100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Forum / Kehamilan / Tanya Dokter  Kembali ke Forum
Teman Bumil

Teman Bumil
Thread Starter - 17-06-2021 08:23


Nanya-Nanya dengan Bidan Ony Christy, Am.Keb (Periode 17 Juni - 23 Juni 2021)

Selamat datang di Forum Teman Bumil :)
Mumin sangat mengerti nih kalau saat pandemi Covid-19 ini, Mums harus menghindari keluar rumah jika tidak ada hal yang urgent. Selama masa persiapan persalinan dan menyusui, pasti Mums mengalami gejala yang berbeda-beda dan kadang masih bingung harus bagaimana, bukan?

Agar kegalauan Mums dapat terjawab tanpa harus keluar rumah, kali ini Mumin akan mengadakan #NanyaNanyaBarengHerbaAsimor dengan Ibu Bidan Ony Christy, Am.Keb

Pada sesi #NanyaNanyaBarengHerbaAsimor ini, Mums bisa ngobrol tentang apa saja loh dengan Ibu Bidan seputar mempersiapkan persalinan dan menyusui. Mulai dari tanggal 17 Juni 2021 hingga 23 Juni 2021. Pertanyaan Mums akan diterima oleh Moderator di dalam forum untuk dijawab oleh Ibu Bidan Ony Christy, Am.Keb dalam jangka waktu 1x24 jam. Pertanyaan Mums yang masuk terlebih dahulu yang akan diuatamakan untuk dijawab. Jika pertanyaan Mums masuk pada hari libur (sabtu dan minggu) akan di jawab pada hari senin atau hari berikutnya. Beliau akan menjawab segala keluh kesah serta pertanyaan Mums di forum ini.


Comments (765)
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 25-06-2021 11:18
Hai, Mum Uswatun! Terlambat haid, sering BAK dan nyeri payudara belum merupakan tanda pasti kehamilan karena bisa saja disebabkan oleh hal lain seperti: masalah hormonal, gangguan kesehatan, perubahan berat badan, perubahan gaya hidup, stress, kb, menyusui, atau diet. Silakan tes ulang 7-10 hari lagi. Pastikan Mums mengikuti petunjuk dalam kemasan dan lakukan saat pagi hari saat kadar HCG tinggi.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 25-06-2021 11:18
Hai, Mum Wulan! Untuk mengetahui apakah keputihan tersebut keputihan abnormal atau tidak dan apakah itu menjadi penyebab belum mendapat momongan, maka silakan Mums periksa ke dokter kandungan, ya. Silakan jaga kebersihan vagina dengan cebok dari depan ke belakang serta rajin ganti celana dalam tiap terasa lembab. Mums bisa juga konsumsi suplemen kehamilan yang mengandung asam folat, zat besi dan vitamin e, perbanyak makan makanan tinggi protein, sayuran hijau, dan kacang-kacangan, olahraga teratur, stirahat cukup dan lakukan hubungan intim saat masa subur, ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 25-06-2021 11:18
Hai, Mum Siti! Apakah saat ini sedang hamil? Jika ya, maka kemungkinan nyerinya disebabkan olehuterus yang membesar. Jika tidak hamil, maka kemungkinan ada sebab lain ya, Mums. Jadi, silakan Mums periksa ke dokter ya supaya diketahui dengan pasti penyebabnya dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:42
Hai, Mum Annie! Saat hamil cukup vaksin TT/tetanus toksoid aja ya jika memang belum pernah mendapat vaksin TT.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:42
Hai, Mum Annie! Untuk membantu posisi janin agar mau berputar maka silakan lakukan gerakan kneechest/nungging, downward dog, breech lift, cat cow pose dan goyang pinggul. Pastikan Mums melakukan posisi tersebut dengan benar agar tidak terasa pegal ya, Mums.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:41
Hai, Mum Yulianti! Selama indikasi SC tidak terulang di kehamilan ini, janin masuk panggul dengan posisi optimal, kondisi ibu baik, dan ketebalan rahim mencukupi maka Mums bisa melahirkan pervaginam, ya. Silakan Mums lakukan USG di trimester akhir untuk cek posisi janin, dan ketebalan rahim serta konsultasi dengan dokter untuk proses persalinannya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:41
Hai, Mum Putu! Saat sakit silakan Mums periksa ke dokter kandungan karena ibu hamil tidak boleh mengonsumsi obat sembarangan. Silakan istirahat cukup, perbanyak konsumsi buah bervitamin C, dan makan makanan bergizi dan tetap konsumsi suplemen kehamilannya agar Mums lekas sembuh dan imunitasnya naik.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:34
Hai, Mum Ulil! Perdarahan dapat disebabkan karena ancaman keguguran karena pembuahan yang kurang sempurna, atau karena placenta letak rendah. Silakan tetap bedrest, kurangi aktivitas berlebih, jangan lakukan hubungan intim terlebih dahulu serta tetap konsumsi obat dari dokter. Jika setelah obat habis memang masih flek atau flek bertambah banyak, Mums bisa periksa kembali ke dokter, ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:34
Hai, Mum Putri! Terima kasih untuk sharingnya, ya. Memang grok-grok dapat disebabkan karena alergi atau ketidakmampuan bayi mengeluarkan lendirnya. Selama bayi tidak kesulitan nafas, tidak nampak kebiruan dan tidak ada retraksi dada maka Mums tidak perlu cemas.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:33
Hai, Mum Putri! Jika bayi tidur terlalu lama maka silakan dibangunkan untuk menyusu, ya. Di awal kelahirannya bayi belum mengenal lapar dan kenyang sehingga perlu bagi kita untuk menyusuinya setiap 2-3 jam sekali. Untuk mengurangi aktivitas begadang, silakan balik siklus tidur Si Kecil dengan cara membuat ruangan terang di siang hari, sering membangunkannya, memberikan afirmasi agar bayi sering bangun di siang hari dan tidur di malam hari. Saat malam silakan redupkan lampu, pastikan ada perbedaan mencolok antara siang dan malam agar bayi bisa mengenali perbedaanya, pastikan ruangannya sunyi dan nyaman. Silakan juga konsumsi obat yang aman dan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika pusing, ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:32
Hai, Mum Dede! Boleh saja ya Mums melakukan pemeriksaan saat usia kehamilan 17 minggu. Lebih baik daripada tidak sama sekali. Silakan juga konsumsi suplemen kehamilan yang mengandung asam folat, zat besi dan kalsium serta penuhi nutrisi tubuh dengan makan makanan bergizi.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:32
Hai, Mum Ina! Memang pada usia kehamilan 13 minggu perut belum nampak membesar, ya. Biasanya perut akan mulai nampak pada usia kehamilan 20 minggu keatas sehingga Mums tidak perlu khawatir. Silakan Mums lakukan USG untuk memantau perkembangan janinnya, ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:31
Hai, Mum Femi! Memang di awal kehamilan berat badan ibu biasanya sulit mengalami kenaikan karena pengaruh hormonal yang menyebabkan nafsu makan ibu berkurang atau mual muntah. Silakan Mums melakukan USG untuk cek perkembangan janin ya, Mums. perbanyak makan makanan tinggi protein, sayur, buah dan susu serta konsumsi suplemen kehamilan yang mengandung asam folat, kalsium, dan zat besi.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:31
Hai Mum Dwi, berat badannya sudah cukup ya Mums, silakan perbanyak konsumsi makanan tinggi protein, sayuran hijau, kacang-kacangan, susu dan buah-buahan. silakan konsumsi juga suplemen kehamilan yang mengandung asam folat, zat besi dan kalsium serta lakukan olahraga teratur sesuai usia kehamilan, ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:30
Hai, Mum Nadhia! Sampai saat ini belum diketahui pasti bagaimana pengaruh covid terhadap kehamilan namun virusnya tidak ditemukan dalam cairan ketuban. Silakan tetap konsumsi suplemen kehamilannya, periksa sesuai keluhan Mums, perbanyak makan makanan bergizi dan penuhi nutrisi tubuh, olahraga sesuai usia kehamilan dan istirahat cukup supaya imunitas baik, dan lekas sembuh.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:30
Hai, Mum Eli! Jika memang flek keluar seperti haid sebaiknya Mums periksa ke dokter, ya. Silakan bedrest, konsumsi suplemen kehamilannya, kurangi aktivitas berlebih, dan tunda hubungan intim.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:29
Hai, Mum Anggun! Menurut CDC dan WHO bayi di abwah usia 12 bulan tidak boleh menggunakan masker ya, Mums. Oleh karena itu cara termudah untuk mencegah penularan ke bayi adalah jangan membawa bayi ke luar rumah. Terutama jika tidak urgent misalnya bayi sakit atau perlu imunisasi. Mums juga bisa menggunakan kereta dorong yang tertutup dan pastikan jangan ada orang lain yang asal menggendong atau mencium bayi. Mums bisa belanja sayur 1 atau 2 minggu sekali lalu melakukan meal prep (teknik menyimpan sayuran agar tidak cepat busuk) dan meminta bantuan suami (saat libur) untuk menjaga bayi, atau bisa juga meminta tukang sayur untuk mengantar ke rumah.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:29
Hai, Mum Shella! Hingga saat ini, vaksin covid untuk ibu hamil belum dipastikan aman karena penelitian mengenai efek samping terhadap ibu hamil belum banyak, ya. Karena itu sebaiknya ibu tidak melakukan vaksin covid terlebih dahulu.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:28
Hai, Mum Diah! Kemungkinan Mums mengalami ambeien/wasir, ya. Hal ini sering terjadi pada ibu hamil karena pencernaan yang melambat akibat perubahan hormon progesterone. Silakan Mums periksa ke dokter, perbanyak konsumsi sayur dan buah serta air putih 2-3 liter perhari. Jangan terlalu lama mengejan saat BAB dan usahakan melakukan olahraga ringan agar peredaran darah menjadi lancar dan mengurangi wasirnya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:28
Hai, Mum Shella! Saat hamil pencernaan kita melambat sehingga memang asam lambung mudah naik, perut mudah begah, kembung, nyeri ulu hati, atau mual muntah. Silakan Mums hindari konsumsi makanan yang asam dan pedas terlalu banyak karena akan semakin meningkatkan resiko mual muntah atau nyeri ulu hati, ya. Jika hanya sesekali tentu tidak apa-apa.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:27
Hai, Mum Yudha! Karena saya tidak tahu kondisi Mums sebelumnya dan tidak tahu obat apa yang diberikan, maka saya tidak bisa menjawab dengan pasti apa penyebabnya, ya. Bisa jadi itu merupakan reaksi tubuh terhadap obat atau sama sekali tidak ada hubungannya dengan obat yang diberikan. Silakan Mums konsultasi dengan dokter yang memberikan obat, dan catat tanggal haid serta lakukan hubungan intim di masa subur ya, Mums. Perbanyak makan makanan tinggi protein, sayuran hijau, buah dan kacang-kacangan, hindari stressor, dan olahraga teratur.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:27
Hai, Mum Agnes! Bisanya saat dilihat memang nampak ada selaput jaringan otot yang menghubungkan bibir atas ke gusi bagian atas, bayi biasanya kesulitan menyusu, rewel saat menyusu, puting ibu lecet, dan berat bayi susah naik. Silakan Mums periksa ke dokter anak untuk memastikan apakah memang si kecil mengalami lip tie atau tidak.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:26
Hai, Mum Cici! Saat hamil tubuh menghasilkan hormon relaksin agar otot disekitar uterus merenggang sehingga uterus dapat membesar. Silakan Mums melakukan relaksasi, stretching, dan olahraga ringan untuk mengurangi keluhan dan menguatkan otot. Jika nyeri berlanjut silakan konsultasi ke dokter, ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:26
Hai, Mum Nur! Silakan melakukan prenatal yoga atau senam hamil yang membantu penurunan kepala seperti sumo squat, goyang gymball, cat cow pose, jalan cepat, jaga postur, tetap tegak juga, ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:25
Hai, Mum Nurul! Jika melakukan di atas kasur yang empuk maka posisinya akan kurang optimal, ya. Jadi silakan tambahkan selimut atau handuk tebal di matrasnya supaya tidak terlalu pegal. Silakan lakukan gerakan tersebut sambil afirmasi supaya janin memutar dan menjadi optimal ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:25
Hai, Mum Eno! Saat hamil memang pencernaan kita melambat akibat pengaruh hormon progesterone. Sehingga ibu mudah mengalami ambeien, sembelit, perut begah, kembung dan asam lambung mudah naik. Silakan Mums perbanyak konsumsi serat dari sayur dan buah, minum air putih 2-3 liter/hari, olahraga agar peredaran darah lancar, hindari mengejan terlalu lama saat BAB, jika memang sangat menganggu silakan Mums periksa ke dokter, ya.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:24
Hai, Mum Prisillia! Keputihan saat hamil bisa disebabkan karena perubahan hormonal atau karena peningkatan aliran darah ke vagina. Selama keputihan tidak gatal, tidak nyeri dan tidak berbau busuk serta tidak berwarna kehijauan, merah dan coklat maka Mums tidak perlu khawatir, ya. Silakan rajin ganti celana dalam terutama jika lembab dan cebok vagina dari arah depan ke belakang.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:24
Hai, Mum Delima! Walau kehamilan BO bisa berulang namun ada juga chance kehamilan kali ini normal ya, Mums. Silakan Mums kontrol ke dokter kandungan untuk cek USG di usia kehamilan 8-12 minggu karena biasanya janin sudah nampak. Silakan konsumsi suplemen kehamilan yang mengandung asam folat, zat besi dan kalsium serta perbanyak konsumsi makanan yang tinggi protein, susu, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:23
Hai, Mum Dwi! Boleh saja ya Mums melakukan hubungan intim. Selama tidak ada keluhan seperti kontraksi atau perdarahan. Hubungan intim memang dapat menyebabkan kontraksi sehingga wajar jika setelahnya Mums muntah atau kram perut. Silakan Mums menghindari rangsangan pada payudara dan gunakan kondom untuk mengurangi kontraksi.
Herba ASIMOR
Herba ASIMOR
Posted at - 24-06-2021 12:22
Hai, Mum Marllinda! Untuk mengetahui apakah itu ketuban atau tidak tentu harus dilakukan pemeriksaan dengan USG atau kertas lakmus. Oleh karena itu silakan Mums melakukan pemeriksaan ke dokter, ya. Pantau terus gerakan janin dan periksa jika gerakan melambat atau cairan keluar semakin banyak.
Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR