100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Forum / Kehamilan / Tanya Dokter  Kembali ke Forum
Teman Bumil

Teman Bumil
Thread Starter - 10-06-2021 00:49


Nanya-Nanya dengan Bidan Nevi Novita Nuraisah, Am. Keb dan Bidan Ony Christy, Am.Keb (Periode 10 Juni - 16 Juni 2021)

Selamat datang di Forum Teman Bumil :)
Mumin sangat mengerti nih kalau saat pandemi Covid-19 ini, Mums harus menghindari keluar rumah jika tidak ada hal yang urgent. Selama masa persiapan persalinan dan menyusui, pasti Mums mengalami gejala yang berbeda-beda dan kadang masih bingung harus bagaimana, bukan?

Agar kegalauan Mums dapat terjawab tanpa harus keluar rumah, kali ini Mumin akan mengadakan #NanyaNanyaBarengHerbaAsimor dengan Ibu bidan Nevi Novita Nuraisah, Am.  Keb (10-11 Juni 2021) dan Bidan Ony Christy, Am.Keb (12-16 Juni 2021)

Pada sesi #NanyaNanyaBarengHerbaAsimor ini, Mums bisa ngobrol tentang apa saja loh dengan Ibu Bidan seputar mempersiapkan persalinan dan menyusui. Mulai dari tanggal 10 Juni 2021 hingga 16 Juni 2021. Pertanyaan Mums akan diterima oleh Moderator di dalam forum untuk dijawab oleh Ibu bidan Nevi Novita Nuraisah, Am. Keb dan Bidan Ony Christy, Am.Keb dalam jangka waktu 1x24 jam. Pertanyaan Mums yang masuk terlebih dahulu yang akan diuatamakan untuk dijawab. Jika pertanyaan Mums masuk pada hari libur (sabtu dan minggu) akan di jawab pada hari senin atau hari berikutnya. Beliau akan menjawab segala keluh kesah serta pertanyaan Mums di forum ini.


Comments (585)
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 18-06-2021 16:51
Hai Mum Ririn, air kelapa tidak bisa langsung mengubah air ketuban menjadi jernih. Namun memang konsumsi air putih atau air kelapa yang cukup dapat membantu mendilusi air ketuban yang keruh tersebut, sehingga tampak lebih jernih. Jadi silakan konsumsi air 2-3 liter/cairan per hari ya, serta pantau gerakan janin dan rajin kontrol ke dokter sesuai jadwal.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 18-06-2021 16:51
Hai Mum Niasa, saat trimester awal karena perubahan hormonal memang biasanya nafsu makan menurun, dan ibu mengalami mual muntah sehingga wajar jika ibu merasa tak enak makan. Namun sebaiknya Mums tetap berusaha untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya ya karena di trimester awal merupakan masa-masa pembentukan janin sehingga butuh nutrisi yang banyak, silakan makan sedikit tapi sering, minum jahe hangat, dan ngemil biskuit.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 18-06-2021 16:50
Hai Mum Wulan, berapakah jarak kehamilan dengan SC dulu? Nyeri perut bisa disebabkan karena pembesaran uterus atau ancaman keguguran. Silakan Mums miring kiri, kurangi aktivitas yang berlebihan, dan jangan lakukan hubungan seks terlebih dahulu. Silakan Mums periksa ke dokter jika memang nyeri berlebihan ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 18-06-2021 16:49
Hai Mum Citra, kuantitas ASI sebenarnya dipengaruhi oleh supply and demand maka semakin banyak si Kecil menyusu semakin banyak ASI akan keluar. Sedangkan makanan lebih berpengaruh terhadap kualitas ASI. Makan banyak atau berlebihan tidak lantas menaikkan produksi ASI, sehingga usahakan untuk makan makanan berkualitas dibanding makan berlebihan. Untuk menaikkan ASI silakan susui si Kecil lebih sering, lakukan pijat laktasi, konsumsi makanan berkualitas seperti protein, kacang-kacangan, sayuran hijau dan ASI Booster seperti Herba ASIMOR yang meningkatkan produksi serta kualitas ASI.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 18-06-2021 16:30
Hai Mum Fitriani, lipatan leher si Kecil yang merah dapat disebabkan karena infeksi, iritasi, jamur, dan biang keringat. Silakan jaga supaya area leher tetap kering, kenakan pakaian yang nyaman, silakan ganti sabun si Kecil dengan yang non sls dan non paraben, periksa ke dokter supaya dokter memberikan salep yang sesuai dengan kondisi dan masalah si Kecil.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 18-06-2021 16:29
Hai Mum Putriadani, semakin besar kehamilan maka uterus seringkali menekan diafragma sehingga menyebabkan ibu mudah merasa sesak, metabolisme tubuh juga meningkat sehingga tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen sehingga otomatis tubuh akan mengambil oksigen lebih banyak dan akhirnya ibu bernafas lebih cepat. Silakan periksa jika nafas terasa sangat sesak, jaga postur tetap tegak supaya nafas lebih lega, hindari tidur terlentang, lakukan olahraga ringan seperti yoga dan olah nafas agar nafas menjadi lebih banyak.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 18-06-2021 16:28
Hai Mum Tarissa, apakah sebelumnya Mums mengonsumsi makanan yang tidak biasa dimakan? Diare di trimester 3 dapat disebabkan karena prostglandin atau karena masalah pencernaan. Namun jika sudah berhari-hari, disertai mules setiap jam sebaiknya Mums periksa ke dokter ya. Silakan perbanyak miring kiri dan bedrest terlebih dahulu, pastikan Mums minum 2-3 liter air dan memenuhi kebutuhan nutrisinya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 18-06-2021 16:28
Hai Mum Lia, silakan konsumsi kentang, pasta, ubi, roti, oat sebagai pengganti sumber karbohidrat jika memang tidak bisa konsumsi nasi ya. Mums juga bisa makan sedikit-sedikit tapi sering untuk mengurangi mual, ngemil biskuit, minum jahe hangat, menghirup aroma menenangkan dan hindari makanan yang asam dan pedas. Silakan tetap konsumsi suplemen kehamilan dan periksa jika mual muntah berlebihan hingga tidak bisa makan sama sekali ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 17-06-2021 14:47
Hai Mum Erdiana, maksudnya saat ini Mums sudah hamil atau belum hamil lagi setelah keguguran Mums? Jika belum hamil lagi sebaiknya beri jeda 3-6 bulan sebelum hamil lagi agar rahim pulih sempurna, lakukan USG sebelum promil untuk memastikan rahim dalam kondisi baik ya. Jika Mums sudah hamil, Mums bisa kontrol ke dokter minimal 4 minggu sekali di trimester 1 dan 2 serta 2 minggu sekali di trimester 3 ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 17-06-2021 14:47
Hai Mum Fathiyatur, jika kondisi ibu dan janin baik tentu saja bisa melahirkan normal ya. Namun sebaiknya Mums melahirkan dalam pengawasan dokter atau di rumah sakit supaya bisa dilakukan tindakan emergency dan fasilitas lebih memadai jika ada kegawat daruratan ya. Silakan konsultasi dengan dokter untuk persalinannya nanti. Semoga lancar persalinanya nanti ya Mums!
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 17-06-2021 14:46
Hai Mum Yunita, mual muntah di awal kehamilan disebabkan karena perubahan hormonal dalam tubuh. Biasanya kondisi ini akan hilang setelah usia kehamilan 16 minggu. Kondisi mual muntah ini normal kecuali jika ibu sampai tidak bisa beraktivitas atau tidak ada nutrisi yang bisa masuk. Silakan Mums makan sedikit tapi sering, hindari makanan yang asam dan pedas, makan tepat waktu, ngemil biskuit serta minum jahe hangat ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 17-06-2021 14:37
Hai Mum Iga, Jika menurut hasil USG janin berkembang sesuai usia dan beratnya cukup maka Mums tidak perlu khawatir ya. Silakan tetap penuhi kebutuhan nutrisi, konsumsi suplemen kehamilan dan pantau gerakan janinnya. Segera periksa jika janin tidak aktif, perut kontraksi atau keluar perdarahan dan ketuban dari jalan lahir. Semoga sehat selalu.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 17-06-2021 14:37
Hai Mum Chuzaematin, mual muntah dalam kehamilan disebabkan karena perubahan hormonal dalam tubuh ibu ya. Hal ini wajar dan normal, serta biasanya akan hilang di usia kehamilan 16 minggu. Namun jika terlalu berlebihan silakan Mums periksa ke dokter. Silakan konsumsi suplemen yang mengandung asam folat, zat besi dan kalsium serta silakan makan sedikit tapi sering, hindari makanan yang asam dan pedas, makan tepat waktu dan minum jahe hangat.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 17-06-2021 14:36
Hai Mum Novita, silakan lakukan relaktasi ya Mums. Usahakan untuk sering menghabiskan waktu bersama si Kecil, sering memeluk si Kecil, kurangi penggunaan botol susu secara perlahan lahan dan bertahap dan susui si Kecil saat dia tenang dan tidak terlalu lapar misalnya saat ia bangun tidur. Ciptakan suasana yang nyaman saat si Kecil menyusu sehingga dia tidak trauma. Lakukan dengan sabar dan konsisten ya Mums. Jika belum berhasil maka Mums bisa minta bantuan ke konselor laktasi di kota Mums.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 17-06-2021 14:36
Hai Mum Alice, silakan konsumsi suplemen kehamilan yang mengandung asam folat, kalsium dan zat besi ya. Perbanyak konsumsi sayuran hijau, makanan berprotein seperti ikan, tahu, tempe, daging, ayam, makanan berkalsium seperti susu keju yoghurt, dan buah buahan. Hindari makanan instan, junkfood, alkohol, jamu, makanan setengah makan dan obat tanpa resep dokter ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 17-06-2021 14:35
Hai Mum Ledi, jika sama sekali tidak bisa minum suplemen kehamilan pastikan Mums memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan memperhatikan makanan yang dimakan ya. Perbanyak makanan berprotein seperti daging, telur, ikan, tahu tempe, konsumsi makanan berkalsium seperti susu, keju dan yoghurt, perbanyak sayuran hijau, buah-buahan dan kacang-kacangan serta konsumsi air putih 2-3 liter per hari. Silakan rajin kontrol ke dokter untuk cek kondisi kehamilan dan perkembangan janin ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 17-06-2021 14:34
Hai Mum Dhaniar, jika memang gula darahnya sangat tinggi biasanya dokter akan memberikan terapi dengan obat yang aman bagi ibu hamil ya. Karena saat hamil memang sebaiknya kita hanya konsumsi obat dari resep dokter. Selain itu silakan kurangi makanan manis, perbanyak sayur dan buah serta minum banyak air putih selama 2-3 liter per hari.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 17-06-2021 14:34
Hai Mum Fahira, terlambat haid belum tentu merupakan tanda kehamilan ya karena bisa disebabkan oleh hal lain seperti gangguan hormon, masalah kesehatan, stressor, perubahan gaya hidup dan berat badan, KB, dan menyusui. Silakan lakukan tes kehamilan untuk memastikan apakah Mums hamil atau tidak ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 17-06-2021 14:33
Hai Mum Unuy, saat ini penelitian tentang efek kolagen terhadap ibu menyusui masih belum banyak sehingga saat ini belum bisa diketahui efek samping kolagen terhadap ASI. Oleh karena itu sebaiknya ibu tidak mengonsumsi kolagen terlebih dahulu ya. Untuk obat pelangsing, pilihlah yang menggunakan bahan alami dan kandungannya tidak berbahaya jika masuk kedalam ASI atau silakan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum konsumsi ya Mums.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 17-06-2021 14:33
Hai Mum Yenita, selama kondisi kehamilan baik, tidak ada keluhan seperti kontraksi atau perdarahan maka Mums bisa tetap menyusui ya. Silakan lakukan USG untuk memastikan kehamilan dalam kondisi baik sebelum menyusui dan hentikan proses menyusui jika perut terasa nyeri. Silakan tetap penuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan konsumsi suplemen kehamilannya ya Mums.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 17-06-2021 14:33
Hai Mum Khairuna, silakan teruskan konsumsi obat dari dokter dan lakukan USG untuk memantau kondisi janin ya. Perbanyak istirahat, makan makanan bergizi, buah dan sayur serta istirahat cukup untuk meningkatkan imunitas dan mempercepat pemulihan. Semoga lekas sembuh ya Mums.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 17-06-2021 14:32
Hai Mum Melda, saat hamil metabolisme tubuh meningkat sehingga membutuhkan oksigen yang lebih banyak hal ini kadang membuat nafas ibu terasa sesak, perubahan hormonal kadang juga membuat ibu mual, tidak nafsu makan dan lemas. Silakan istirahat cukup, lakukan relaksasi, penuhi kebutuhan nutrisi dan konsumsi suplemen kehamilan. Silakan Mums juga periksa ke dokter dan cek kadar HB untuk mengetahui kondisi kehamilan Mums dan apakah Mums anemia atau tidak.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 17-06-2021 14:31
Hai Mum Vicka, saat hamil selama tidak ada kontraksi dan perdarahan tentu saja boleh melakukan hubungan seksual ya. Silakan hindari rangsangan berlebih pada payudara dan gunakan kondom untuk mengurangi risiko kontraksi. Lakukan USG untuk memastikan kehamilan dalam kondisi baik dan hentikan hubungan seks jika perut terasa nyeri.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 17-06-2021 14:31
Hai Mum Amanda, gerakan janin menandakan janinnya sehat dan aktif ya namun sebaiknya Mums tetap melakukan USG supaya bisa mengetahui apakah kondisi janin sesuai dengan usia kehamilan atau tidak, berkembang baik atau tidak. Silakan Mums perbanyak konsumsi protein, sayuran, kacang-kacangan, serta konsumsi suplemen kehamilan yang mengandung asam folat, zat besi dan kalsium.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 17-06-2021 14:30
Terima kasih Mum Jhouna untuk sarannya. Semoga sehat selalu ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 17-06-2021 14:30
Hai Mum Kristi, jika sakitnya sudah menganggu aktivitas dan menyebabkan susah makan sebaiknya Mums periksa ke dokter agar dokter memberikan terapi sesuai kondisi Mums ya. Silakan istirahat cukup, makan makanan bergizi, perbanyak tidur miring kiri dan makan buah vitamin C untuk meningkatkan imunitas dan mempercepat pemulihan.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 17-06-2021 14:28
Hai Mum Annisa, saat hamil tubuh kita me-release hormon relaksin yang menyebabkan otot yang menyangga rahim merenggang. Kondisi ini ditambah tekanan uterus saat usia kehamilan bertambah menyebabkan nyeri di area tulang kemaluan, pantat, selangkangan dan tulang belakang. Silakan Mums lakukan gerakan prenatal yoga untuk mengurangi keluhan dan kurangi aktivitas yang bisa memperparah keluhan.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 17-06-2021 14:27
Hai Mum Dynanda, saat hamil cairan ditubuh kita meningkat. Jika alirannya tidak lancar maka akan menyebabkan bengkak atau kram. Oleh karena itu silakan Mums melakukan stretching saat bangun tidur, perbanyak konsumsi air putih 2-3 liter per hari ddan banyak konsumsi sayuran hijau. Jika nyeri berlebihan silakan periksa ke dokter ya Mums.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 17-06-2021 14:26
Hai Mums Jhouna, kantung kehamilan menunjukan ada kehamilan namun silakan cek ulang nanti 2-4 minggu lagi untuk melihat apakah janin berkembang atau tidak ya. Biasanya pada usia kehamilan 12 minggu janin sudah nampak jelas. Silakan tetap konsumsi suplemen kehamilannya dan periksa jika ada flek atau kram perut berlebihan.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 17-06-2021 14:26
Hai Mum Vania, tes kehamilan yang samar belum merupakan tanda pasti kehamilan karena bisa saja kondisi itu disebabkan karena alat yang rusak atau penggunaan tes yang tidak tepat. Silakan cek lagi 7-10 hari lagi dan lakukan saat pagi hari saat kadar HCG tinggi dan pastikan mengikuti petunjuk tes pada kemasan ya.
Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR