100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Forum / Kehamilan / Tanya Dokter  Kembali ke Forum
Teman Bumil

Teman Bumil
Thread Starter - 02-06-2021 22:51


Nanya-Nanya dengan Bidan Nevi Novita Nuraisah, Am. Keb (Periode 3 Juni - 9 Juni 2021)

Selamat datang di Forum Teman Bumil :)
Mumin sangat mengerti nih kalau saat pandemi Covid-19 ini, Mums harus menghindari keluar rumah jika tidak ada hal yang urgent. Selama masa persiapan persalinan dan menyusui, pasti Mums mengalami gejala yang berbeda-beda dan kadang masih bingung harus bagaimana, bukan?

Agar kegalauan Mums dapat terjawab tanpa harus keluar rumah, kali ini Mumin akan mengadakan #NanyaNanyaBarengHerbaAsimor dengan Ibu bidan Nevi Novita Nuraisah, Am. Keb 

Pada sesi #NanyaNanyaBarengHerbaAsimor ini, Mums bisa ngobrol tentang apa saja loh dengan Ibu Bidan seputar mempersiapkan persalinan dan menyusui. Mulai dari tanggal 3 Juni 2021 hingga 9 Juni 2021. Pertanyaan Mums akan diterima oleh Moderator di dalam forum untuk dijawab oleh Ibu bidan Nevi Novita Nuraisah, Am. Keb dalam jangka waktu 1x24 jam. Pertanyaan Mums yang masuk terlebih dahulu yang akan diuatamakan untuk dijawab. Jika pertanyaan Mums masuk pada hari libur (sabtu dan minggu) akan di jawab pada hari senin atau hari berikutnya. Beliau akan menjawab segala keluh kesah serta pertanyaan Mums di forum ini.


Comments (665)
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 11-06-2021 11:15
Hai Mum Lisda, kebersihan vagina penting sekali dijaga agar kering dan tidak lembab. Cebok dari arah atas ke arah anus, keringkan dengan tisu atau handuk kering tiap selesai cebok dan hubungan seks, dan gunakan CD yang nyaman dan longgar. Jika keputihan berwarna kehijauan, gatal segera periksa lebih lanjut ya Mums karena infeksi bakteri dan jamur bisa berisiko ketuban pecah dini.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 11-06-2021 11:14
Hai Mum Adian, sebaiknya berhubungan saat masa subur ya Mums. Jika siklusnya normal biasanya masa subur terjadi 2 minggu sebelum perkiraan haid berikutnya. Mums jg bisa mengetes kesuburan dengan alat cek ovulasi yang dijual bebas di apotek. Selain itu saat subur biasanya ada keputihan yang lengket bisa melar sampai 5 cm. Suhu tubuh juga lebih meningkat dan kadang ada nyeri di sebelah kanan atau kiri perut bawah. Selain itu ganjal dengan bantal di pinggang setelah berhubungan posisi telentang atau pertahankan nungging 15 menit setelah ejakulasi jika posisi hubungan nungging. Mums juga bisa konsumsi suplemen tinggi asam folat, vitamin E, vitamin D, dan zat besi, perbanyak makan protein, sayuran hijau, buah dan kacang-kacangan, istirahat yang cukup dan olahraga secara teratur. Hindari konsumsi junkfood, micin berlebih, minuman berkafein, soda, dan alkohol.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 11-06-2021 11:12
Hai Mum Indana, jika tidak disertai mules dan flek, maka hal tersebut wajar ya Mums. Karena rahim yang semakin membesar membuat otot di sekitarnya meregang sehingga Mums merasa sakit atau keram. Istirahat yang cukup ya Mums.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 11-06-2021 11:10
Hai Mum Khoerul Afifah, berat tersebut sudah cukup bahkan lebih. Normalnya berat janin usia 30 minggu adalah 1200-1300 gr. Mums bisa cek di milestone perkembangan bayi di aplikasi Teman Bumil ya. Tidak perlu khawatir Mums, namun sebaiknya tetap perbanyak sayur dan buah agar janin tidak terlalu besar dan hindari minuman yang mengandung gula buatan dan makanan yang mengandung banyak lemak jenuh dan jeroan.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 11-06-2021 11:09
Hai Mum Lutvita, selamat ya Mums sudah hamil 5 minggu. Semoga sehat selalu :)
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 16:32
Hai Mum Nurfadhil, hal tersebut wajar ya Mums karena pengaruh hormon kehamilan membuat peningkatan asam dan gas lambung. Hindari makanan pedas, asam, minuman bersoda dan berkafein. Beri jeda antara makan dan minum agar perut tidak mudah begah. Makan sedikit-sedikit tapi sering ya Mums.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 16:31
Hai Mum Titi, sebaiknya periksa ke bidan untuk keluhan pusingnya apakah karena tensi rendah, Hb rendah, atau hanya karena kurang istirahat dan ada mual mungkin Mums? Nyeri perut bawah tanpa ada mules dan flek merupakan hal yang wajar ya Mums, karena rahim yang membesar membuat otot di sekitarnya meregang. Istirahat yang cukup, hindari aktivitas berlebih dan mengangkat yang berat-berat ya Mums.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 16:30
Hai Mum Nurlina, pertanyaan Mums sebelumnya sudah dijawab ya. Jawaban membutuhkan waktu karena pertanyaan dikumpulkan terlebih dahulu oleh moderator forum untuk dijawab oleh Ibu bidan Nevi. Terima kasih telah menunggu ya, Mums :)
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 16:30
Hai Mum Nurlina, terapi yang aman sudah diberikan oleh bidannya ya Mums. Selain itu Mums bisa konsumsi wedang jahe, sup ayam yang direbus dengan jahe, infus water lemon sereh jahe madu, dan perbanyak minum air putih. Berjemur di pagi hari juga membantu melegakan saluran pernapasan dan mencairkan dahak. Hindari konsumsi makanan berminyak. pedas, dan makanan kering yang dapat merangsang batuk ya Mums. Semoga lekas sembuh, Mums.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 16:29
Hai Mum Irene, saya sertakan gambar beberapa gerakan yang dapat membantu mengubah posisi kepala agar mutar ke bawah. Beberapa gerakan sebaiknya dilakukan dengan pendamping ya Mums. Jika di malam hari, sambil lakukan gerakan nungging, tempatkan light HP dan speaker di perut bawah agar merangsang janin muter ke bawah. HPL bisa maju dan mundur ya karena USG mengukur ukuran kepala, perut dan tulang janin yang kadang berubah-ubah sesuai tumbuh kembangnya. Patokan utamanya tetap haid terakhir ya Mums.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 16:27
Hai Mum Widya, sebaiknya Mums cari pemicunya. Apakah mual setelah makan makanan pedas, asam atau ada bau-bauan atau jika kena dingin dan angin. Hindari pemicu tersbeut ya Mums. Dan makan minum sedikit-sedikit tapi sering untuk mencegah mual. Konsultasikan dan periksa lebih lanjut dengan bidan dan dokter Mums untuk mendapat terapi yang tepat untuk mengatasi mual muntah tersebut, karena jika berlebihan Mums dan janin bisa mengalami kurang nutrisi dan dehidrasi.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 16:26
Hai Mum Winda, terima kasih atas sharingnya ya. Semoga sehat selalu :)
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 16:26
Hai Mum Nisa, beberapa skincare yang dilarang adalah yang mengandung retinol, hidroquinon dan mercury pastinya. Jika cream biasa yang mengandung spf maka diperbolehkan. Untuk night cream sebaiknya ditunda penggunaannya ya Mums atau konsultasikan lebih lanjut dengan dokter kulit Mums. Olahraga dianjurkan sejak trimester pertama. Beberapa gerakan senam hamil juga aman dan dapat membantu mengatasi keluhan Mums. Namun jika ada mules dan flek sebaiknya aktivitas yang berlebih ditunda ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 16:25
Hai Mum Naeli, jika BAB keras sebaiknya jangan paksakan mengejan ya Mums, karena bisa keluar ambeien. Sebaiknya Mums konsumsi makanan dan minuman tinggi serat seperti sayuran hijau, yoghurt, buah pepaya dan pear dan perbanyak konsumsi air putih 8-10 gelas sehari.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 16:24
Hai Mum Aulia, sabar ya Mums, biasanya denyut jantung janin lebih jelas saat usia hamil 18-20 minggu.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 16:24
Hai Mum Syiyam, hal tersebut wajar ya Mums, karena pengaruh hormonal membuat cairan di vagina berlebih. Jaga kebersihan vagina agar tetap bersih dan kering. Jika keputihan berwarna kehijauan, makin banyak dan gatal, sebaiknya Mums periksa lebih lanjut.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 15:51
Hai Mum Rizki, jika gatal tanpa adanya ruam dan bercak merah di kulit, maka hal tersebut wajar diakibatkan perubahan hormonal. Mums cukup menggunakan bedak gatal yang aman seperti mengandung calamine dan salisyl. Sementara hindari makan pemicu alergi seperti seafood, telur dan kacang-kacangan. Namun jika ada ruam dan bercak merah, sebaiknya Mums periksa lebih lanjut untuk mendapat terapi yang tepat.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 15:50
Halo Mums Tenny, jika perdarahan sudah berulang biasanya dokter lebih mempertimbangkan untuk tindakan operasi, karena proses persalinan berlangsung lebih cepat dan risiko perdarahan minimal. Jika dipertahankan sampai nanti dan Mums masih perdarahan saat ini, dikhawatirkan terjadi anemia atau kurang kadar. Hb dalam darah juga memicu perdarahan pasca persalinan. Bukan maksud saya menakuti ya Mums, namun sebaiknya Mums kontrol ulang jika dirasa ada tanda-tanda seperti lemas, pusing, mudah mengantuk dan gerakan janin tidak aktif seperti biasanya. Silakan konsultasi lebih lanjut ke dokter ya Mums dan lakukan pemeriksaan lab untuk mengetahui kadar Hb dalam darah.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 15:49
Hai Mum Elisabet, jika kondisi janin, plasenta, dan air ketuban cukup maka Mums tidak perlu khawatir ya.. Tetap optimis dan semangat ya Mums ^^ Lakukan hubungan rutin, kalau bisa tiap hari, jalan-jalan di pagi dan sore hari 30 menit, senam yoga hamil sumo squad dan cat cow.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 15:49
Hai Mum Icha, lemas bisa diakibatkan tubuh butuh istirahat, butuh nutrisi dan hidrasi. Cobalah untuk istirahat yang cukup, makan dan minum yang teratur, dan tetap berjemur di pagi hari ya. Sakit di bawah perut wajar ya Mums karena rahim membesar membuat otot di sekitarnya meregang. Jika tidak ada mules dan flek, Mums tidak perlu khawatir ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 15:48
Halo Mum Astri, kenaikan hormon tiap Mums direspon beda-beda tiap tubuhnya. Saat ini kondisi Mums mampu beradaptasi, jadi hal ini bisa disyukuri ya Mums. Jadi tidak usah khawatir ya :)
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 15:47
Hai Mum Pricilia, saya pribadi biasanya mengalami keluhan tersebut saat minus pada mata bertambah, atau kelelahan akibat terlalu lama lihat laptop dan gadget. Sebaiknya Mums hindari aktivitas tersebut dan periksa kondisi mata Mums ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 15:46
Walaikumsalam Mum Ayu, testpack saja dulu ya Mums untuk memastikannya. Jika positif, silakan kontrol ke dokter untuk mendapatkan terapi yang tepat untuk menguatkan kandungan dan hindari hubungan seks untuk sementara waktu.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 15:46
Hai Mum Lilis, sebaiknya Mums cari pemicunya, apakah mual setelah makan makanan pedas, asam atau ada bau-bauan atau jika kena dingin dan angin. Hindari pemicu tersebut ya Mums. Dan makan minum sedikit-sedikit tapi sering untuk mencegah mual. Biasanya mual akan semakin berkurang dan nafsu makan kembali di usia hamil 16 minggu, sabar ya Mums :)
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 15:44
Hai Mum Labuda, tetap optimis dan semangat ya Mums ^^ Lakukan hubungan rutin, kalau bisa tiap hari, jalan-jalan di pagi dan sore hari 30 menit, senam yoga hamil sumo squad dan cat cow.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 15:44
Hai Mum Oktavia, hal tersebut wajar ya Mums, karena kepala janin sedang turun ke panggul sehingga mendesak tulang kemaluan dan Mum merasa tidak nyaman. Jika kepala sudah turun ke panggul biasanya keluhan ini berkurang. Maka untuk membatu kepala turun ke panggul, sebaiknya Mums melakukan gerakan sumo squad dan cat cow (bisa di search ya Mums gerakan ini di Google dan YouTube). Selain itu jalan-jalan di pagi dan sore hari selama 30 menit.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 15:43
Hai Mum Wella, sebaiknya USG saat usia hamil 8-10 minggu agar janin sudah lebih jelas terlihat denyut jantungnya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 15:42
Hai Mum Kustifa, sebaiknya Mums menjaga kebersihan vagina agar bersih dan kering, jika lembab sering-sering ganti CD yang nyaman dan menyerap keringat. Bila cebok, lakukan gerakan dari arah atas ke arah anus agar kotoran dr bawah tidak ke atas. Jika sudah berhubungan seks, dianjurkan untuk segera cebok agar tidak lembab. Perbanyak konsumsi makanan tinggi protein, yoghurt , kacang-kacangan, sayuran hijau minum air putih 2-3 liter sehari. Jika keluhan semakin parah, keputihan berwarna hijau dan sangat gatal silakan periksa lebih lanjut untuk mendapat terapi yang tepat.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 15:42
Hai Mum Diva, pada usia hamil tersebut janin masih bebas bergerak dan belum menentukan posisinya jadi gerakan squad belum dianjurkan namun diperbolehkan. Silakan tapi tidak perlu rutin karena jika terjadi malposisi atau (misal) posisi kepala di atas, maka akan leih mudah merubahnya karena bagian terbawah janin belum masuk panggul. Gerakan squad sebaiknya rutin dilakukan pada usia hamil 28 minggu ke atas.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 10-06-2021 15:41
Hai Mum Alda, untuk promil disarankan Mums konsumsi makanan dan minuman sehat, perbanyak sayur dan buah, air putih 2 liter per hari, kacang-kacangan, susu, yoghurt, dan suplemen asam folat, vitamin E dan vitamin D. Selain itu hindari junkfood, micin berlebihan, kafein dan alkohol. Semoga langsung tokcer ya Mums ^^
Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR