100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Forum / Kehamilan / Tanya Dokter  Kembali ke Forum
Teman Bumil

Teman Bumil
Thread Starter - 09-09-2021 13:19


[Sesi sudah berakhir] #TanyaDokter Teman Bumil - dr. Diana Sari, IBCLC - 10 September 2021

Hai Mums! #TanyaDokter Teman Bumil hadir lagi nih, bersama konselor laktasi, dr. Diana Sari, IBCLC.

Mums bisa bertanya seputar menyusui melalui kolom komentar di bawah ini. 

Dokter Diana akan menjawab pertanyaan-pertanyaan Mums di kolom komentar pada hari Jumat, 10 September 2021 pukul 16.00-17.00 WIB yaa Mums ^^

 

Oh iya, Mumin punya hadiah berupa Voucher Buds Organic total 500 ribu rupiah untuk 5 Mums dengan pertanyaan terbaik, loh.

Yuk, Mums langsung #TanyaDokter dari sekarang!


Comments (115)
dr.Diana Sari,IBCLC
dr.Diana Sari,IBCLC
Posted at - 10-09-2021 17:55
Alhamdulilah selesai ya mums semua. Mohon maaf tidak bisa menjawab semua pertanyaannya ya. Senang semua pada semangat mengASIhi. Jangan lupa follow @diananuh ya… banyak pertanyaan yang disini yang sudah terjawab di IG Saya. Terima kasih ya semua. Sampai ketemu lain waktu. Waalaikumsalam.
Annisa Fitria Handayani
Annisa Fitria Handayani
Posted at - 10-09-2021 17:49
selamat malam semua, apakah boleh hb di saat kehamilan baru 4minggu? apakah berbahaya untuk kehamilan? atau ada yg mau berbagi tips. terima kasih
dr.Diana Sari,IBCLC
dr.Diana Sari,IBCLC
Posted at - 10-09-2021 17:39
Setelah melahirkan baiknya sering menyusui mums. Pumping boleh, namun pumping yang terbaik adalah mulut si kecil, jadi utamakan menyusui ya. Tidak usah terlalu memikirkan tongue tie dan lip tie. belajar menyusui dengan posisi dan perlekatan yang maksimal dulu. Bila masih juga terasa sakit, boleh dipikirkan penyebab lain.
dr.Diana Sari,IBCLC
dr.Diana Sari,IBCLC
Posted at - 10-09-2021 17:33
Masing - masing anak mempunayi kemapuan masing2 , termasuk menyusui. Jadi keberhasilan Kakak dapat dan dapat juga tidak diikuti adeknya. Namun mums yang mempunayi riwayat menyusui, ASI akan lebih awal dan lancar keluar dibanding yang tidak pernah menyusui sebelumnya. ASI dapat dan adapa juga tidak keluar saat hamil. Kedua hal ini normal . Keluar atau tidaknya ASI saat hamil tidak menentukan keberhasilan menyusui kedepannya.
dr.Diana Sari,IBCLC
dr.Diana Sari,IBCLC
Posted at - 10-09-2021 17:29
Sore, Bayi ASI eksklusif dapat tidak BAB hingga 10 hari. Namun meski begitu si kecil tidak dalam keadaan kesakitan ataupun rewel. Teruskan pijat ILU dan gowenya ya mums. Ini sangat membantu.
dr.Diana Sari,IBCLC
dr.Diana Sari,IBCLC
Posted at - 10-09-2021 17:27
Menyusui atau memberi ASIp dengan botol mums? Boleh setelah memberi ASI, si kecil diposisikan lebih tinggi dulu (kepala lebih tinggi dari perut), sehingga ASI tidak kembali ke atas. Istirahatkan. Bila menyusui langsung boleh menyusui lagi, bila dengan botol, sesuai kebutuhannya saja.
dr.Diana Sari,IBCLC
dr.Diana Sari,IBCLC
Posted at - 10-09-2021 17:24
Penyebabnya bisa sangat bervariatif mums. Bisa terletak pada penggunaan pompa yang tidak benar, menyusui dengan posisi dan perlekatan yang tidak maksimal, ukuran pompa yang kekecilan, dsb. Hal ini mesti diteliti lebih lanjut dan perlu observasi langsung dengan konselor/ dokter laktasi sehngga bisa mencari penyebab beserta solusinya.
dr.Diana Sari,IBCLC
dr.Diana Sari,IBCLC
Posted at - 10-09-2021 17:20
berbahaya tidak namun bisa menyebabkan payudara mums besar sebelah.
dr.Diana Sari,IBCLC
dr.Diana Sari,IBCLC
Posted at - 10-09-2021 17:19
Bunyi glek merupakan salah satu tanda, namun bukan tanda satu2nya. Mums dapat mengevaluasi apakan ASI masuk (input) dengan hasil output (BAK dan BAB) serta kenaikan Berat badannya.
dr.Diana Sari,IBCLC
dr.Diana Sari,IBCLC
Posted at - 10-09-2021 17:17
Wass. Semangat mums. Ada proses yang dinamakan relaktasi... dimana ini mengembalikan si kecil menyusui di payudara secara full. Prosesnya butuh waktu, semangat tinggi, usaha maksimal dan sabar. boleh konsultasi ke konselor/ dokter laktasi secara langsung ya.. agar dibimbing dan dievaluasi saat proses ini.
Desri Devita
Desri Devita
Posted at - 10-09-2021 17:16
BB baby saya mash baik kah kira2 dok? belakangan ini ia sering menggosok2 giginy, apa mau tumbuh gigi ya dok?
dr.Diana Sari,IBCLC
dr.Diana Sari,IBCLC
Posted at - 10-09-2021 17:15
Wass. Sekarang rencana mums kedepan gimana? Dengan memakai dot, Mums dan si kecil tidak mendapatkan manfaat menyusui : bonding dan beberapa kandungan gizi ASI yang hanya didapat melalui menyusui. Memang menyusui itu perlu ilmu dan usaha. Boleh mums berkonsulatssi ke konselor dan dokter laktasi ya bila ingin menyusui lagi.
Susanti
Susanti
Posted at - 10-09-2021 17:12
assalamualaikum, dok, saya mau tanya PD sebelah kiri sering sekali terasa hangat, sempat terdapat bintik putih di areola yg terasa sakit sekali saat menyusui, puting juga terasa bengkak & sakit, apa yg harus saya lakukan agar sakitnya mereda?
dr.Diana Sari,IBCLC
dr.Diana Sari,IBCLC
Posted at - 10-09-2021 17:11
Pengaruh buruk terhadap Payudara kecil sekali bahkan nyaris tidak ada, namun mums dan si kecil kehilangan manfaat menyusui : bonding dan bbrp nilai gizi ASI yang hanya didapat pada proses menyusui. Ada proses yang dinakaman Relaktasi - kembali ke payudara yang dapat membuat mums dan si kecil kembali menyusi. boleh konsulatsi ke konselor atau dokter laktasi terdekat ya agar di bimbing dan evaluasi proses ini.
dr.Diana Sari,IBCLC
dr.Diana Sari,IBCLC
Posted at - 10-09-2021 17:07
wah ada bapak calon ayah ASI. keren! Agar ASI istri bapak lancar, kasih makanan yang enak pak. Makanan enak bikin mood happy dan meningkatkan kerja hormon oksitosin (hormon yang mengeluarkan ASI) lebih dasyhat, sehingga proses pengeluaran ASI lebih lancar dan produksinya pun mengikuti. Tidak harus makanan atau minuman tertentu ya, yang penting enak, halal, bervariasi dan bergizi. Jangan lupa untuk terus menyusui dari awal kelahiran ,wlpun ASI "tampak"nya belum terlalu banyak.. Semangat untuk bapak dan istrinya
dr.Diana Sari,IBCLC
dr.Diana Sari,IBCLC
Posted at - 10-09-2021 17:02
Ukuran payudara tidak berpengaruh terhadap kemampuan produksi ASI. Semakin sering di susuin semakin banyak ASI yang diproduksi. Bisa jadi si kecil lebih nyaman di dengan posisi menyusui di payudara kiri. Bisa dicoba posisi football hold ya pada payudara kanannya. Tanda - tanda dehidrasi : BAK jarang dan warna gelap, ubun - ubun cekung, bibir dan kulit kering. Apakah si kecil mengalami ini?
Iriana
Iriana
Posted at - 10-09-2021 17:02
dok sy sering radsa kram belakang dn pinggul it tnda ap y dokter
Nur Hajizah
Nur Hajizah
Posted at - 10-09-2021 16:59
Assalamualaikum dok.. mau bertanya nih.. saya saat ini sedang hamil 13 minggu, Sebelum hamil saya sudah pernah vaksin astrageneva, lqlu untuk selanjutnya saya disuruh kantor untuk segera vaksin. namun setelah saya cari2 informasi, vaksin untuk ibu hamil ada 3 jenis aja yaitu : SINOVAC, MODERNA, SFIZER (atau apalah itu). yang saya tanyakan, apakah boleh vaksin menggunakan sinovac saat usia 13 minggu kehamilan yg mana dulunya pernah vaksin pakai astra? setahu saya klo vaksin 1 udah pakai astra, vaksin kedua jg hrs sama.. bagaimana dok? ada pencerahan?
dr.Diana Sari,IBCLC
dr.Diana Sari,IBCLC
Posted at - 10-09-2021 16:58
Kemungkinan si kecil mengalami nursing strike - tidak mau menyusui secara tiba2 padahal sebelumnya tidak bermaslah. Nursing strike ini bisa bermacam2 sebabnya : bisa karena imums ganti parfum, pakai parfum yang berbeda, si kecil sedang sakit atau mau tumbuh gigi. Coba mums runut ulang ada tidak kejadian/ perubahan yang mendadak terjadi belakangan ini. Kalo tidak ada boleh periksakan ke doketr ya, mungkin si kecil sedang tidak enak badannya/ sakit. Terus beri ASIp ya, jangan dipaksa dan jangan menggunakan botol dot.
dr.Diana Sari,IBCLC
dr.Diana Sari,IBCLC
Posted at - 10-09-2021 16:54
Maaf mums, waktu itu diketahui kenapa putingnya bisa lecet? Untuk memastikan tidak terjadi hal yang sama, boleh mums belajar lagi mengenai perlekatan yang maksimal. boleh lihat di IG saya @diananuh. Ada beberapa gambar.
Nur Indah Sari
Nur Indah Sari
Posted at - 10-09-2021 16:53
Terimakasih atas jawabnnya dok. untuk berat badan tetap naik dok. bayi hanya lebih rewel.
dr.Diana Sari,IBCLC
dr.Diana Sari,IBCLC
Posted at - 10-09-2021 16:52
Sore. ini aga susah dijelaskan lewat kata - kata ya mums. heheheeh. Namun secara garis besar : 1. Mulut terbuka lebar (sudut mulut lebih dari 90 derajat) 2. Menutupi sebagian besa areola (bagian bawah terutama). 3. Dagu menempel pada payudara mums $. Hidung si kecil dapat bernafas bebas/tidak tertekan payudara Boleh lihat IG saya @diananuh, ada bbrp gambar mengenai perlekatan. Bila dirasakan perlekatan sudah bagus, namun masih nyari, boleh ke konselor/doker laktasi ya agar diketahui penyebabnya.
dr.Diana Sari,IBCLC
dr.Diana Sari,IBCLC
Posted at - 10-09-2021 16:47
apakah sudah diajarkan posisi dan perlekatan menyusui yang benar mums? memang butuh waktu penyesuain agar si kecil menyusui dengan baik namun tidak terlalu lama juga (kurang lebih 1 minggu). boleh kembali ke dokter yang menginsisi ya agar di ketahui penyebab masih sakit nya kenapa dan diajari posisi dan perlekatan yang maksimal.
dr.Diana Sari,IBCLC
dr.Diana Sari,IBCLC
Posted at - 10-09-2021 16:45
Si kecil menyusui di payudara ya mums, bukan di puting. Pastikan areola (bagian bulat hitam -coklat payudara) masuk ke dalam mulut si kecil. Hal ini dapat dilakukan dengan menggepenkan areola tersebut saat mulut si kecil terbuka. Puting akan ditarik sendiri oleh si kecil pada proses menyusui. Bila masih ragu boleh lihat IG saya tentant perlekatan ya dan video2 tentang posisi dan perlekatan.
adys alberdo
adys alberdo
Posted at - 10-09-2021 16:43
dok mau tanya, bayi saya usia 4bulan. kenapa tidak mau nyusu ya dok? di dot dia menolak sekali tp klo dbf hny 5menit saja, mohon infonya dok. kebetulan sy hrs bekerja jd sy hrs membiasakan dia pakai dot
dr.Diana Sari,IBCLC
dr.Diana Sari,IBCLC
Posted at - 10-09-2021 16:42
Itu mitos ya mums. Tidak ada pantangan makanan selama menyusui terkecuali makanan yang memang membuat si kecil alergi. Mums setelah melahirkan perlu makan makanan yang bervariasi dengan gizi seimbang untuk proses penyembuhan luka melahirkan, meningkatkan daya tahan setelah melahirkan dan memproduksi ASI untuk si kecil. Jadi makan yang enak, halal, bervariasi, dan bergizi.
Yulfia Nuraini
Yulfia Nuraini
Posted at - 10-09-2021 16:41
assalamu'alaikum dr. Diana. saya memiliki masalah menyusui yaitu aliran asi yang terlalu deras. bayi saya umur 3 bulan 2 minggu, setiap kali menyusu pasti rewel karena aliran asinya sampai mancur deras. dan derasnya itu tidak hanya ketika pd penuh. jadi kalau mau diperah dulu nanti takutnya jadi habis asinya. soalnya anak saya tidak mau pakai dot, jadi selalu dbf. dbf lancar hanya ketika bayi saya tidur atau sudah ngantuk berat. dan saya sudah mencoba berbagai posisi menyusui, termasuk sambil berdiri dan diayun pelan. namun ini kadang juga tidak bekerja karena bayi masih rewel dan tidak mau menyusu. mohon sarannya dokter, terima kasih.
dr.Diana Sari,IBCLC
dr.Diana Sari,IBCLC
Posted at - 10-09-2021 16:39
Proses pembentukan saluaran ASI pada ibu hamil mulai terjadi saat usia kandungan 20 minggu. Sehingga payudara mums terasa semakin membesar. Ada beberapa mums yang keluar ASI nya saat hamil, namun banyak juga yang tidak sama sekali. Kedua hal ini normal, dan keluarnya ASI saat hamil tidak menentukan keberhasilan menyusui ntar. Boleh untuk persiapan menyusui saat hamil ikut kelas laktasi, baik secara group ataupun sendiri. Pastikan lahiran di fasilitas kesehatan yang mendukung menyusui. Ajak suami ya untuk ikut kelas laktasinya.
Miftahul Jannah
Miftahul Jannah
Posted at - 10-09-2021 16:39
apa wajar dok hamil muda sering sakit pinggang dan selalu lelah
novita uki hutami
novita uki hutami
Posted at - 10-09-2021 16:37
Halo dokter, anak saya usia 4 bulan, pny tongue tie lvl 2, setiap menyusu ditawarkan payudara memalingkan kepala kdg menangis, kenapa ya dok? Mau dbf klo sdg ngantuk dan ga smp 5 menit sisany ngempeng. Siang hr spy kebutuhan asiny cukup, diberikan asip dg media sendok asi sm pengasuh. Bagaimana ya solusiny dok spy full dbf durasi lama? Terima kasih sblumnya dokter 🙏
Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR