100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Forum / Kehamilan / Tanya Dokter  Kembali ke Forum
Teman Bumil

Teman Bumil
Thread Starter - 20-05-2021 00:32


Nanya-Nanya dengan Bidan Ony Christy, Am.Keb (Periode 20 Mei - 26 Mei 2021)

Selamat datang di Forum Teman Bumil :)
Mumin sangat mengerti nih kalau saat pandemi Covid-19 ini, Mums harus menghindari keluar rumah jika tidak ada hal yang urgent. Selama masa persiapan persalinan dan menyusui, pasti Mums mengalami gejala yang berbeda-beda dan kadang masih bingung harus bagaimana, bukan?

Agar kegalauan Mums dapat terjawab tanpa harus keluar rumah, kali ini Mumin akan mengadakan #NanyaNanyaBarengHerbaAsimor dengan Ibu bidan Ony Christy, Amd. Keb.  

Pada sesi #NanyaNanyaBarengHerbaAsimor ini, Mums bisa ngobrol tentang apa saja loh dengan Ibu Bidan seputar mempersiapkan persalinan dan menyusui. Mulai dari tanggal 20 Mei 2021 hingga 26 Mei 2021. Pertanyaan Mums akan diterima oleh Moderator di dalam forum untuk dijawab oleh Ibu Bidan Ony Christy, Amd. Keb. dalam jangka waktu 1x24 jam. Pertanyaan Mums yang masuk terlebih dahulu yang akan diuatamakan untuk dijawab. Jika pertanyaan Mums masuk pada hari libur (sabtu dan minggu) akan di jawab pada hari senin atau hari berikutnya. Beliau akan menjawab segala keluh kesah serta pertanyaan Mums di forum ini.


Comments (535)
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 28-05-2021 15:00
Hai Mum Grace, jika sudah lebih dari 12 bulan promil dan belum memperoleh momongan silakan konsultasi ke dokter kandungan untuk mengetahui kondisi rahim, sel telur dan sel sperma. Untuk mengetahui bagaimana kondisi sperma suami memang harus dengan pemeriksaan ya Mums. Pasangan Mums bisa mengonsumsi vitamin E, zat besi, sayuran, makanan tinggi protein untuk meningkatkan kualitas sperma. Terlambat haid bisa disebabkan oleh gangguan hormonal, masalah kesehatan, perubahan berat badan, perubahan gaya hidup, stressor, KB atau menyusui. Silakan lakukan tes kehamilan untuk mengetahui apakah Mums hamil atau tidak ya karena mual muntah juga bisa merupakan tanda masalah kesehatan lain.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 28-05-2021 15:00
Hai Mum Clara, silakan menghindati skincare yang mengandung BHA, Salicylic Acid, Merkuri/Hidroquinon, Paraben, Retinol, Vitamin A dan ekstra kedelai. Jika ragu, Mums bisa konsultasi dengan dokter spesialis kulit ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 15:00
Hai Mum Anin, silakan periksa ke dokter dan melakukan USG jika memang mengeluarkan flek karena flek di usia 22 minggu merupakan hal yang tidak normal ya Mums. Silakan bedrest, kurangi aktivitas berlebih dan jangan lakukan hubungan seksual terlebih dahulu. Perbanyak makan makanan tinggi protein dan asam folat ya Mums.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:59
Hai Mum Yuyun, pusing bisa disebabkan karena perubahan hormonal dalam tubuh, kurang istirahat atau kadar Hb yang rendah. Jika pusing sangat berlebihan silakan periksa ke dokter dan cek kadar Hb dalam tubuh untuk mengetahui apakah Mums anemia atau tidak. Perbanyak makan yang tinggi protein, sayuran hijau dan konsumsi suplemen kehamilan yang mengandung asam folat, zat besi, dan kalsium.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:59
Hai Mum Hofsah, mulas pada usia 37 minggu merupakan hal yang wajar ya. Jika mulasnya sering dan teratur, semakin lama semakin sering dan kuat kemungkinan hal tersebut merupakan kontraksi tanda persalinan. Jika mulas masih jarang dan tidak terlalu kuat berarti masih kontraksi palsu. Silakan Mums lakukan induksi alami seperti hubungan seksual, makan kurma, makan nanas, goyang gymball dan power walk untuk memancing kontraksi.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:58
Hai Mum Raefa, saat hamil sebaiknya Mums tidak mengonsumsi obat sembarangan karena dapat berbahaya bagi janin. Silakan periksa ke dokter supaya diberi obat yang sesuai dengan kondisi Mums dan jenis serta dosisnya aman bagi janin. Tingkatkan imunitas dengan banyak konsumsi buah bervitamin C, istirahat cukup dan minum air hangat.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:58
Hai Mum Rosyida, beberapa bahan pembersih mengandung bahan yang berbahaya jika terhirup dalam jumlah banyak, terkena kulit atau tertelan. Silakan cek apakah dalam kemasan ada peringatan untuk ibu hamil ya. Selain itu, lain kali Mums bisa membuka pintu dan jendela saat membersihkan rumah, menggunakan sarung tangan dan masker atau meminta tolong orang lain untuk melakukannya. Untuk saat ini karena sudah terlanjur silakan nanti lakukan USG untuk mengetahui perkembangan janin dan tetap konsumsi suplemen kehamilannya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:57
Hai Mum Rima, keluhan yang Mums alami merupakan keluhan yang normal bagi ibu hamil dan disebabkan karena perubahan hormonal. Untuk menguranginya silakan makan sedikit tapi sering, makan tepat waktu, hindari makanan yang asam, pedas, dan berminyak, perbanyak makan protein, sayuran hijau dan buah, konsumsi suplemen kehamilan dan periksa jika memang keluhannya berlebihan hingga mengganggu aktivitas ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:56
Hai Mum Norliani, keputihan saat hamil merupakan hal yang normal karena perubahan hormonal dan peningkatan aliran darah ke vagina. Mums tidak perlu khawatir selama keputihan tidak gatal, tidak nyeri, tidak bau, dan tidak berwarna kehijauan, merah, coklat atau abu-abu. Silakan jaga kebersihan vagina dan sering ganti celana dalam. Kram di awal kehamilan bisa merupakan tanda pembesaran uterus. Silakan Mums bedrest, tunda hubungan seksual dan periksa jika kram semakin berlebihan atau disertai flek darah.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:56
Hai Mum Norliani, benar sekali Mums saat sakit memang sebaiknya kita periksa ke dokter dan tidak minum onat sembarangan karena dapat berpengaruh terhadap janin.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:55
Hai Mum Rela, kondisi yang Mums alami bisa merupakan tanda gejala masalah kesehatan yang lain, tanda jelang haid dan belum tentu merupakan tanda jelang kehamilan ya. Keluhan saat jelang haid biasanya dipengaruhi oleh kondisi hormonal dan fisik ibu sehingga kadang memang berubah-ubah sesuai kondisi. Silakan tunggu tanggal 30 dan tes kehamilan jika terlambat haid atau bisa tes kehamilan 7 hari sejak hubungan seksual terakhir ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:55
Hai Mum Septiana, silakan Mums periksa ke dokter ya jika mengalami gatal-gatal dan bernanah. Nanti dokter akan memberikan terapi sesuai kondisi dengan obat yang aman bagi janin. Saat hamil memang imunitas kita sedikit menurun dan kulit menjadi sensitif sehingga mudah mengalami alergi dan masalah kulit. Jaga kebersihan diri, kenakan pakaian yang nyaman dan jaga kebersihan kulit.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:52
Hai Mum Fitrah, paracetamol dan lemon madu relatif aman untuk ibu hamil ya. Jika belum sembuh silakan periksa ke dokter karena saat hamil kita memang tidak boleh konsumsi obat sembarangan karena bisa berpengaruh terhadap kondisi janin. Saat hamil pencernaan melambat karena perubahan hormon progesteron dalam tubuh, kondisi ini menyebabkan perut perih, asam lambung mudah naik, muntah, sembelit dan kembung. Mums bisa makan sedikit tapi sering, kurangi makanan yang pedas, asam dan berminyak, makan banyak protein, sayuran dna buah, minum susu hangat dan pastikan Mums selalu makan tepat waktu ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:51
Hai Mum Ema, persalinan bisa terjadi di rentang usia 37-42 minggu sehingga tidak apa-apa jika belum ada tanda persalinan di usia kehamialn 38 minggu. Silakan melakukan induksi alami seperti goyang gymball, power walk, hubungan intim dengan pasangan, makan nanas atau makan kurma. Silakan pantau gerakan janin dan periksa jika gerakan janin melambat ya Mums.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:48
Hai Mum Yana, payudara nyeri biasanya disebabkan karena perubahan hormonal dan payudara yang menjadi lebih sensitif, namun kondisi ini bisa berkurang seiring perubahan hormonal dan kondisi fisik ibu sehingga Mums tidak perlu khawatir ya. Memang pada usia kehamilan 5 minggu biasanya janin belum nampak Mums. Silakan melakukan USG ulang 2-4 minggu lagi ya. Janin biasanya sudah nampak pada usia kehamilan 8-12 minggu.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:47
Hai Mum Indri, memang pada usia kehamilan 8 minggu janin masih kecil dan perut belum nampak membesar. Kondisi ini normal sehingga Mums tidak perlu khawatir ya. Silakan konsumsi banyak makanan yang mengandung protein, asam folat, sayuran hijau dan buah serta konsumsi suplemen kehamilan. Biasanya perut akan nampak besar di TM 2 kehamilan ya. Namun Mums tetap bisa melakukan USG untuk cek perkembangan kehamilannya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:47
Hai Mum Hilfa, mual muntah di awal kehamilan merupakan keluhan yang normal bagi ibu hamil. Hal ini disebabkan karena perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh. Untuk menguranginya silakan makan sedikit tapi sering, makan tepat waktu, hindari makanan yang asam, pedas, dan berminyak, perbanyak makan protein, sayuran hijau dan buah, minum jahe hangat, ngemil biskuit, konsumsi suplemen kehamilan dan periksa jika memang keluhannya berlebihan hingga tidak ada nutrisi yang masuk.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:46
Hai Mum Fitri, pada usia kehamilan awal memang terkadang tidak terlalu jelas perbedaan antara kantong kehamilan, kandung kemih dan kantong ovarium. Mums bisa melakukan USG ulang 2-4 minggu lagi atau melakukan USG transvaginal yang biasanya lebih jelas dibanding USG abdomen untuk usia kehamilan trimester 1.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:46
Hai Mum Mutsla, tidak apa-apa jika payudara tidak terasa nyeri ya. Nyeri pada payudara ini biasanya disebabkan karena adanya perubahan hormonal dan sensitifitas payudara meningkat namun karena kondisi fisik dan hormon kita berubah maka keluhannya juga bisa berubah dan berbeda ya Mums. Silakan tetap jaga kesehatan dan konsumsi suplemen kehamilannya ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:45
Hai Mum Husnia, untuk melahirkan normal ada beberapa syaratnya: ibu dan janin dalam kondisi baik, posisi janin optimal, placenta tidak menghalangi jalan lahir, kontraksi dan power ibu baik. Silakan lakukan USG untuk cek apakah ketuban, placenta dan janin masih dalam kondisi baik dan lakukan induksi alami dengan berhubungan intim, makan kurma, makan nanas, goyang gymball dan power walk.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:45
Hai Mum Adelia. selama tidak ada keluhan seperti kontraksi atau perdarahan boleh saja melakukan hubungan intim dengan pasangan. Silakan gunakan kondom dan mengurangi rangsangan pada payudara untuk mencegah kontraksi ya Mums.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:44
Hai Mum Erika, perubahan siklus haid belum tentu merupakan tanda kehamilan karena bisa disebabkan oleh perubahan kondisi hormonal, masalah kesehatan, stressor, KB, menyusui, perubahan berat badan dan perubahan gaya hidup. Oleh karena itu silakan melakukan tes kehamilan atau tes kadar HCG untuk mengetahui apakah Mums hamil atau tidak ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:43
Hai Mum Nopi, robekan perineum dipengaruhi oleh beberapa hal seperti proses persalinan, posisi persalinan, kondisi perineum, berat janin, nafas ibu saat persalinan. Oleh karena itu silakan pelajari nafas, pilih poisisi melahirkan yang nyaman, kompres perineum dengan washlap dan air hangat saat kala 1 sampai kala 2, pijat perineum dengan teknik yang benar, makan makanan bergizi agar sel tubuh baik dan silakan lakukan afirmasi positif.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:42
Hai Mum Lathifah, makanan yang perlu dihindari selama hamil adalah alkohol, jamu-jamuan, rokok, obat tanpa resep dokter, makanan yang menimbulkan alergi pada ibu, makanan mentah, dan makanan setengah matang. Mums boleh saja kok sesekali konsumsi mie ayam, selama mienya dimasak dengan bersih dan benar ya Mums.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:42
Hai Mum Dina, saat hamil pencernaan kita melambat karena pengaruh hormon progesteron. Kondisi ini menyebabkan perut menjadi begah, kembung, mudah nyeri, asam lambung mudah naik dan sembelit. Silakan makan sedikit tapi sering, minum susu hangat, hindari makanan yang asam, pedas dan berminyak serta pastikan Mums makan tepat waktu.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:41
Hai Mum Thnie, saat hamil tubuh mengeluarkan hormon relaksin yang menyebabkan ligamen yang menopang rahim merenggang dan melemah. Hal ini sebenarnya bertujuan memudahkan uterus membesar dan memudahkan janin saat persalinan. Namun terkadang seiring uterus yang membesar dan semakin berat, ligamen/otot di area pelvic floor yang tertekan mengalami rasa nyeri. Mums bisa melakukan stretching atau gerakan prenatal yoga untuk menguatkan otot dan mengurangi keluhan.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:41
Hai Mum Thnie, saat hamil tubuh mengeluarkan hormon relaksin yang menyebabkan ligamen yang menopang rahim merenggang dan melemah. Hal ini sebenarnya bertujuan memudahkan uterus membesar dan memudahkan janin saat persalinan. Namun terkadang seiring uterus yang membesar dan semakin berat, ligamen/otot di area pelvic floor yang tertekan mengalami rasa nyeri. Mums bisa melakukan stretching atau gerakan prenatal yoga untuk menguatkan otot dan mengurangi keluhan ya Mums.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 27-05-2021 14:41
Hai Mum Lisa, daun pepaya mengandung kalsium, zat besi, papain, magnesium dan aneka vitamin lain. Daun pepaya dapat membantu meningkatkan nafsu makan, memperlancar pencernaan dan memenuhi kebutuhan kalsium. Namun konsumsi berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan kandungan papainnya tidak baik bagi janin. Karena itu sebaiknya Mums tidak terlalu sering dan tidak terlalu banyak ya konsumsinya.
Grace Sihombing
Grace Sihombing
Posted at - 26-05-2021 21:19
Malam Bu bidan saya mau tanya 2 pertanyaan,yang 1. saya sudah 4 tahun menikah dan belum punya anak,bulan ini saya belum haid dan sering muntah-muntah. Bulan lalu lalu saya haidnya tanggal 24. Apa menurut bidan saya wajib test pack?dan yang ke 2 gimana caranya kita mengetahui sperma suami itu encer atau kental?dan gimana caranya agar sperma suami itu kental?
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 26-05-2021 16:49
Hai Mum Eka, hingga saat ini penelitian mengenai pengaruh vaksin covid terhadap ibu hamil masih sangat terbatas sehingga belum diketahui apakah bahaya atau tidak. Namun menurut CDC, vaksin covid tidak menggunakan virus aktif sehinga vaksin ini tidak berbahaya bagi tubuh. Untuk biusnya, sebenarnya berbahaya atau tidak tergantung pada jenis dan dosis bius, berapa lama bius diberikan dan berapa usia kehamilan Mums saat dibius. Karena kedua hal tersebut sudah terjadi maka yang bisa Mums lakukan saat ini adalah rajin kontrol ke dokter kandungan untuk mengetahui perkembangan kehamilannya, konsumsi suplemen kehamilan seperti asam folat, kalsium, zat besi , minum susu, kurangi stressor dan konsumsi makanan tinggi protein, sayur dan buah.
Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR