100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Forum / Kehamilan / Tanya Dokter  Kembali ke Forum
Teman Bumil

Teman Bumil
Thread Starter - 29-09-2021 10:43


[Sesi sudah berakhir] #SerbaSerbi: Berbagai Metode Persalinan - dr. Andri Welly, SpOG

Hai Mums.. Selamat datang di #SerbaSerbi Teman Bumil dengan topik hari ini "Berbagai Metode Persalinan"

Perkenalkan saya Mumin yang akan menjadi moderator hari ini. Yuk, simak beberapa peraturan #SerbaSerbi yaaa:
1. Tidak boleh menyela penjelasan narasumber selama kelas berlangsung.
2. Mumin akan mengumumkan saat sesi pertanyaan dibuka. Pertanyaan yang masuk sebelum Narasumber selesai menerangkan tidak akan dijawab kecuali pertanyaan lainnya sudah selesai.
3. Pertanyaan yang didahulukan untuk dijawab adalah pertanyaan yang berkaitan dengan topik #SerbaSerbi hari ini.
4. Pertanyaan akan dijawab narasumber pada Kamis, 30 September pukul 15.00-16.00 WIB.
5. Mumin akan memberi aba-aba bahwa sesi sudah selesai dan menutup sesi tersebut.
6. Mums harus mengisi form feedback yang diberikan pada akhir sesi #SerbaSerbi.
Selamat belajar Mums! โค๏ธ

Dapatkan juga promo USG di Halo Debay Maternity Care dg dr. Andri Welly, SpOG untuk Mums domisili Jakarta Barat dan sekitarnya. ๐Ÿ˜
๐Ÿ‘USG 2D / USG 4D mulai dari 220ribu.
PROMO TERBATAS!
Segera dapatkan promonya mums di Fitur Belanja Aplikasi Teman Bumil atau klik link di sini


Comments (87)
dr Andri Welly SpOG
dr Andri Welly SpOG
Posted at - 01-10-2021 00:26
Selamat sore Mom Herlina, saya dr. Andri Welly, SpOG. Janinnya tidak bisa berdiri Mom di dalam kandungannya Mom, jadi tidak bs diukur tingginya. Kecuali janinnya bisa berdiri, baru bisa diukur tingginya Mom. :) Tergantung kondisi asma nya saat ini, apakah terkontrol? terkontrol dengan obat sudah brp lama? kapan terakhir serangan? dalam kehamilan ini sdh berapa sering serangannya? Harus dikonsulkan ke dr. SpParu untuk evaluasi masalah asma-nya. Terimakasih.
dr Andri Welly SpOG
dr Andri Welly SpOG
Posted at - 01-10-2021 00:22
Selamat sore Mom Wahda, saya dr. Andri Welly, SpOG. Bisa saja untuk melakukan VBAC, namun syarat dan ketentuan berlaku. Bagaimana ukuran panggul, ukuran janin, kesesuaian ukuran panggul dengan janin, posisi janin, plasenta (ari-ari), ketuban, mules/kontraksi, tebal bagian bawah rahimnya, serta proses melahirkan di RS yang bagaimana? apakah sarana dan prasana di RS tersebut mendukung untuk persalinan VBAC? Terimakasih.
dr Andri Welly SpOG
dr Andri Welly SpOG
Posted at - 01-10-2021 00:19
Selamat sore Mom Aztrina, saya dr. Andri Welly, SpOG. Posisi janin dalam kandungan sangatlah dinamis, akan dapat berubah sewaktu-waktu. Jadi jika misalnya pada saat pemeriksaan USG, posisi kepala janin miring di sebelah kiri atau yang mgkn dimaksudkan oleh Mom adalah oblik, maka hal tersebut dapatlah berubah, terlebih jika kehamilan ke 2/3/4 dst. Kepala janin masih dapat mungkin sekali berada di posisi searah jalan lahir. Perlu dilihat faktor ketuban, plasenta, lilitan talipusat, adakah mioma uteri, atau massa lainnya yang menganggu?
dr Andri Welly SpOG
dr Andri Welly SpOG
Posted at - 01-10-2021 00:16
Selamat sore Mom Kurnia, saya dr. Andri Welly, SpOG. Pada saat kehamilan, karena pengaruh hormon dan adanya tekanan pada daerah kemaluan hingga anus, sangat mungkin kondisi dari ambein akan membesar. Untuk mengetahui, apakah ambein tersebut mengganggu proses persalinan atau tidak, perlu diperiksakan ke dokter SpBedah, dalam hal ini evaluasi derajat ambein, serta toleransi apakah bisa lahiran normal.
dr Andri Welly SpOG
dr Andri Welly SpOG
Posted at - 01-10-2021 00:13
Selamat sore Mom Nurfitriani, saya dr. Andri Welly, SpOG. Bisa iya, bisa tidak, tergantung ukuran janin dan power (tenaga) kontraksinya. USG ukuran panggul tidak semua dapat mengerjakannya. Ukuran panggul bisa juga dinilai dari pemeriksaan dalam, yang dapat dilakukan pada saat usia kehamilan di atas 36 minggu. Terimakasih.
Teman Bumil
Teman Bumil
Posted at - 30-09-2021 16:21
Tidak terasa sudah 1 jam lebih kita bersama di sesi #SerbaSerbi hari ini Mums. Gimana Mums sesi nya? Seru yah bisa dapet ilmu baru๐Ÿค— Oh iya. Teman Bumil butuh masukan dari Mums nih agar #SerbaSerbi ini lebih baik ke depannya. Tolong bantu isi survey di link bawah ini ya Mums๐Ÿ‘‡๐Ÿป https://bit.ly/SSTB300921 Setelah isi, Mums akan kami kirimkan materi sesi ini. Pengisian survey ditunggu max 1x24 jam yah Mums. Makasih Mums!๐Ÿ’œ
dr Andri Welly SpOG
dr Andri Welly SpOG
Posted at - 30-09-2021 16:16
Selamat sore Mom Sulis, saya dr. Andri Welly, SpOG. Radang pinggul atau PID atau pelvic inflamatory disease merupakan suatu keadaan penyulit untuk dapat terjadinya kehamilan. Sebaiknya jika mmg ada kecurigaan ke arah sana, diskusi dengan dr.SpOG-nya, langkah apa saja yang harus ditempuh? Apakah perlu pemberian antibiotika dsbnya. Terimakasih.
dr Andri Welly SpOG
dr Andri Welly SpOG
Posted at - 30-09-2021 16:14
Selamat sore Mom Suci, saya dr. Andri Welly, SpOG. Risiko perdarahan pada saat operasi akan ada, baik dengan Hb rendah ataupun tidak. Dengan Hb yang rendah, risiko akan menjadi lebih besar, kontraksi rahim akan sulit tercapai, sehingga perdarahan akan semakin menjadi lbh banyak. ERACS tidak hanya tergantung dr kondisi hb saja, tetapi dari proses operasinya itu sendiri, apakah terdapat penyulit/ komplikasi pada saat operasi SC. Posisi posterior dari apanya Moms, janin atau plasentanya? atau yang lain? Saya kurang jelas. Jika sungsang, dengan bekas sesar, sepertinya akan sesar lagi. Terimakasih.
dr Andri Welly SpOG
dr Andri Welly SpOG
Posted at - 30-09-2021 16:11
Selamat sore Mom Novi, saya dr. Andri Welly, SpOG. Tidak ada persen-persenannya Mom. Tergantung derajat dari ambein-nya juga. Sebaiknya diperiksakan terlebih dahulu ke dr. SpBedahnya Mom utk evaluasi ambeinnya. Terimakasih.
dr Andri Welly SpOG
dr Andri Welly SpOG
Posted at - 30-09-2021 16:10
Selamat sore Mom Tri, saya dr. Andri Welly, SpOG. Harus diperiksakan terlebih dahulu ke dr. SpM-nya. Adakah ganguan di retina? sehingga nantinya akan berpengaruh pada saat proses mengedan. Terimakasih.
dr Andri Welly SpOG
dr Andri Welly SpOG
Posted at - 30-09-2021 16:01
Selamat sore Mom Ica, saya dr. Andri Welly, SpOG. Tergantung kondisi jantung Mom ica saat ini. Ada keadaan jantung tertentu misalnya gagal jantung, jika kehamilannya semakin besar, maka beban jantung akan semakin besar. Tentunya akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan ibu juga. Semua harus diperiksakan oleh dr. SpJP terlebih dahulu (echocardiografi ibu, EKG), apakah ada kontraindikasi untuk melanjutkan kehamilan? Bila berat janin sdh di ats 2500 gram, saya kira sudah dapat dilahirkan. Untuk risiko bius sebaiknya ditanyakan kepada dr. SpAn-nya. Terimakasih.
dr Andri Welly SpOG
dr Andri Welly SpOG
Posted at - 30-09-2021 15:55
Selamat sore Mom Selvie, saya dr. Andri Welly, SpOG. Biru disebabkan karena memar, atau ada benturan pada kaki/ daerah tubuh. Perlu diketahui kondisi darah ibu (kekentalan darah atau agregasi trombositnya). Adakah riwayat penyakit kelainan darah sebelumnya? Adakah riwayat gangguan pembekuan darah? Terimakasih.
lisdiana
lisdiana
Posted at - 30-09-2021 15:54
sore dok usia kandungan 39 minggu ko blm ada tanda2 persalinan dok,,, mesti ggimana ya
dr Andri Welly SpOG
dr Andri Welly SpOG
Posted at - 30-09-2021 15:54
Selamat sore Mom Siti, saya dr. Andri Welly, SpOG. Untuk VBAC, syarat dan ketentuan berlaku. Kondisi kehamilan sekarang (kondisi posisi janin, mules atau kontraksi, ketuban, aliran darah janin, letak plasenta, tebal bekas sesar terdahulu). Kemudian Mom melahirkan di RS yang bagaimana? Karena sarana dan prasarana RS akan saat berpengaruh. Apakah RS-nya bisa operasi sesar emergency 24/7? (In case, pada saat VBAC, persalinannya macet/ atau ada gawat janin?). Terimakasih.
dr Andri Welly SpOG
dr Andri Welly SpOG
Posted at - 30-09-2021 15:51
Selamat sore Mom Sendy, saya dr. Andri Welly, SpOG. Dibius Mom, jika tidak dibius, tentunya akan sakit donks. hehe.. Dibuisnya secara lokal di area vagina/jalan lahirnya. Terimakasih.
dr Andri Welly SpOG
dr Andri Welly SpOG
Posted at - 30-09-2021 15:50
Selamat sore Mom Dinda, saya dr. Andri Welly, SpOG. Sebaiknya kontrol ke dr. SpOG, diberikan obat untuk kontrol asam lambungnya. Terimakasih.
dr Andri Welly SpOG
dr Andri Welly SpOG
Posted at - 30-09-2021 15:49
Selamat sore Mom Susianti, saya dr. Andri Welly, SpOG. Ada baiknya untuk proses persalianannya sendiri, didiskusikan dengan dokter SpOG yang menangani Mom langsung. Untuk mengangkat kista endometriosis pada saat persalinan SC, balik lagi ke dr.SpOG-nya, apakah dari beliaunya berkenan, kemudian apakah sebelumnya kondisi kistanya lengket ke organ organ lain, krn akan berpengaruh terhadap proses pengangkatan kistanya. Terimakasih.
Heny Yulianti
Heny Yulianti
Posted at - 30-09-2021 15:49
Sore, Dok. Teman saya ada yg melahirkan SC karena matanya minus. Apakah benar mata minus tdk bs melahirkan secara normal? Kira2 kenapa tdk bisa ya, Dok? Kebetulan mata saya jg minus kiri 4 kanan 3
Tiara Yunitasari
Tiara Yunitasari
Posted at - 30-09-2021 15:48
Terimakasih penjelasan nya dok,saya Tiara uk saat ini 33w3d,ingin bertanya indikasi apa yang menyebabkan ibu melahirkan normal dengan bantuan vakum/forceps? Apakah harus dengan alat medis di rumah sakit atau biasanya bidan menyediakan layanan tsb? Terimakasih sblmnya dok
dr Andri Welly SpOG
dr Andri Welly SpOG
Posted at - 30-09-2021 15:47
Selamat sore Mom Sulis, saya dr. Andri Welly, SpOG. Boleh diperiksakan kadar hb, ht, jumlah eritrositnya, MCV, MCH, MCHC, ferritin, karena hal tersebut merupakan suatu kesatuan. Untuk bersalin dengan metode apapun, sebetulnya dengan kadar Hb rendah, tetap memiliki risiko. Ibaratnya Hb ibu sekarang 9 g/dL, maka bila dalam proses persalinan, hilang darah 500 cc saja, hB bs drop turun ke 7 g/dL, tentunya akan berpengaruhi ke kondisi tubuh ibu dan kontraksi rahim. Terimakasih.
dr Andri Welly SpOG
dr Andri Welly SpOG
Posted at - 30-09-2021 15:44
Selamat sore Mom Fadilah, saya dr. Andri Welly, SpOG. Tidak ada batasan maksimal. Tetapi dengan semakin banyaknya jumlah SC-nya, risiko risiko yang terkait dengan operasi akan meningkat. Risiko plasenta akreta (plasenta yang menempel pada dinding rahim atau di bekas sesarnya atau bahkan menembus dinding rahim) akan meningkat juga. Mungkin yang Moms maksud bekas robekan/ sayatan pada kulitnya? Atau pada rahimnya? Karena impact dan implikasinya akan berbeda. Terimakasih.
Res
Res
Posted at - 30-09-2021 15:43
luka jahitan pada vagina apakah menjadi keloid?karena memiliki riwayat keloid
dr Andri Welly SpOG
dr Andri Welly SpOG
Posted at - 30-09-2021 15:42
Selamat sore Mom Mey, saya dr. Andri Welly, SpOG. Masih usia kehamilan 31 minggu, janin masih bisa gerak, berputar, jadi tidak perlu terlalu khawatir Moms. Nanti kita lihat ulang lagi di 34-36 minggu bagaimana kondisi letak janinnya. Bagaimana letak plasenta? jumlah cairan ketuban? Terimakasih.
Res
Res
Posted at - 30-09-2021 15:41
apakah punya riwayat keloid,pada jahitan robekan pada saat lahiran menjadi keloid juga?
dr Andri Welly SpOG
dr Andri Welly SpOG
Posted at - 30-09-2021 15:41
Selamat sore Mom Nadeya, saya dr. Andri Welly, SpOG. Tergantung banyak faktor. Jika lemak ibu dan otot perut ibu tebal, mungkin gerakan tidak akan terlalu terasa. Kemudian usia kehamilannya juga berpengaruh. Selama dari pemeriksaan USG, kondisi dede bayi bagus, ketuban baik, aliran darah baik, gerak janin selama usg baik, kondisi tonus otot janin baik, maka tidak ada yang dikhawatirkan. SC by request? Tergantung dari Dokter SpOG dan RS tempat melahirkan tentunya. Terimakasih.
dr Andri Welly SpOG
dr Andri Welly SpOG
Posted at - 30-09-2021 15:38
Selamat sore Mom Gian, saya dr. Andri Welly, SpOG. Untuk bekas luka sesar, ada faktor ibu (riwayat keloid, kondisi kulit ibu, nutrisi ibu, kebersihan ibu) dan ada faktor luar eksternal (misalnya jenis benang, teknik penjahitan yang digunakan, kebersihan higiene dari proses operasi). Jadi semua faktor-faktor itu bisa berpengaruh terhadap proses penyembuhan luka. Untuk jenis benang, ya memang ada sedikit perbedaan, dari benang yang kita dapatkan dari paket jika menggunkan BPJS ataupun umum. Tetapi, bekas luka sesar, tidak melulu hanya dari benang, ada faktor"lainnya tsb spt yg saya jelaskan di atas. Multifaktorial. Obat penghilang pengurang nyeri bisa menggunakan jenis obat-obatan analgetika. Untuk harga boleh di cek di apotik terdekat. Terimakasih
dr Andri Welly SpOG
dr Andri Welly SpOG
Posted at - 30-09-2021 15:33
Selamat sore Mom Seri, saya dr. Andri Welly, SpOG. 38 minggu ya? Ya boleh-boleh saja, selama kondisi janin ok, ketuban ok, aliran darahnya ok. Terimakasih.
dr Andri Welly SpOG
dr Andri Welly SpOG
Posted at - 30-09-2021 15:31
Selamat sore Mom Intan, saya dr. Andri Welly, SpOG Kondisi kesehatan ibu dan janinnya. Namun ada faktor-faktor yang tidak bisa dirubah, misalnya ukuran panggul ibu. Terimakasih.
sulistya
sulistya
Posted at - 30-09-2021 15:25
siang dok, kmrin saya kontrol , nah perut saya itu kencang skali daj diminta untuk istirahat total takut terjadi apa apa.. kira kira solusi supaya tidak mudah sakit di sebelah kiri dan kencang apa ya dok
dr Andri Welly SpOG
dr Andri Welly SpOG
Posted at - 30-09-2021 15:25
Selamat sore walaikumsalam Mom Ana, saya dr. Andri Welly, SpOG. Semua tergantung dari kondisi kehamilannya, jika kehamilannya dalam keadaan baik, seharusnya tidak ada masalah. Tetapi jika kehamilan, terdapat perdarahan pada kehamilan muda, ada riwayat persalinan prematur sebelumnya, maka sebaiknya hal tersebut dihindari karena akan memicu timbulnya kontraksi pada rahim. Terimakasih.
Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR