selanjutnya.
agustin
agustin
Posted at - 20-11-2019 16:12
sore dokter. dok, masalah pernafasan yg bunyi ngrok² itu bakalan hilang sampe usia berapa ya dok? soalnya anak saya uda usia 7 bulan 3 hari suara ngrok² itu tetap masih ada. padahal pagi² tetap dijemur dok.
Teman Bumil
Teman Bumil
Posted at - 20-11-2019 16:11
Tidak terasa sudah 1 jam lebih kita bersama di kelas online hari ini Mums. Gimana Mums kelasbya? Seru yah bisa dapet ilmu baru :D. Bagi Mums yang masih punya pertanyaan atau pertanyaannya belum sempat terjawab oleh dokter, jangan lupa untuk ikuti kelas online selanjutnya ya. Oh iya, Teman Bumil butuh masukkan dari Mums nih agar kelas ini lebih baik ke depannya. Tolong bantu isi survey di link bawah ini ya Mums 👇 bit.ly/KelasOnlineTemanBumil201119 Setelah isi, Mums akan kami kirimkan materi kelas online tadi. Pengisian survey ditunggu max 1x24 jam yah Mums :)
Annisa Nur Aini
Annisa Nur Aini
Posted at - 20-11-2019 16:11
Halo mums Maryam, 1. Untuk MPASI, keduanya merupakan nutrisi yang baik asal diberikan dengan tepat ya mums.. Memang MPASI terfortifikasi dibuat sedemikian rupa sehingga kandungan gizi didalamnya tetap terjaga dan tidak rusak selama pembuatannya.. MPASI yang beredar di pasaran juga sudah menggunakan tolak ukur WHO dan tersertifikasi BPOM dan kemenkes, sehingga adapun zat tambahan yang digunakan, insyaAllah tidak berbahaya untuk bayi.. MPASI homemade juga sama baiknya mums, asal pastikan proses pembuatannya tepat.. Akhir2 ini marak penggunaan ‘alat masak perlahan/slow’ yang dianggap mempermudah ibu membuat MPASI.. namun justru, bila bahan makanan didiamkan dalam keadaan dimasak/dipanaskan dalam waktu lama akan menghilangkan kandungan nutrisi dan vitamin yang ada.. Tipsnya kalau mums mau membuat MPASI homemade, pastikan kandungannya lengkap baik karbohidrat, sayur, protein hewani, dan buah..Lakukan proses masak seperti biasa yang kita lakukan dirumah dan pastikan matang.. Bila si kecil masih bayi, dapat dibantu dengan penggunaan blender untuk melumatkan makanan agar si kecil mudah mengunyah.. 2.Untuk cuci tangan pada bayi, mums dapat menggunakan alcohol based hand rub ya mums yang beredar di pasaran.. yang harus diperhatikan adalah pastikan hand rub sudah kering/ menguap saat si kecil akan makan menggunakan tangan, untuk mencegah aroma tajam dan rasa pahit 3. Untuk pemantauan pertumbuhan dapat mums lakukan di kurva berdasarkan WHO 2005 ya mums, ada di beberapa aplikasi tumbuh kembang atau dapat dikonsultasikan langsung ke dokter.. karena kurva di beberapa buku KMS ada yang kurang lengkap 4. Bila mums sedang sakit dan terbatas mengasuh si kecil, usahakan meminta bantuan pada pihak ketiga ya mums.. bisa ayah, nenek, kakek, atau anggota keluarga lain yang dipercaya.. yang harus diperhatikan untuk menjaga si kecil adalah asupan makanan harus terjaga, dan higiene ya mums.. jadi pastikan hal ini tetap baik walaupun mums sedang sakit :)
Ita Kamila
Ita Kamila
Posted at - 20-11-2019 16:03
mau tanya dok anak saya usia 5 bulan,tapi mudah sekali kembung saat terkena kipas angin/ac.bahkan bisa sampai terkena diare kalo kelamaan kena ac/kipas angin.gimana cara mengatasinya dok?apakah hal tersebut bisa berlangsung sampai anak saya dewasa??
Ummu Maryam
Ummu Maryam
Posted at - 20-11-2019 16:02
Mohon maaf Dok, saya izin bertanya lagi. Bagaimana cara aman membawa bayi bepergian dengan motor Dok? Karena banyaknya kendaraan lalu lalang dan pengendara lain yg kadang kita tidak tau kondisi kesehatan mereka. Sedangkan kalau pakai masker, khawatir membuat pernapasan bayi terhambat. Tetapi jika tidak, khawatir bayi menghirup asap dan virus yang tidk tau dari mana sumbernya. Mohon solusinya Dok.
almira pintari
almira pintari
Posted at - 20-11-2019 16:02
Terima kasih jawabannya ya Dok. kalau orang tuanya yang terkena bagaimana Dok? takut tertular ke anak saya
Annisa Nur Aini
Annisa Nur Aini
Posted at - 20-11-2019 16:02
Kalau sedang kemerahan/iritasi sebaiknya memang mandi dengan air biasa mums.. karena memandikan dengan air hangat dapat menimbulkan rasa gatal yang lebih hebat :)
Ocha Ummu Abdullah
Ocha Ummu Abdullah
Posted at - 20-11-2019 16:00
Dimandikan dengan air dingin boleh Dok?
Ummu Maryam
Ummu Maryam
Posted at - 20-11-2019 15:59
Bismillah. Terima kasih atas penjelasannya Dok, izin bertanya juga Dok, semoga Dokter berkenan menjawab. 1. Anak saya sudah MPASI hampir 1 bulan (4 hari lagi 7 bulan insyaAllah), selama ini saya memberikan MPASI terfortifikasi untuk anak saya Dok, setelah saya baca buku Dokter Meta bahwa MPASI terfortifikasi gizinya sudah disesuaikan dg kebutuhan bayi, seperti zat besi. Sdgkan homemade, karena lambung bayi masih kecil sehingga tidak mampu memakan makanan jumlah banyak yg sesuai dg kebutuhan gizinya. Dan di sini juga ada member yang mempost thread bahwa MPASI terfortisikasi lebih bagus, informasi dari kakak iparnya yang seorang dokter. Tapi kemaren di kelas online ttg MPASI, pemateri menyebutkan bahwa MPASI homemade yg baik karena MPASI instan ada pengawet. Bagaimana menurut dokter, apakah MPASI terfortifikasi memang bagus untuk bayi dan dapat membuatnya lebih tahan dari berbagai penyakit? 2. Saya agak kesulitan membawa bayi saya untuk cuci tangan dg air mengalir apalagi dg sabun, sehingga seringnya saya mencuci tangannya dengan air minum atau kadang lupa mencuci tangan. Bagaimana praktek mencuci tangan yang benar untuk bayi Dok? 3. Di atas usia 4 bulan, kenaikan BB bayi saya seret. Rata2 hanya naik 1-2 ons. Terakhir naik 2 ons Dok. Sementara di KMS malah 4 ons. Saya bingung patokan KMS tinggi sekali, apakah kenaikan BB anak saya normal meski di bawah standar KMS atau memang KMS yg patokannya terlalu tinggi Dok? 4. Bagaimana menjaga anak (terutama bayi) tetap sehat ketika kita sakit Dok? Belakangn saya sering sakit, beberapa waktu lalu mag kambuh dan kemaren sakit haid sehingga saya tidak bisa mengurus anak dg maksimal dan tidak ada yg membantu saya mengurus anak, karena ada beberapa hal yg tidak bisa dilakukan suami saya Dok. Terima kasih atas jawabannya Dok. Saya sangat BUTUH ilmu dan jawabannya Dok. Jazaakillahu khoyron dok.
Annisa Nur Aini
Annisa Nur Aini
Posted at - 20-11-2019 15:59
Halo mums, Untuk jerawat pada bayi (acne neonatorum) sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ya mums karena berbeda lokasi dan jenis keparahan lesi, bisa berbeda penanganannya.. Namun untuk infeksi kulit secara umum, yang terpenting adalah menjaga higiene kulit dan lingkungan.. - mandikan bayi 2x sehari walau terdapat infeksi kulit (jangan tidak dimandikan ya mums) - dapat digunakan pelembab khusus bayi untuk menjaga kelembaban kulit sehingga tidak mudah iritasi -jaga higiene pakaian bayi, pilihkan detergen khusus bayi, dan hindari pemakaian produk bayi pada kulit yang sedang infeksi/iritasi ya mums (spt minyak2, pewangi bayi, dll)
marina
marina
Posted at - 20-11-2019 15:56
trimakasih dokter untuk jawabanya 🙏
Annisa Nur Aini
Annisa Nur Aini
Posted at - 20-11-2019 15:55
Halo mums Almira, Untuk kutu air sebenarnya penyebabnya infeksi jamur ya mums, dan jarang sekali terjadi pada bayi karena aktivitas bayi belum terlalu banyak.. Bila memang ada keluhan seputar infeksi atau iritasi kulit sebaiknya dikonsultasikan langsung ya mums, karena sebaiknya dilihat secara langsung oleh dokter seperti apa lesi kulitnya :)
Annisa Nur Aini
Annisa Nur Aini
Posted at - 20-11-2019 15:53
Halo mums Resha, Selain menjaga lingkungan, yang kita dapat lakukan : - hindari kontak dengan orang dewasa yang sedang sakit, bila ada orang rumah sakit, disarankan pakai masker ya mums - paparkan si kecil dengan matahari pagi (vitamin D membantu sistem imun tubuh) - asupan harus baik ya mums, terutama buah2an sebagai vitamin alami
Annisa Nur Aini
Annisa Nur Aini
Posted at - 20-11-2019 15:50
Kalau bpil karena alergi, obat yang paling utama adalah PENCEGAHAN mums.. Kalau memang si kecil terbukti alergi, pastikan dan perhatikan penyebab yang mungkin menjadi penyebab, dan hindari.. Karena reaksi alergi akan terus muncul selama si kecil terpapar dengan alergen yang bersangkutan, dan akan sulit hilang sempurna.. Sebaliknya, bila telah diketahui pencetusnya dan dihindarkan, maka keluhan bapilnya akan perbaikan dengan sendirinya.. Jangna lupa bahwa bapil alergi tidak menular ya mums, namun harus tetap dihindarkan dari pencetusnya supaya si kecil tetap beraktivitas dengan lancar..
Ocha Ummu Abdullah
Ocha Ummu Abdullah
Posted at - 20-11-2019 15:48
Dok cara menghilangkan jerawat pada bayi umur 2 bulan pakai apa?
Annisa Nur Aini
Annisa Nur Aini
Posted at - 20-11-2019 15:47
Halo mums Marina, Usia anak sekolah memang sering menjadi faktor risiko berulangnya flu/common cold.. Hal yang dapat kita dilakukan adalah menjaga asupan makanan dan buah2an si kecil, sehingga daya tahan tubuh terjaga.. Sedikit tips untuk sekolah mums, upayakan bila ruangan full AC, rutin dijaga kebersihan penyaring ACnya..anak2 sebaiknya terpapar sinar matahari pagi dan tidak selalu berada dalam ruangan tertutup.. Jangan lupa ajarkan cuci tangan ya mums.. Bila anak kita sedang sakit, atau temannya.. sarankan untuk istirahat paling tidak 3-5 hari untuk mencegah penularan ke lingkungan sekitar.. Vaksinasi influenza dapat dilakukan sejak anak usai 6 bulan ya mums, vaksinasi ini dapat juga memperpendek lama sakit common cold pada anak..
almira pintari
almira pintari
Posted at - 20-11-2019 15:46
mau tanya dok, apakah bisa bayi terkena kuti air?
Annisa Nur Aini
Annisa Nur Aini
Posted at - 20-11-2019 15:43
Halo mums Dihta, Untuk bumil yang sedang flu sebaiknya tidak terpapar obat2an dulu ya mums.. Pertolongan pertama bisa dengan banyak istirahat, banyak minum air putih hangat, dan makan cukup serta buah2an.. karena vitamin C membantu penyembuhan.. Karena prinsipnya, kalau flu biasa/ common cold akan sembuh dengan sendirinya dalam 5-7 hari..kalau keluhan memang mengganggu dan berat sebaiknya konsultasikan ke dokter obgyn ya mums untuk pilihan terapinya..
Annisa Nur Aini
Annisa Nur Aini
Posted at - 20-11-2019 15:39
Halo mums Riah, Bila sedang hamil trimester pertama dan sedang bapil, sebaiknya bantu dahulu dengan perbanyak minum air putih hangat, istirahat cukup, dan asupan makanan yang baik dan tinggi vitamin C ya mums untuk mempercepat penyembuhan.. Kalau memang mengganggu sekali, mums bisa konsultasikan le dokter obgyn mums terapi selanjutnya mums.. karena kehamilan trimester pertama, sebaiknya tidak terpapar obat dahulu mums..
Rahnov Dwika Rahayu
Rahnov Dwika Rahayu
Posted at - 20-11-2019 15:39
ok dok, makasih sarannya dok..
Hestia Asri Laeli
Hestia Asri Laeli
Posted at - 20-11-2019 15:38
terima kasih penjelqsannya dok.
Annisa Nur Aini
Annisa Nur Aini
Posted at - 20-11-2019 15:36
Vaksinasi influenza dapat mulai dilakukan sejak usia bayi 6 bulan mums.. Jadwal imunisasi anak terlampir ya mums Untuk keterangan lebih lanjut dapat konsultasi ke dokter anaknya ya mums..
Resha widyanti
Resha widyanti
Posted at - 20-11-2019 15:36
anak saya 6 bulan dan sering bersin tapi bersinnya tidak hanya sekali tapi berkali" bagaimana cara penanganan yg tepat agar anak saya tidak gampang sakit flu.. selain menjaga kebersihan lingkungan sekitar..
desy septiani
desy septiani
Posted at - 20-11-2019 15:36
bagaimana dgn batuk pipek yg disebabkan oleh alergi dok? apakah akan sembuh dengan sendiri nya?
Annisa Nur Aini
Annisa Nur Aini
Posted at - 20-11-2019 15:34
Halo mums Rahnov, Kalau bersin2 terus berulang tanpa penyebab, mungkin bisa dievaluasi ke arah alergi atau paparan alergen mums.. Yang harus diperhatikan : Apakah ada yang merokok tinggal 1 rumah ? Apakah suhu dalam ruangan terlalu dingin? Apakah ada hewan peliharaan ? Apakah sprei, gorden sudah diganti berkala? Apakah penyaring AC sudah rutin dibersihkan ? Dan kemungkinan paparan alergen lain Kalau lingkungan sudah yakin bersih dan terjaga, namun bersin2 masih terus timbul..ada baiknya dikonsultasikan mums untuk mencari gangguan di saluran napas yang mungkin menyebabkan reaksi bersin si kecil..
marina
marina
Posted at - 20-11-2019 15:32
halo dokter? sy jga mau tya ,sjak skolah anak sy sring bgat btuk pilek bs d blang lngganan dia ,tiap bulan psti ad btuk pilek,ap lg klo ad tmanya yg btuk pilek psti dia kena jga,ap kah ad cara utk mprkuat imun tubuh ?anak sy 4thn,hrs kah sy bw dia utk vaksin khusus batuk pilek ?sy ga prnh ksi dia obat,soalnya bs smbuh sndri tapi klo ud parah br sy ksi dia obat klo ud 1mnggu ga smbuh br sy bw k dkter..
Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR