100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Forum / Kehamilan / Tanya Dokter  Kembali ke Forum
Teman Bumil

Teman Bumil
Thread Starter - 22-01-2021 09:06


[Sesi Sudah Berakhir] #TanyaDokter Pentingnya Nutrisi 1.000 Hari Pertama Anak - dr. Kristina Joy Herlambang, BMedSci (Hons), MGizi, SpGK-FINEM

Hai Mums.. Selamat datang di Forum Teman Bumil!

Menyambut Hari Gizi Nasional ke-61 pada 25 Januari 2021, Teman Bumil mengadakan sesi #TanyaDokter dengan dr. Kristina Joy Herlambang, BMedSci (Hons), MGizi, SpGK-FINEM. Dokter Kristina berpraktek di RS EMC Tangerang, RS Mitra Keluarga Bintaro, Klinik Cosmed dan Klinik Seraphim.

Pada sesi #TanyaDokter kali ini, Mums bisa tanya-tanya seputar "Pentingnya Nutrisi 1.000 Hari Pertama Anak" loh. Dokter Kristina akan menjawab pertanyaan Mums dari jam 15.00-16.00 WIB. Yuk langsung ketik pertanyaan Mums pada kolom komentar di bawah ini ya!

Demikian Mums info dari Mumin. #TanyaDokter lebih mudah melalui aplikasi Teman Bumil!


Comments (72)
Maya Diana
Maya Diana
Posted at - 22-01-2021 15:14
hai dok saya Maya umur anak 7 bulan 1 Minggu sekarang anak saya lg MPASI tpi diberikan bubur tidak mau disemburkan waktu mkan klau diberikan nasi,ikan sma sayur terus dblender lahap dok. apakah boleh diberikan dok soalnya kadang tetangga bilang klau belum waktunya diberikan nasi tim
Maya Diana
Maya Diana
Posted at - 22-01-2021 15:59
dok jadi boleh diberikan y dok apakah boleh nasi dblender atau gmna dok
niar
niar
Posted at - 23-01-2021 07:50
halo dokter saya hamil muda 9 minggu, apa saja yang harus saya konsumsi agar bayi dan ibu sehat hingga proses persalinan ? :") terima kasih Dokter
lailymudrika17@gmail.com
lailymudrika17@gmail.com
Posted at - 23-01-2021 07:03
hallo dok, mau tanya gimana cara mengatasi GTM pada anak? terimakasih dok
siska dina
siska dina
Posted at - 22-01-2021 20:00
trimakasi dokter atas informasinya, sangat bermanfaat sekali dokter, walupun saya hanya menyimak saja tapi ilmunya sangat bermanfaat, smg berkah untuk dokter ๐Ÿ’“
akmaliah
akmaliah
Posted at - 22-01-2021 18:28
apa gpp dok kalo minum jahe....katanya orang tua jaman dahulu gk bleh...katanya 0anas ke rahim gt
RINA LF
RINA LF
Posted at - 22-01-2021 16:59
hallo dok mau tanyak ...saya kemaren menikah tgl 23 Desember 2020 ....saya haid terakhir itu tanggal 25 November 2020 dan selesai haid tanggal 1 Desember setelah masuk waktu haid tidak datang" haidnya biasanya kalo telat paling lama 1 Minggu ...terus kemaren saya tanggal 18 Januari 2021 beli tespek hasilnya hari S2 dan garisnya jelas banget dong,,,, ters tgl 20 Januari 2020 saya periksa ke bidan ...kata bidan saya sudah hamil 8minggu ...langsung kaget dong kok sudah 8 Minggu.. itu gimana ya dok mohon penjelasanya soalnya kok cepet bangett
Maesa Anggun
Maesa Anggun
Posted at - 22-01-2021 16:43
tapi kalau di ganti susu ibu hamil dengan susu ultra UHt atau bear brand tidak apa2 dok ?
devita mariana
devita mariana
Posted at - 22-01-2021 16:35
hallo dok, untuk mengurangi pusing dan lemas saat hamil muda, meskipun sudah makan yg seimbang dan bergizi bagaimana y dok? trm ksh..
Revalina Ginting
Revalina Ginting
Posted at - 22-01-2021 16:34
baik dok terima kasih untuk penjelasannya, semoga bisa saya terapkan, syukurnya di kehamilan 6W ini tidak terlalu merasakan mual, rejeki untuk bisa konsumsi berbagai makanan sehat selama kehamilan ini. thank you so much dokter ๐Ÿ˜Š
sumirah
sumirah
Posted at - 22-01-2021 16:34
halo dok saya mau tanya. kenapa y dok saya gk bisa minum obat sama sekali. memng dri dulu sya tidak pernh mengonsumsi obat obatan. mohon jawabanya
Kristina Joy Herlambang
Kristina Joy Herlambang
Posted at - 22-01-2021 16:21
Hi Mums, tanpa terasa sudah 1 jam berlalu yaa. Terima kasih untuk berbagai pertanyaannya, dan mohon maaf karena keterbatasan waktu masih ada pertanyaan2 yg blm terjawab. Silahkan cek ig saya di @dr.kristinajoy, barangkali ada informasi yang dapat bermanfaat untuk Mums. Salam sehat dan sampai jumpa di #TanyaDokter berikutnya ya :)
Teman Bumil
Teman Bumil
Posted at - 22-01-2021 16:10
Tidak terasa sesi #TanyaDokter ini sudah berjalan lebih dari 1 jam ya Mums. Semoga bermanfaat untuk Mums ya. Akhir kata, Mumin mengucapkan terima kasih untuk Dokter Kristina sudah menjadi teman berbagi para Mums. Bagi Mums yang pertanyaannya belum terjawab, jangan lupa untuk ikut sesi #TanyaDokter berikutnya ya. Terima kasih dan sampai jumpa!โค๏ธ
Anis Miladiah
Anis Miladiah
Posted at - 22-01-2021 16:10
hallo dokter, mau tanya klu selama hamil tdk suka sayur solusinya bagaimana ya dok? terimakasih๐Ÿ™
Kristina Joy Herlambang
Kristina Joy Herlambang
Posted at - 22-01-2021 16:08
mungkin obatnya bisa dimasukkan dalam larutan/makanan yg bisa ditelan bu? saya tahu ada beberapa orang yg menelan obat dgn bantuan makan pisang/nasi, atau bisa juga bbrp obat yg kapsulnya dibuka & dicampurkan madu.
Kristina Joy Herlambang
Kristina Joy Herlambang
Posted at - 22-01-2021 16:07
menu MPASI yg pertama sekali bisa menggunakan bubur susu (tepung beras + ASI/sufor) untuk hari-hari pertama kali memberikan MPASI ya bu.. kalau menggunakan ASI, bisa menambahkan hati ayam sebagai sumber zat besi.
Ayulianti
Ayulianti
Posted at - 22-01-2021 16:06
boleh tidak ya dok ibu hamil konsumsi durian tapi yg berupa ice cream, sama makanan daging all u can eat gitu?
Nunung Nurhayatun
Nunung Nurhayatun
Posted at - 22-01-2021 16:05
halo dok, bagaimana mengatasi mual dan sulit makan saat hamil muda ?
Kristina Joy Herlambang
Kristina Joy Herlambang
Posted at - 22-01-2021 16:04
terima kasih akhirnya ada yg sesuai topik. ๐Ÿ˜‚ jadi nutrisi dlm 1000 hr pertama dimulai sel telur dari ibu dibuahi oleh sel sperma ya mums, bukan dimulai sejak bayi dilahirkan. selama kehamilan penting sekali mums mendapatkan KH, protein, lemak & vit mineral yg cukup untuk tumbuh kembang anak, terutama organ otak anak sejak dlm kandungan sampai 2 th yg perkembangannya sangat cepat! jadi kalau kita lihat daritadi banyak sekali mums yg mengeluh mual & bahkan kalau sampai sama sekali tidak bisa makan, sebaiknya ke rumah sakit & bisa diberikan infus khusus untuk mencukupi kebutuhan mums. sambil, kita coba menu2 makanan yg tidak menyebabkan mual. sejak mums mulai mengandung, mums harus memastikan makan makanan bernutrisi tinggi & lengkap (karbo, protein, lemak sehat, vit & mineralnya). untuk karbohidrat, pilih jenis karbo yg berasal dari tumbuhan/alami lebih baik daripada sumber karbo dari cireng, aci, roti manis, kue-kue... Indonesia ini punya ragam pangan yg luar biasa lho. Karbo yg berasa dari alam (kentang, ubi, jagung, singkong, dll) jg mengandung vit & mineral. Untuk kebutuhan protein, ada peningkatan kebutuhan protein selama hamil. pastikan setiap hari mengonsumsi protein hewani ya mums. telur, ikan, ayam, daging, selalu usahakan dari bhn makanan segar, bukan terus-menerus bahan instan (kornet, sosis). tempe, tahu, kedelai, kcg2an juga protein nanati yg mengandung bykkk vitamin & mineral yg mums & janin butuhkan. sayur & buah2an harus dikonsumsi. kalau mau jus, hindari jus yg terlalu banyak gula ya... ada risiko diabetes dalam kehamilan.
Anis Andriyani
Anis Andriyani
Posted at - 22-01-2021 15:59
sore dok, saat ini saya hamil 16 minggu. bahaya nggak sih dok kalau hamil tp masih suka makan pedas. karna dr dulu emang demen bgt makan pedes, tp memang skrg porsinya dikurangi. tp stlah makan pedas nggk prnah ada keluhan dok.
Kristina Joy Herlambang
Kristina Joy Herlambang
Posted at - 22-01-2021 15:52
oh ya, jika MPASI ini masih benar2 pertama kali, bisa membuat bubur susu yg terbuat dari tepung beras + ASI/sufor untuk hari-hari pertamanya. jika menggunakan ASI, bs ditambahkan hati ayam sebagai sumber zat besi. baru di hari2 berikutnya bisa dibuatkan bubur pure dari umbi2an lainnya, buah & sayuran, juga protein dari tempe, ikan, ayam dll..
yosi kristianti
yosi kristianti
Posted at - 22-01-2021 15:51
asi yang dihasilkan 120 ml per 3 jam dok. anaknya susah minum susu dok, hanya setiap minum kalau lagi susah hanya 30 ml. tapi kalau lagi bnyak bisa 100 ml dok. apakah ada solusinya dok?
Nur Fitria
Nur Fitria
Posted at - 22-01-2021 15:50
Hallo dokter, apakah benar nutrisi ASI dan ASIP berbeda? dan sebaiknya ASIP yg baik kandungan gizinya dalam jangka waktu berapa lama disimpannya ya dok?
Kristina Joy Herlambang
Kristina Joy Herlambang
Posted at - 22-01-2021 15:49
sore mum.. saran makanan yg harus penting bgt diperhatikan adalah dalam setiap kali makan, bahan makanannya lengkap. lengkap = ada karbohidrat, protein, lemak sehat, dalam sehari ada sayur& buah untuk memenuhi vit & mineral anak. karbohidrat tidak harus selalu nasi, bs pilih kentang, umbi2an, jagung, usahakan dari bahan alami sehingga bernutrisi tinggi, jangan mengandalkan karbohidrat dari kue/roti isi manis terlalu banyak & sering. protein dapat dikombinasi antara protein hewani (telur, ayam, ikan, daging, termasuk kaldu/ hati ayam/sapi) dan protein nabati (tempe, tahu, kcg merah, kcg hijau). untuk anak, pstikan tiap hari mengonsumsi protein hewani. paling simpel: telur. sayur dan buah sebaiknya diberikan dalam berbagai warna warni (merah, orange, kuning, hijau, putih, biru/ungu) dan bukan hanya 1 jenis terus menerus.
Ana Nisa Nurfalah
Ana Nisa Nurfalah
Posted at - 22-01-2021 15:46
selamat sore dok, saya sedang hamil usia 10 week dan saya sering merasa mual serta tidak mau makan nasi, tapi saya kgawatir dgn gizi janin, boleh minta solusinya?
Mrs As
Mrs As
Posted at - 22-01-2021 15:42
selamat sore dok, dok apakah aman konsumsi folamil genio di usia kehamilan baru 4 weeks? krn sy baca untuk folamil tidak dianjurkan dikonsumsi di trimester 1 dok. apa itu benar? dan sy sudah terlanjur konsumsi jadi bahaya atau tidak ya dok?
setia puji
setia puji
Posted at - 22-01-2021 15:41
halo dok. mohon tanya jika semasa hamil mengalami obesitas, bolehkah saat menyusui berdiet? jikaboleh diet yg spt apa dok yg hrs dilakukan.. kebetulan hamil anak ke.5 kali ini badan saya naik hingga diangka 95 dan mungkin akan terus naik, mohon sarananya dok. trimakasih atas waktunya dan ilmunya.
dewa ayu dewi
dewa ayu dewi
Posted at - 22-01-2021 15:40
selamat sore,saya mau nanya menu makanan apa saja yang baik dan tidak baik untuk ibu dan bayi di usia kemalian 11 minggu?
Kristina Joy Herlambang
Kristina Joy Herlambang
Posted at - 22-01-2021 15:38
halo mums. untuk mengurangi mual bisa menggunakan wedang jahe, permen jahe, permen mint dan teh chamomile yg tidak pekat. nah, kalau makanan yg bs dikonsumsi hanya sedikit2, harus kita pastikan makanan yg sedikit memiliki kandungan kalori tinggi & tinggi kandungan nutrisinya. contoh: kacang, selai kacang mengandung lemak & protein, kalau telur membuat mual bisa diolah menjadi puding busa dgn putih telur atau chiffon cake yg kaya putih telur, dll. sebaiknya ibu jg konsumsi probiotik, ini akan membantu sembelit/diare, juga bisa mencoba agar2, rumput laut, & cincau yg kaya serat sebagai snack.
Arin
Arin
Posted at - 22-01-2021 15:38
halo dok..agar ga mual2 terus itu harus makan apa dan kenapa bumil itu mengalami sembelit ? terima kasih dok ๐Ÿ™
Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR