100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Forum / Kehamilan / Tanya Dokter  Kembali ke Forum
Teman Bumil

Teman Bumil
Thread Starter - 30-07-2021 14:15


[Sesi sudah berakhir] #NgobrolBarengBubid - Putri Wulansari, Amd.Keb, CBTR - 31 Juli 2021

Hai Mums!

#NgobrolBarengBubid Teman Bumil hadir lagi nih, bersama Bidan Putri Wulansari, Amd.Keb, CBTR.

Mums bisa bertanya seputar kehamilan & menyusui melalui kolom komentar di bawah ini. Yuk, Mums #NgobrolBarengBubid dari sekarang!

Ibu Bidan Putri akan menjawab pertanyaan-pertanyaan Mums di kolom komentar pada hari Sabtu, 31 Juli 2021 pukul 13.00-14.30 yaa Mums ^^


Comments (176)
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 31-07-2021 14:53
siang Mums. Kondisi ini sangat wajar dialami ibu hamil trimester 1. Untuk mengurangi keluhan tersebut, usahakan Mums cukup istirahat dan jangan melakukan aktivitas berat dulu. Ketika bangun tidur, usahakan miring dulu boleh ke kiri atau ke kanan dan bangun pelan2. Hal ini berfungsi untuk mengurangi tekanan pada perut :)
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 31-07-2021 14:50
Waalaikumsalam. Sebenarnya jenis kelamin baby tidak mempengaruhi keluhan yang Mums rasakan. Keluhan yang dirasakan merupakan pengaruh dari meningkatnya hormon kehamilan. Saat hamil, pada umumnya beberapa bumil akan mengalami penghitaman di beberapa area tubuh. Hal ini dapat disebabkan oleh perubahan kadar hormone di dalam tubuh yaitu hormone esterogen dan progesterone. Peningkatan hormone ini dapat mempercepat pembentukan melanosit sehingga beberapa bagian tubuh akan lebih gelap. Ada beberapa area tubuh yang dapat mengalami penghitaman, diantaranya : ketiak, selangkangan, leher, wajah dan puting. Oleh karena itu Mums tidak perlu khawatir. Untuk memudarkan warna hitam di kulit dan badan ada beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu : 1. Bersihkan area yang gelap dengan sabun setiap kali mandi 2. Pakai lulur atau scrub untuk badan yang lembut 3. Pakai gel atau lotion yang aman untuk ibu hamil 4. Hindari menggaruk bagian yang hitam Setiap kehamilan dan setiap individu akan berbeda2 keluhannya. Tergantung tingkatan hormon dan kondisi tubuh juga ya Mums :)
Tiara Perlin
Tiara Perlin
Posted at - 31-07-2021 14:46
bu bidan , 15 hri lalu syaa periksaa ke dokter kndungan ktnya blum tntu hmil , krnaa kantong janin blum kliatan pdhl saya di tespek garis dua ,, itu kmngkinsn ada hmil kn dokter ,,katanya saya periksa terlalu cpt , dan mmg kebetulan periksa saya tespek grs dua dan sya baru tlt 3 hari dokter . dan 3 hri setelah periksa sayz tespek lg msh gris dua jg ,, dan sampai skrg sdh 18 hri sy tlt buk dokter ,, dan gejsla dan ciri ciri hmil mmg sdh sy rasakan bu dokter ,, dan baiknya sy periksa di usia khmilan brp bgusnya dokter .
dwi inti setiyaningsih
dwi inti setiyaningsih
Posted at - 31-07-2021 14:46
sore bu bidan.. mf mw tanya saya hamil 22minggu tp.knp ya vagina sebelah kanan deket selangkangan it bengkak nyeri jg kira2 knp ya.? dan ap solusiny.?
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 31-07-2021 14:43
Siang Mums. Jika flek keluar terus menerus, sebaiknya Mums segera mengunjungi dokter kandungan terdekat. Agar dapat dilihat penyeba fleknya apa dan diberikan therapy yang sesuai agar flek nya tidak keluar lagi. Tetap makan makanan yang bergizi dan hindari aktivitas berat. Sebaiknya bed rest terlebih dahulu ya Mums sampai kondisi nya membaik :)
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 31-07-2021 14:40
Halo Mums. obat paracetamol, selain berfungsi menurunkan demam, obat tersebut dapat berfungsi mengurangi nyeri juga. Jika demam tidak kunjung turun dalam 3 hari, sebaiknya Mums periksakan diri ke dokter Mums ya. Biasanya dokter akan menyarankan untuk di cek swab antigen/PCR untuk memastikan terpapar tidaknya virus covid 19. semoga segera membaik kondisinya ya Mums.Sehat selalu :)
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 31-07-2021 14:32
Siang Mums. Cukup dengan menjalani pola hidup sehat (makan makanan bergizi, olahraga yang cukup, konsumsi buah-buahan dan sayuran, hindari makanan siap saji dan makanan berpengawet ya Mums) Menggasnggu tidaknya pada kehamilan, tergantung dari ukuran kistanya Mums. Sebaiknya Mums konsultasikan hal ini dengan dokter kandungan agar dapat penanganan awal yang baik untuk riwayat kistanya. Untuk vitamin, Mums boleh minum vitamin ibu hamil merk apa saja. Karena biasanya kandungannya hampir sama semua. Usahakan pilih yang tinggi asam folat untuk di awal kehamilan ya Mums :)
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 31-07-2021 14:24
Siang Mums. Penggunaan ondansetron jangka panjang kurang baik terutama untuk ibu hamil ya Mums. Sebsaiknya untuk mengurangi mual, lakukan dengan cara alami seperti : 1. Menghindarai makanan yang beraroma menyengat dan menusuk 2. Membatasi konsumsi makanan manis dapat meningkatkan kadar gula darah 3. Membatasi makanan yang berlemak 4. Menghindari makan makanan pedas, asam dan bersantan Selamat mencoba Mums. semoga sehat selalu :)
Laeli Nurul afidah
Laeli Nurul afidah
Posted at - 31-07-2021 14:23
amankah ibu hamil mandi dengan larutan dettol? kalo untuk salepnya pakai apa ya yang aman
NURUL AINI
NURUL AINI
Posted at - 31-07-2021 14:22
assalamualaikum bu bidan bu saya sekarang tengah hamil 8 bulan dan saya ada wasir, tolong tanya salep ambeien yang aman untuk ibu hamil apa ya ibu bidan
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 31-07-2021 14:17
Halo Mums Lusi. Pemeriksaan kehamilan dianjurkan 1 bulan sekali selama masa kehamilan. Noleh ke Dokter kandungan atau Bidan. Jika tujuan utama ke dokter ingin melihat janin lewat USG, Mums bisa datang ketika usian kehamilan 8 minggu biasanya janin sdh bisa terlihat. Jika Mums bertujuan ingin melihat jenis kelaminnya, disarankan pada umur kehamilan 24 minggu. Jika tujuannya ingin melihan perkembangan si Baby, disaranakan untuk periksa setiap bulan ya Mums. Boleh dari umur kehamilan 4 minggu :)
kusuma dewi
kusuma dewi
Posted at - 31-07-2021 14:15
bu bidan apakah normal hamiil 21 minggu perut bagian bawah sudah sakit?seperti kepala bayi sudah dibawah..terimakasih
Nurul Arsita
Nurul Arsita
Posted at - 31-07-2021 14:15
assalamualaikum bu bidan.. saya hamil 24 minggu, beberapa hari kebelakang, jantung saya sering berdebar sampai badan rasanya gemetaran.. pas dicek debar jantungnya bisa sampai 120 lebih.. apa ini berbahaya? terimakasih
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 31-07-2021 14:12
Waalaikumsalam. Keputihan yang sampai gatal dan berwarna kehijauan merupakan salah satu tanda infeksi, sebaiknya Mums konsultasiksan dengan Bidan/Dokter Mums karena di khawatirkan dapat menginfeksi selaput ketuban sehingga terjadi ketuban pecah dini. Semoga keluhannya segera teratasi ya Mums. Perhatikan kebersihan area vagina dan sesering mungkin mengganti celana dalam ketika sudah terasa lembab. Sehat selalu Mums :)
Rhomadaningseh
Rhomadaningseh
Posted at - 31-07-2021 14:11
assalamu'alaikum Bu bidan mau tanya si usia kehamilan sy udh menginjak 23 Minggu tapi perut masih d bilang blm keliatan itu kira2 gmn ya Bu normal atau tidak
Siti nurafiah
Siti nurafiah
Posted at - 31-07-2021 14:11
assalamualaikum bu bidan saya hamil 8week sekarang saya lagi pusing , bolehkah minum obat sanmol Paracetamol tablet ?
srinurcahya
srinurcahya
Posted at - 31-07-2021 14:09
Bu bidan klw hamil lagi gimana Bu.. Penantian setelah ditinggal anak pertama Bu sampe mau sthun Skrg Lom dikasih lagi
nurlela
nurlela
Posted at - 31-07-2021 14:08
halo bu bidan, sy lg hamil 17 minggu, taoi saya masih merasakan mual tiap pagi hari, apakah normal bu bid?
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 31-07-2021 14:07
Siang Mums. Gerakan janin terasa pada kehamilan peratama biasanya di usia kehamilan 16-20 minggu Mums :)
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 31-07-2021 14:05
Waalaikumsalam.Keluarnya cairan vagina saat hamil umumnya adalah hal yang normal. Meski begitu, Mums juga perlu waspada jika cairan vagina yang keluar mengalami perubahan warna atau aroma, karena hal ini bisa menandakan adanya gangguan kesehatan. Beberapa ciri cairan vagina tidak normal yang disebabkan oleh infeksi jamur adalah: 1. Cairan vagina berwarna kekuningan atau kehijauan 2. Cairan memiliki aroma tak sedap 3. Keluarnya cairan disertai gejala gatal dan perih pada kemaluan, atau rasa sakit saat buang air kecil Jika Mums mengalami salah satu atau lebih tanda2 di atas, segera konsultasikan dengan Bidan/ Dokter Mums ya. Untuk selangkangan yang terasa sakit, Mums bisa mencoba rutin melakukan senam hamil agar otot2 kaki nya terlatih dan mengurangi rasa sakitnya :)
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 31-07-2021 14:03
Waalaikumsalam. Semakin membesar usia kehamilan, rasa ngilu atau tidak nyaman dibagian perut sangat wajar terjadi ya Mums. Usahakan, ketika bangun tidur jangan langsung bangun sampai perut tertekan ya Mums. Cara bangun yang baik pada bumil adalah, posisikan badan miring ke kiri/kanan terlebih dahulu. Kemudian bangun pelan-pelan dan usahakan duduk dulu 5-10 menit baru boleh jalan atau melakukan aktivitas Semoga membantu mengurangi rasa ngilu nya :)
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 31-07-2021 13:59
Mlam juga Mums. Usia kehamilan 24 minggu, posis bayi masih berubah-ubah. hal yang Mums alami tersebut msh normal ya Mums. Sehat selalu :)
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 31-07-2021 13:57
Siang Mums. Jika keluhan yang dialami sampai mengganggu aktivitas sehari2 Mums sebaiknya di konsulkan dengan Bidan/Dokter Mums. Terlebih lagi keluhan yang dirasakan sudah cukup lama hampir 1 bulan. Hal ini mungkin terjadi karena posisi tidur yang kurang baik, cara bangun yang kurang baik atau dari faktor kecapean. Saat bangun tidur di pagi hari, di usahakan posisikan bada miring dulu boleh ke kiri atau kanan, kemudian bangun pelan2. Carra ini dapat membantu mengurangi kram perutnya
Siti Nurdhikriana
Siti Nurdhikriana
Posted at - 31-07-2021 13:57
assalamualaikum bu saya sedang hamil namun saya belum periksa ke dokter/bidan sebaiknya telat haid brp hari ya untuk periksa? payudara saya juga membesar dan nyeri tapi setelah suami saya mhon maaf seperti itu rasa nyeri dan pembesaran sudah tidak terlalu terasa apakah itu normal??
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 31-07-2021 13:52
Siang Mums. Jika tidak ada keluhan yang cukup mengganngu Mums boleh menunda pemeriksaan kehamilan, namun tetap rutin konsumsi vitamin selama kehamilan ya Mums. Ibu hamil disarankan melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan 1 bulan sekalin di trrimester 1, 2 minggu sekali di trimester 2 dan 1 minggu sekali di trimester 3. Namun dikembalikan kpd kebijakan masing2 fasilitas kesehatan :)
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 31-07-2021 13:49
Siang Mums. Tergantung tingkatan diarenya Mums, jika sampai dehidrasi tentunya akan berpengaruh juga terhadap janin. Oleh karena itu, untuk mencegah dehidrasi, Mums harus perbanyak minum air putih ketika mengalami diare. Jika diare yang di alami cukup sering > 3 kali dan engganggu aktivitas, segera hubungi Bidan/Dokter terdekat :)
yuke permatasari
yuke permatasari
Posted at - 31-07-2021 13:47
assalamualaikum. bu saya hamil 22 minggu. dan saat ini Qadarullah sedang isoman. covid dengan gejala demam ,anosmia dan batuk. alhamdulillah di hari ke 11 isoman ini, gejala sudah tidak ada. yg saya rasakan gerakan janin seperti berdenyut saja kadang kadang. apakah bayi saya aman bu?
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 31-07-2021 13:46
Waalaikumsalam. Di usia 35 minggu bayi semakin membesar dan menekan diafragma, Oleh karena itu seringkali ibu hamil merasakan seperti yang Mums Ica alami. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut, Mum kurangi makan makanan yang pedas dan asam. Perbanyak minum air putih hangat :)
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 31-07-2021 13:42
Waalaikumsalam. Jika mums khawatir kebersihan makanan yang Mums pesan secara online, mungkin sesekali Mums bisa memasak sendiri sayurannya di rumah dengan sederhana. Atau untuk menetralisir makanan yang Mums pesan onine, sebelum makan Mums bisa mengkonsumsi buah-buahan terlebih dahulu dan minum air putih hangat setelah makan. Batasi minuman dingin seperti syrup, soda dll
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 31-07-2021 13:38
Waalaikumsalam. Memasuki trimester 3, memang banyak Mums yang merasakan hal yang sama seperti yang Mums Srie alami. Cara mengatasinya, Mums bisa melakukan pernafasan relaksasi agar lebih rileks. Dengan cara : 1. Posisikan tubuh senyaman mungkin 2. Pejamkan mata 3. Tarik nafas panjang lewat hidung 4. Keluarkan pelan2 lewat mulut lakukan sampai Mums merasa nyaman. Hal yang harus diperhatikan juga, Mums yang sdh memasuki kehamilan trimester 3 tidak boleh terlau banyak beraktivitas dan kecapeaan. Cukup istirahat dan tidur dengan posisi senyaman Mums. hindari tidur dengan posisi terlentang ya Mums :)
Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR