100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Forum / Kehamilan / Tanya Dokter  Kembali ke Forum
Teman Bumil

Teman Bumil
Thread Starter - 13-09-2021 14:42


[Sesi sudah berakhir] #NgobrolBarengBubid - Putri Wulansari, Amd.Keb, CBTR - 14 September 2021

Hai Mums! #NgobrolBarengBubid Teman Bumil hadir lagi nih, bersama Bidan Putri Wulansari, Amd.Keb, CBTR.

Mums bisa bertanya seputar kehamilan & menyusui melalui kolom komentar di bawah ini. 

Ibu Bidan Putri akan menjawab pertanyaan-pertanyaan Mums di kolom komentar pada hari Selasa, 14 September 2021 pukul 18.30-20.00 yaa Mums ^^

Oh ya, akan ada hadiah Voucher Buds Organic senilai total Rp500 ribu untuk 5 Mums dengan pertanyaan terbaik.

Yuk, Mums #NgobrolBarengBubid dari sekarang!


Comments (161)
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 14-09-2021 20:28
Pagi Mums. Sakit atau sehat nya anak sangat multi faktor ya Mums selain dari nutrisi yang dikonsumsi, imunisasi, kondisi lingkungan dll juga dapat mempengaruhi ya Mums. Wahhh saya sangat apresiasi sekali untuk semangat Mums yang ingin kembali mengASIhi baby nya. InsyaAllah bisa ya Mums. Walaupun memang tidak mudah, namun pasti bisa dan sebaiknya untuk rencana relaktasi Mums, agar lebih mudah dan lancar dapat dibantu oleh konselor laktasi ya Mums. SEMANGAAAT !
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 14-09-2021 20:23
Waalaikumsalam. Apakah Mums ada alergi dingin? atau alergi makanan tertentu yang menyebabkan batuk? Jika iya, sebaiknya dihindari dulu ya Mums makanan-makanan yang mepengaruhi batuk seperti makan makanan manis dll
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 14-09-2021 20:21
Kondisi kulit bumil memang lebih sensitif dari biasanya Mums. Perhatikan bahan celana dalam yang Mums gunakan ya, pastikan yang menyerap keringat sehingga mengurangi kelembapan di daerah selangkangan. Jika perlu pakaikan bedak khusus gatal di area selangkangan Mums ya :)
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 14-09-2021 20:18
waalaikumsalam. Boleh Mums, namun tetap diperhatikan porsinya ya jangan telalu berlebihan :)
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 14-09-2021 20:17
Halo Mums ketika renang harap diperhatikan kandungan air ditempat renangnya ya, pastikan tidak ada zat berbahaya dalam airnya. Untuk durasi sebaiknya jangan terlalu lama dan Mums jangan terllau kecapean ya :)
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 14-09-2021 20:15
waalaikumsalam. untuk vitamin tetap dilanjut saja ya Mums. Mums tetap lakukan afirmasi positif setiap hari ke calon bayi nya yaaa, dengan mengajak ngobrol si calon bayi dalam persiapan persalinan. Si bayi tahu kapan waktu yang tepat untuk melahirkan, Mums jangan khawatir dan tetap tenang. Rutin jalan pagi yaa Mums agar kepala bayi cepat masuk panggul dan merangsang kontraksi dan juga rutin senam hamil :)
Vanny Maria Hasibuan
Vanny Maria Hasibuan
Posted at - 14-09-2021 20:14
Oh seperti itu ya Bu bid. Terimakasih atas jawabannya. 😁😁😁
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 14-09-2021 20:10
Hai Mums. Semakin besar usia kehamilan, semakin besar pula ukuran bayi dalam rahim kita dan menekan diafragma yang menyebabkan rasa sesak atau nyeri dibagian ulu hati. Kondisi ini wajar ya Mums pada kehamilan trimester 3. Untuk mengurangi rasa sesak yang dialami, Mums bisa mengatur nafas dengan teknik relaksasi (tarik nafas dari hidung dan keluarkan pelan-pelan dari mulut) lakukan berulang sampai Mums merasa nyaman. Untuk posisi tidur, bumil disarankan tidur miring ke kiri agar asupan oksigen pada bayi lancar dan boleh sesekali miring ke kanan ya Mums Untuk kondisi mualnya, sebaiknya Mums membatasi konsumsi makanan bersantan, berminyak, pedas dan asam yaaa :)
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 14-09-2021 20:05
Waalaikumsalam. Bahan alami memang lebih baik dengan bahan buatan. Namun, tidak semua bahan buatan juga tidak baik dikonsumsi. Tergantung dari kondisi yang dialami. Misal Mums sedang mengalami mual muntah berlebih dan hanya sedikit makanan alami yang bisa masuk, Mums bisa melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral Mums dari vitamin bumil ataupun susu bumil :)
Kiki
Kiki
Posted at - 14-09-2021 20:04
assalamualaikum.. bubid aq mau tanya, q hamil 20minggu, dan badan kdang2 gatal. area jari/trlpak tangan dan kaki. apakah wajar ya. dan tadi pagi q nyeri perut bawah. mau bergerak susah.tapi sekarang sudah tidak nyeri. apakah nyeri ini bahaya?
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 14-09-2021 20:01
Halo Mums Mufa. Kondisi seperti ini sangat wajar terjadi pada bumil ya Mums. Intinya bagaimanapun kondisi kita, harus ada nutrisi yang masuk ya Mums. Bisa di siasati dengan makan dengan porsi sedikit namun sering. Misal menu hari ini nasi, ayam, tahu dan bayam. Mums bisa makan nasi dan ayam dlu 2-3 suap, selang 2 jam lanjut nasi dan tahu, selang 2 jam lagi nasi dan bayam. Selamat mencoba :)
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 14-09-2021 19:57
Waalaikumsalam. Mungkin dipastika dahulu Mums cairan berwarna putih yang keluar ini apakah keputihan atau sperma yang keluar lagi setelah berhubungan. Jika kondisi ini sering terjadi dan sangat menggganggu sebaiknya konsultasikan dengan Bidan/Dokter Mums yaa :)
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 14-09-2021 19:55
Waalaikumsalam. Biasanya ketika USG, jika dokter menemukan kondisi yang buruk bagi ibu atau janinnya akan langsung disampaikan. Artinya panjnag BPD janin Mums masih dalam batas wajar. Tidak semua janin harus sama ukuran BPD nya ya Mums, karena bisa saja dari pengaruh genetik atau akurasi alat USG yang dipakai :)
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 14-09-2021 19:51
Waalaikumsalam. Mums tidak perlu khawatir jika BB si kecil masih normal dan mengalami peningkatan setiap bulannya, artinya nutrisi si kecil sudah terpenuhi. Sebenarnya setiap ibu yang menyusui pasti mengeluarkan ASI bening dan kental .ASI sendiri terdiri dari dua bagian, yakni foremilk dan hindmilk. Foremilk adalah ASI pertama yang dihisap bayi saat menyusui atau biasa disebut ASI depan. Foremilk terlihat encer dan berwarna jernih. ASI foremilk kaya akan karbohidrat, vitamin, dan protein serta tinggi laktosa, yang mampu membantu perkembangan otak bayi, memberi energi, dan mengatasi rasa haus. Sementara hindmilk adalah ASI yang ada pada bagian belakang sel atau disebut juga ASI belakang. Hindmilk akan keluar saat sesi menyusu hampir berakhir. Tekstur hindmilk kental dan mengandung lemak sehingga membuat bayi merasa kenyang. Makanan yang dikonsumsi oleh Mums sangat mempengaruhi kandungan nutrisi pada ASI. Maka, saat menyusui Mums harus memperhatikan makanan yang Mums konsumsi. Diusahakan makan makanna dengan gizi seimbang agar kandungan dalam ASI nya baik :)
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 14-09-2021 19:43
Halo Mums. Sebaiknya ketika kondisi hamil, Mums tidak boleh kecapean. Karena ketika Mums capek, kondisi tubuh menjadi lemah dan dapat mengurangi asupan oksigen pada janin. Langsung istirahat ya Mums, semoga setelah istirahat badan kembali vit dan jangan lupa perbanyak minumair putih untuk menghindari dehidrasi ya Mums :)
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 14-09-2021 19:40
Halo Mums. Didalam hydromamma terdapat kandungan asam folat, vitamin C, kalium, magnesium, dan bahan alami lainnya. Sebaiknya Mums pilih salah satu karena vitamin berlebih juga kurang baik ya mums. Lebih baik lagi konsumsi sayur dan buah-buahan alami untuk kebutuhan vitamin dan nutrisi Mums
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 14-09-2021 19:38
Gorengan sebaiknya dikurangi ya Mums untuk ibu hamil. Jika ingin mengkonsumsi gorengan, sebaiknya membuat sendiri dirumah sehingga terjamin kehigienisannya dan minyak yang digunakan :)
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 14-09-2021 19:36
Apakah Mums baru pertama kali melakukan kativitas prenatal yoga? Jika iya, berarti ini hal yang wajar Mums karena tubuh sedang beradaptasi dengan gerakan-gerak prenatal yoga yang Mums lakukan. Jika Mums sudah rutin, insyaAllah rasa nyeri berkurang. Memasuki trimester ke 2, kepala janin sudah mulai mendesak ke bawah menuju jalan lahir dan hal ini juga dapat mengakibatkan rasa nyeri diperut bagian bawah
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 14-09-2021 19:33
Malam Mums. Sebaiknya Mums konsultasikan dengan Bidan/Dokter Mums agar mendapat obat yang tepat yaa. Selain mengkonsumsi obat, Mums juga harus memperhatikan makan yang dikonsumsi. Kurangi makan makanan berminyak, makan makan yang manis dan perbanyak minum air putih hangat ya Mums
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 14-09-2021 19:30
Halo Mums. 1. Bumil itu harus selalu bahagia dan tidak boleh stress, karena kondisi stress akan berpengaruh juga pada tumbuh kembang janin. Jika ada hal yang diraa mengganjal sebaiknya dicerikan pada orang terdekat yang Mums percaya yaa :) 2. Obat penguat diminum ats anjuran dokter ya Mums dan tidak boleh sembarangan 3. Mums juga harus memperhatikan kebutuhan nutrisi,agar janin tumbuh kembang dengan baik. Mkan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang ya
Irur Riana
Irur Riana
Posted at - 14-09-2021 19:28
assalamualaikum bu bidan..mau tanya kalo hamil tapi masih menyusui gimana ya..kalo si kaka masih usia 18 bulan masih belom bisa minum pake botol..
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 14-09-2021 19:26
Timbulnya bengkak bisa dikatakan normal bisa juga dikatakan butuh penanganan. Mka alangkah lebih baiknya Mums periksakan ke Dokter/Bidan Mums untuk mengetahui normal/tidaknya kondisi yang Mums alami dengan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan lab darah atau urine
Utami Indriani
Utami Indriani
Posted at - 14-09-2021 19:24
waalaikumsalam bu bidan, kehamilan saya sudah 24minggu 2 hari dan saya sudah naik 15kg dari berat badan sebelum hamil. itu normal gak ya? apakah sudah harus diet? waktu periksa ke bidan sih katanya gak apa2 tapi saya takut bayi saya besar dan susah melahirkan normal. mohon penjelasannya 🙏
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 14-09-2021 19:24
waalaikumsalam. Apakah Mums sudah test pach dengan hasil positif? Jika belum, sebaiknya test pack terlebih dahulu untuk memastikan ada tidaknya hormon HCG atau yang biasa disebut hormon kehamilan. Jika sudah test pack dan positif, Mums tidak perlu khawatir karena setiap orang berbeda-beda respon tubuhnya terhadap kehamilan. Ada juga yang tidak merasakan mual muntah seperti yang Mums alami. Selama kondisi Mums dan janin baik, Mums tdk perlu khawatir yaa
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 14-09-2021 19:20
Malam Mums. Yang membedakan adalah ketajaman layar USG nya ya Mums. 2D biasanya yang terlihat hanya warna hitam dan putih, jika 3D sudah ada warnanya, jika 4D warna dan bentuk lebih jelas terlihat :)
Kamelia
Kamelia
Posted at - 14-09-2021 19:19
assalamualaikum dr saya mau tanya nih kehamilan saya yang ke 2 bulan tapi perut saya udah besar dok knpa ya dan sering mual2 juga dok
Suci Amalia Putri
Suci Amalia Putri
Posted at - 14-09-2021 19:19
assalamualaikum bu bidan, selamat malam, mau tanya bu bidan saya terakhir haid tanggal 5 agustus, tanggal 8 sept. saya testpack ternyata garis dua, sorenya langsung usg dokter bilang blum keliatan sama sekali, dokter bilang testpack blum menjamin kita hamil, saya jadi khawatir bu bidan, apa benar masih blum pasti kehamilannya bu bidan?mohon informasinya bu
Putri Wulansari
Putri Wulansari
Posted at - 14-09-2021 19:18
Waalaikumsalam. Diawal kehamilan, memang banyak juga Mums yang BB nya malah turun. Kondisi ini merupakan pengaruh dari mual muntah yang terjadi diawl kehamilan. Namun Mums tetap harus memenuhi kebutuhan nutrisi calon bayi agar tumbuh kembang dengan baik. Pada kondisi ini Mums dapat makan sedikit tapi sering. Mums bisa perbanyak makan buah alpukat/pisang untuk meningkatkan berat badan Mums di awal kehamilan atau buah lainnya yang tinggi lemak
Restiyanie Resti
Restiyanie Resti
Posted at - 14-09-2021 19:18
assalamualaikum Bubid aku mau tanya nih bulan Agustus lalu aku dapet menstruasi di awal bulan,trus akhir bulannya juga aku dapet menstruasi lagi dan sekrang bulan september Dri hari Jumat kemarin menstruasi sedikit dan Ada plek kecoklatan Kemarin di tespack Garisnya 1 masih agak samar" dan 1 nya jelas aku ngetest nya emang masih nge flek Bu itu bneran hamil atau nggak .
umy nurjannah
umy nurjannah
Posted at - 14-09-2021 19:17
mlm buk. sejak hamil perut bawah suka kram knp ya. sudh 4 hari ini mohon bntu di jwb ya buk. trimakasih
Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR