100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Forum / Kehamilan / Tanya Dokter  Kembali ke Forum
Teman Bumil

Teman Bumil
Thread Starter - 28-04-2021 23:11


Nanya-Nanya dengan Bidan Ony Christy, Am.Keb (Periode 29 April - 5 Mei 2021)

Selamat datang di Forum Teman Bumil :)
Mumin sangat mengerti nih kalau saat pandemi Covid-19 ini, Mums harus menghindari keluar rumah jika tidak ada hal yang urgent. Selama masa persiapan persalinan dan menyusui, pasti Mums mengalami gejala yang berbeda-beda dan kadang masih bingung harus bagaimana, bukan?

Agar kegalauan Mums dapat terjawab tanpa harus keluar rumah, kali ini Mumin akan mengadakan #NanyaNanyaBarengHerbaAsimor dengan Ibu bidan Ony Christy, Amd. Keb.  

Pada sesi #NanyaNanyaBarengHerbaAsimor ini, Mums bisa ngobrol tentang apa saja loh dengan Ibu Bidan seputar mempersiapkan persalinan dan menyusui. Mulai dari tanggal 29 April 2021 hingga 5 Mei 2021. Pertanyaan Mums akan diterima oleh Moderator di dalam forum untuk dijawab oleh Ibu Bidan Ony Christy, Amd. Keb. dalam jangka waktu 1x24 jam. Pertanyaan Mums yang masuk terlebih dahulu yang akan diuatamakan untuk dijawab. Jika pertanyaan Mums masuk pada hari libur (sabtu dan minggu) akan di jawab pada hari senin atau hari berikutnya. Beliau akan menjawab segala keluh kesah serta pertanyaan Mums di forum ini.


Comments (582)
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 07-05-2021 10:48
Hai Mum Apriyanti, mual muntah di awal kehamilan disebabkan karena perubahan hormon dalam tubuh dan biasanya akan hilang pada trimester 2 atau di atas usia 16 minggu. Sebaiknya Mums tidak mengonsumsi makanan mentah karena bisa berbahaya bagi janin. Silakan makan sedikit tapi sering, kurangi makanan asam, pedas dan berminyak. Usahakan Mums makan tepat waktu, konsumsi suplemen kehamilan dan silakan periksa ke dokter jika memang sama sekali tidak ada nutrisi yang masuk ya Mums.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 07-05-2021 10:47
Hai Mum Rini, flek di awal kehamilan merupakan hal yang normal yang bisa terjadi karena proses penempelan embrio pada dinding rahim. Mual muntah di awal kehamilan biasanya disebabkan oleh perubahan hormonal dan sebaiknya memang jika Mums merasa lemas mudah lelah dan mual Mums tidak melanjutkan puasa ya. Kehamilan trimester 1 merupakan masa yang kritis karena pada masa ini pembentukan janin terjadi. Kekurangan nutrisi pada trimester ini dapat menyebabkan kecacatan, IUGR atau kelahiran premature. Sebaiknya Mums konsultasi dengan dokter, lakukan USG, bedrest, dan jangan lakukan hubungan seksual terlebih dahulu ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 19:27
Hai Mum Suprihartini, mual muntah saat hamil disebabkan oleh perubahan hormonal dalam tubuh ibu. Namun, kondisi fisik dan hormonal setiap ibu berbeda sehingga bisa saja Mums tidak mengalami mual muntah, namun temannya mual hingga hiperemesis. Mums tidak perlu khawatir ya, silakan tetap konsumsi suplemen kehamilannya, perbanyak konsumsi protein, sayuran hijau dan buah serta rajin kontrol sesuai jadwal.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 19:26
Hai Mum Lavenia, flek di usia 26 minggu merupakan hal yang tidak normal dan bisa menjadi tanda ancaman keguguran. Silakan Mums periksa ke dokter, bedrest, kurangi aktivitas berlebih dan tunda hubungan seksual ya. Semoga sehat selalu.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 19:25
Hai Mum Habibah, jika Mums berhubungan seksual saat masa subur tentu saja kemungkinan kehamilannya tinggi ya namun jika tidak saat masa subur tentu kemungkinan kehamilannya tidak terlalu tinggi. Hari Minggu atau tanggal 3 Mei berarti sekitar 7-10 hari dari hari pertama haid terakhir ya Mums? Kalau siklus Mums 21 hari maka saat itu merupakan masa subur namun jika 28 hari sekali atau lebih berarti bukan saat masa subur. Untuk memastikan Mums bisa melakukan testpack nanti minimal 10 hari dari hubungan seks terakhir tersebut ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 19:24
Hai Mum Hariyantie, saat hamil pencernaan kita memang melambat karena pengaruh hormon progesterone. Hal ini menyebabkan Mums menjadi mudah sekali merasa begah, kembung, asam lambung naik dan sembelit. Mums bisa lanjutkan makan banyak sayur dan buah yang berserat, minum cairan 2-3 liter per hari, melakukan olahraga ringan agar peredaran darah lancar dan segera periksa jika BAB sakit disertai darah ya Mums.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 19:23
Hai Mum Indri, jika ingin melakukan USG Mums bisa melakukannya di minggu ke 6 atau sekitar tanggal 14-15 Mei karena biasanya pada usia tersebut kantong kehamilan mulai nampak. Namun tidak ada salahnya juga jika Mums periksa lebih dini untuk mengetahui kondisi Mums dan memperoleh suplemen kehamilan dari dokter. Konsumsi suplemen yang mengandung asam folat, zat besi dan kalsium serta penuhi kebutuhan nutrisi tubuh dari makanan yang bergizi ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 19:23
Hai Mum Muna, untuk meningkatkan kualitas ASI silakan Mums perbanyak makan makanan yang tinggi protein seperti ikan, daging, ayam, tahu, tempe telur, kacang-kacangan dan sayuran hijau. Mums juga bisa mengonsumsi Herba ASIMOR yang mengandung ekstra daun katuk, daun torbangun dan ikan gabus yang dapat meningkatkan kualitas dan produksi ASI. Pastikan menyusui hingga payudara lembek/kosong supaya si Kecil mendapatkan hindmilk yang lebih kaya lemak dibanding foremilk.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 19:21
Terima kasih untuk sharingnya Mum Nuurul, Semoga sehat selalu ya!
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 19:20
Halo Mum Diah, mohon maaf maksudnya lg BAB itu sering BAB atau susah BAB ya? Nah jika ada masalah BAB Mums bisa periksa ya karena ibu hamil tidak boleh konsumsi obat sembarangan sebab bisa mempengaruhi janin. Dokter akan meresepkan obat yang aman bagi janin dan sesuai dengan kondisi Mums.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 19:18
Hai Mum Indah, normal ya Mums. Biasanya janin akan nampak jelas di atas usia 8 minggu. Jadi Mums bisa melakukan USG ulang 2-4 minggu lagi. Silakan penuhi nutrisi tubuh dengan makan makanan bergizi, minum cairan 2-3 liter sehari, dan konsumsi suplemen kehamilan yang mengandung asam folat, kalsium, dan zat besi ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 19:17
Hai Mum Defani, wajar sekali ya Mums. Flek di awal kehamilan bisa merupakan tanda proses penempelan embrio pada dinding rahim namun kadang kala proses tersebut juga tidak menyebabkan flek. Mums tidak perlu khawatir ya, silakan jaga kesehatan dan tetap konsumsi suplemen kehamilannya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 19:16
Terima kasih sharingnya Mum Resti, benar sekali biasanya USG transvaginal memang lebih jelas dibandingkan USG abdomen Mums.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 19:14
Terima kasih atas sharingnya Mum Ayu, semoga sehat selalu...
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 19:14
Hai Mum Nurul, memang retinol yang berlebihan dapat berbahaya bagi janin ya karena itu silakan hentikan segera pemakaian skincarenya dan lakukan USG untuk melihat perkembangan janin. Perbanyak makanan tinggi protein seperti ikan, daging, telur, dan makanan yang tinggi asam folat, sayuran hijau, kacang-kacangan dan buah. Konsumsi suplemen kehamilan dan lakukn olahraga sesuai usia kehamilan agar peredaran darah lancar dan nutrisi ke janin dapat maksimal ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 19:13
Hai Mum Ono, jika sudah 12 bulan lebih promil namun belum dikaruniai momongan silakan Mums periksa ke dokter ya supaya dokter melakukan pemeriksaan rahim, sel telur, sperma, hormon, TORCH dan tes darah. Catat tanggal menstruasi dan lakukanlah hubungan seks saat masa subur, perbanyak makanan tinggi protein, kacang-kacangan dan sayuran hijau. Mums juga bisa konsumsi suplemen yang mengandung asam folat, vitamin E dan zat besi ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 19:13
Hai Mum Rahayu, mual muntah saat hamil disebabkan karena perubahan hormon HCG dalam tubuh. Kondisi ini biasanya akan hilang di atas usia kehamilan 16 minggu. Untuk menguranginya silakan makan sedikit tapi sering, makan tepat waktu, minum jahe hangat, ngemil biskuit, dan hindari makanan yang pedas, asam dan berminyak. Jika mual muntah berlebihan, silakan Mums periksa ke dokter ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 19:12
Hai Mum Asliah, pusing saat hamil bisa disebabkan karena perubahan hormonal, kekurangan nutrisi dalam tubuh, anemia atau ada masalah kesehatan lain. Mums bisa cek kadar HB dan periksa ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti pusingnya ya. Silakan istirahat cukup, makan makanan bergizi dan penuhi asupan gula dalam darah serta tetap konsumsi suplemen kehamilannya ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 19:11
Hai Mum Enwe, mual muntah saat hamil disebabkan oleh perubahan hormonal dalam tubuh. Namun karena hormon dan kondisi fisik setiap ibu berbeda maka ada ibu yang tidak mengalami mual namun ada juga yang mual berlebihan. Mums tidak perlu khawatir ya, silakan penuhi kebutuhan nutrisi dan konsumsi suplemen kehamilan ya Mums.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 19:11
Hai Mum Irka, saat hamil sebaiknya Mums mengonsumsi obat dari dokter ya, karena dokter akan meresepkan obat yang aman bagi ibu dan janin. Konsumsi obat sembarangan dengan dosis yang kurang tepat dapat membahayakan janin. Silakan Mums periksa dan naikkan imunitas dengan konsumsi makanan bergizi dan istirahat cukup.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 19:10
Hai Mum Lina, cegukan dan gumoh bisa disebabkan karena refluk si Kecil yang belum sempurna. Jika si Kecil masih sering gumoh di atas usia 6 bulan segera periksakan ke dokter ya Mums. Bayi ASI bisa tidak BAB hingga 14 hari karena ASI mudah diserap tubuh sehingga tidak menyisakan ampas. Mums bisa membantu si Kecil dengan melakukan pijat ILU atau gerakan kaki seperti mengayuh sepeda ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 19:09
Hai Mum Lyndha, di awal kehamilan biasanya ibu hamil memang mengalami mual, muntah dan penurunan nafsu makan karena perubahan hormon dalam tubuh. Kondisi ini memang dapat menyebabkan penurunan berat badan jika Mums kekurangan nutrisi. Silakan Mums makan sedikit tapi sering, makan tepat waktu, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein seperti ikan, daging, telur, tahu dan tempe, karbohidrat, kalsium seperti susu, kacang-kacangan serta konsumsi sayur dan buah. Silakan lakukan USG untuk memastikan kondisi kehamilannya normal sesuai usia kehamilan ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 19:08
Hai Mum Wati, jika ingin melakukan USG perut/abdomen Mums bisa melakukannya pada usia kehamilan di atas 6 minggu atau 6 minggu dari haid terakhir ya. Mums bisa melakukan USG lebih awal jika memakai USG transvaginal.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 19:08
Hai Mum Olga, biasanya siklusnya berapa hari sekali ya? Tes kehamilan bekerja dengan cara mendeteksi hormon HCG dalam tubuh. Hormon ini sebenarnya sudah bisa dideteksi sejak 7-10 hari pasca pembuahan, karena itu Mums bisa melakukan tes 7-10 hari dari hubungan seks terakhir ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 19:07
Hai Mum Lusi, saat hamil pencernaan kita memang melambat karena pengaruh hormon progesterone. Hal ini menyebabkan ibu menjadi mudah sekali merasa begah, kembung, asam lambung naik, nyeri ulu hati dan sembelit. Silakan Mums makan sedikit tapi sering, pastikan makan tepat waktu, tidak makan makanan yang pedas, terlalu bersantan, asam dan berminyak, minum susu, serta periksa ke dokter jika nyeri ulu hati sangat berlebihan dan disertai rasa panas di dada atau tenggorokan ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 18:46
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 18:45
Hai Mum Ika, mual pusing dan demam belum merupakan tanda pasti kehamilan karena bisa saja merupakan keluhan masalah kesehatan lain. Silakan lakukan tes ulang 7-10 hari lagi, lakukan saat pagi hari di mana kadar HCG tinggi dan pastikan mengikuti petunjuk tes kehamilan dengan benar ya Mums.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 17:50
Hai Mum Septaria, keputihan saat hamil wajar karena perubahan hormonal dalam tubuh. Biasanya keputihan yang normal tidak nyeri, tidak gatal, tidak berbau dan tidak berwarna kehijauan, coklat, abu atau merah. Namun jika Mums merasa keputihannya mirip jamur, silakan Mums periksa ya. Jaga kebersihan vagina dan rajin ganti celana dalam tiap terasa lembab.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 17:47
Hai Mum Karlina, jarak kehamilan yang terlalu dekat memang meningkatkan risiko komplikasi kehamilan terutama jika ibu memiliki riwayat SC kurang dari 2 tahun karena pemulihan rahim setiap orang berbeda. Untuk meminimalkan risiko silakan Mums rajin kontrol dokter, menjaga supaya berat badannya tidak naik drastis dan cek ketebalan rahim dengan USG ya Mums.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 06-05-2021 17:46
Hai Mum Retno, ibu hamil hanya boleh melakukan puasa jika ibu dan janin dalam kondisi baik, tidak ada keluhan, dan kehamilan berkembang sesuai usia. Jika ada nyeri perut sebaiknya memang hentikan dahulu puasanya ya. Puasa di trimester 1 cukup rentan karena masa ini merupakan masa pembentukan janin sehingga Mums harus cukup nutrisi. Silakan konsultasi dengan dokter jika ingin berpuasa lagi dan periksa untuk nyerinya. Kurangi aktivitas berlebih, jangan lakukan hubungan seks terlebih dahulu dan silakan bedrest.
Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR