100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Forum / Kehamilan / Tanya Dokter  Kembali ke Forum
Teman Bumil

Teman Bumil
Thread Starter - 06-10-2021 09:47


[Sesi sudah berakhir] #SerbaSerbi: Vitamin dan Obat yg Aman untuk Bumil & Busui - dr. Hasni Kemala Sari, SpOG

Hai Mums.. Selamat datang di #SerbaSerbi Teman Bumil dengan topik hari ini "Vitamin dan Obat yg Aman untuk Bumil & Busui"

Perkenalkan saya Mumin yang akan menjadi moderator hari ini. Yuk, simak beberapa peraturan #SerbaSerbi yaaa:
1. Tidak boleh menyela penjelasan narasumber selama kelas berlangsung.
2. Mumin akan mengumumkan saat sesi pertanyaan dibuka. Pertanyaan yang masuk sebelum Narasumber selesai menerangkan tidak akan dijawab kecuali pertanyaan lainnya sudah selesai.
3. Pertanyaan yang didahulukan untuk dijawab adalah pertanyaan yang berkaitan dengan topik #SerbaSerbi hari ini.
4. Pertanyaan akan dijawab narasumber pada Kamis, 7 Oktober 2021 pukul 15.00-16.00 WIB.
5. Mumin akan memberi aba-aba bahwa sesi sudah selesai dan menutup sesi tersebut.
6. Mums harus mengisi form feedback yang diberikan pada akhir sesi #SerbaSerbi.


Dapatkan promo Persalinan di RSIA Citra Ananda untuk Mums😍
Cukup beli vouchernya seharga 20ribu mums bisa mendapatkan promo harga persalinan mulai dari 11,9juta.

PROMO TERBATAS!
Segera dapatkan promonya mums di Fitur Belanja Aplikasi Teman Bumil atau klik link bit.ly/PartnerCitraAnanda
Info lebih lanjut silakan hubungi Whatsapp Teman Bumil: WA Mumin

Selamat belajar Mums! ❤️


Comments (56)
septia
septia
Posted at - 07-10-2021 15:02
aku 6w minum blackmores dan emineton,tdnya diresepkan osfit platinum..tp itu buatku mual bgt karna bau mnyk ikan gt
dr. Hasni Kemala Sari, SpOG
dr. Hasni Kemala Sari, SpOG
Posted at - 07-10-2021 16:08
Terima kasih untuk semua Mums yang telah mengajukan pertanyaan. Mohon maaf atas keterbatasan waktunya. Untuk para Mums, jangan mengkonsumsi obat-obatan yang yang tidak dengan anjuran Dokter atau inisiatif sendiri. Jadi harus periksa dan konsultasi dulu ke Dokter ya Mums. Dan jika sudah diberikan obat dan vitamin oleh Dokter, Mums bisa konsumsi secara teratur dan tidak mengurangi atau melebihkan dosis vitamin dan obat tersebut. Jika memang ragu, Mums bisa diskusikan kembali dengan Dokter yaaa.. 😊 Sampai bertemu di tanya jawab selanjutnya
dr. Hasni Kemala Sari, SpOG
dr. Hasni Kemala Sari, SpOG
Posted at - 07-10-2021 15:57
Bener banget Mums... tekanan darah diatas 130, ya memang kita mesti udah waspada ya, yang dikhawatirkan adalah preeklampsia. Mums harus kontrol ke dokter teratur.. akan dipantau dan diperikasa mengenai jumlah air ketuban, grade plasenta, berat badan janin, tekanan tali pusat janin, dan gejala-gejala yang dialami Mums, dan masih banyak faktor lain yang akan dinilai oleh dokter.... obat-obatan yang mums konsumsi saat ini pada dasarnya sih tidak ada masalah ya,, namun, dilanjutkan atau tidak obatnya, ditambah atau diganti jenis obatnya, semua akan sangat tergantung dari hasil pemeriksaan ini ya Mums..
dr. Hasni Kemala Sari, SpOG
dr. Hasni Kemala Sari, SpOG
Posted at - 07-10-2021 15:41
untuk trimester pertama, asam folat memang sangat esensial ya Mums.. jadi pastinya asam folat akan selalu sudah diberikan disaat pertama kali Mums terdiagosa hamil.. sementara itu, Fe, calcium dan vitamin lain sebenernya juga sudah dapat mulai diberikan, tergantung kondisi Mums dan kondisi temuan pemeriksaan USG Mums saat itu. Jika Mums merasakan mual muntah yang hebat, pemberian Fe dan suplemen lain kadang bisa dihentikan dahulu, karena efek samping dari Fe yang bisa membuat keluhan mual muntah bertambah parah. Jadi ada kondisi-kondisi tertentu yang menjadi pertimbangan dokter sebelum memberikan vitamin apa yang cocok utuk Mums...
ratih julianingrum
ratih julianingrum
Posted at - 07-10-2021 15:40
aku sama bund kaya gitu. seluruh badan terasa lemas sampe kaki. punggung belakang sakit. perut bawaan ya mules. pengen ya bak terus. apalagi malem hari. rada engap juga. skrg usia kandungan 9w .. aku jg bingung ini kenapa apa emg bawaan hamil. maklum bund baru anak pertama
dr. Hasni Kemala Sari, SpOG
dr. Hasni Kemala Sari, SpOG
Posted at - 07-10-2021 15:33
Memang, saat ini banyak sekali jenis ataupun merk multivitamin untuk ibu hamil yang beredar di pasaran.. mulai dari yang bentuknya tablet, kapsul, soft gel, syrup, sampai dalam bentuk minuman... sebenarnya komposisinya hampir sama... ada kandungan asam folatnya, Fe, Vit C, B, D, E, zinc, dan beberapa trace elemen yang lain. yang bervariasi adalah dosisi dari masing-masing unsur yang dikandungnya... tapi Mums ga usah khawatir, karena variasi dosis yang tercantum dalam masing-masing merk vitamin itu, semua pasti masih berada dalam range dosis harian yang dianjurkan... jadiiii... kalo Mums sudah mengkosumsi satu jenis merk vitamin hamil, ya Mums memang tidak perlu menambah lagi dengan merk lain yang sejenis... karena, kelebihan minum vitamin itu juga bisa berefek yang tidak bagus pada janin.mungkin untuk bulan depannya kalo Mums mau ganti merk, ya gpp.. tinggal disampein aja ke dokternya.. ...
rosia gusti
rosia gusti
Posted at - 07-10-2021 15:26
Selamat sore dokter. Perkenankan saya ingin bertanya. Bila Ibu mengalami masuk angin dan batuk/flu. Apakah boleh minum obat tolak angin atau semacammnya? Terima kasih
Bariani Musarofah
Bariani Musarofah
Posted at - 07-10-2021 15:23
selamat sore dok, saya sedang hamil 12 minggu. hari sabtu mengalami pendarahan tanpa disertai rasa nyeri, saat usg janin baik baik saja tapi sampai hari ini masih kadang keluar darah. apa yang sebaiknya saya lakukan ya dok?
dr. Hasni Kemala Sari, SpOG
dr. Hasni Kemala Sari, SpOG
Posted at - 07-10-2021 15:22
Pada dasarnya, meminum obat-obatan ketika sedang hamil itu bener bener harus sesuai indikasi dan dosis yang sudah tercantum. Selagi obat tersebut diminum atas indikasi medis, maka Mums jangan khawatir.. Apalagi kalau obat tersebut diberikan setelah Mums nya diperiksa langsung oleh dokter. Pastinya dokter akan memilihkan obat yang sesuai ama kondisi kehamilan Mums saat itu... 😊
Nara N Jati
Nara N Jati
Posted at - 07-10-2021 15:21
hamil berapa minggu bun? saya juga dari awal kehamilan minum folamil di tm 2 drop jadi 10,1 di awal tm 3 naik dikit jadi 10,7. saya terus ganti minum blackmores tapi belum cek hb lagi dan disuruh push sama bidan minum penambah darah 2x sehari. kayanya kalo kalsium penting karena kebutuhan hariannya banyak (1000 mg/hari).
Titin Evi Amalia
Titin Evi Amalia
Posted at - 07-10-2021 15:17
aku juga TD naik turun Bun 130 sempat 140 tp tidak di kasih obat penurun tensi,, malah di kasih pil penambah darah .. HB ku 12 kemarin pas cek lab.. usia kandungan 34 week
Susi Mayasari (bayu pramudika)
Susi Mayasari (bayu pramudika)
Posted at - 07-10-2021 15:16
sore dokter☺ saat mengASIhi bayi baru lahir alangkah baiknya selang jeda berapa jam ya dok ? tarimakasih
dr. Hasni Kemala Sari, SpOG
dr. Hasni Kemala Sari, SpOG
Posted at - 07-10-2021 15:16
siang Mums... Kebetulan Mums disini tidak menyertakan data kehamilan Mums... tapiii, kalau dari keluhan yang Mums sampaikan, saya menyarakan lebih baik Mums langsung periksakan ke dokter yah Mums.. Mungkin ada proses peradangan selaput lendir di saluran pernafasan yang membuat lendirnya jadi bewarna seperti itu, yang pastinya membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut..
Nara N Jati
Nara N Jati
Posted at - 07-10-2021 15:15
halo dok, saya Nara saat ini sedang hamil 30w tekanan darah 130-138. saya disarankan oleh dokter meminum aspilet selama seminggu. saat ini obatnya sudah habis sementara tekanan darah saya masih segitu. apa saya harus minta obat tersebut lagi atau stop pemakaian obat tersebut ya dok? soalnya saya takut kenapa2 takut gejala preeklampsia meskipun saya sudah cek protein urin negatif. saya juga minum tablet penambah darah 3x sehari dengan kandungan besi @60mg pertablet atas saran bidan karena hb saya rendah (10,7) juga kalsium 2x sehari @500mg pertablet dan vitamin c 50mg perhari. apakah konsumsi obat saya sudah tepat dok? terima kasih
Titin Evi Amalia
Titin Evi Amalia
Posted at - 07-10-2021 15:15
assalamualaikum dokter saya hamil 34 week .. perut saya terasa perih dan uluhati panas saat saya berdiri kok rasanya pusing kyk keleyengan dok,, tp saat di bawa istirahat dan minum obat magh yg di kasih bidan pusing nya berangsur hilang.. tp waktu kandungan saya 21 week juga sempat pusing seperti itu.. apakah berbahaya dok???
Herliani Lusiana
Herliani Lusiana
Posted at - 07-10-2021 15:13
Dok jika terjadi hidung tersumbat, sakit kepala sebelah hingga ke hidung (riwayat sinusitis) di tm 1 apa yang harus dilakukan? atau konsumsi obat apa yang aman? terimakasih
Hani Prastiani
Hani Prastiani
Posted at - 07-10-2021 15:12
dok saya mau tanya, kalo busui minum vitamin yg berkalsium apa itu akan ada di ASInya sehingga berpengaruh ke bayinya?
Dyah Ayu
Dyah Ayu
Posted at - 07-10-2021 15:11
Apakah mengkonsumsi Blackmores Pregnancy and Breastfeeding saja sudah cukup Dok? Bagaimana dengan tambahan Omega-3, dosis perharinya baiknya berapa? Terima kasih.
dr. Hasni Kemala Sari, SpOG
dr. Hasni Kemala Sari, SpOG
Posted at - 07-10-2021 15:10
Wassalamualaikum Mums.. Untuk nyeri yang diakibatkan oleh permasalahan gigi, sebaiknya Mums konsultasikan langsung dengan dokter gigi ya Mums.. Pertimbangan jenis obat yang cocok dengan kondisi Mums, atau tindakan apa yang akan dilakukan, dan kapan tindakan itu bisa dilakukan, pastinya akan diputuskkan oleh dokter gigi setelah melakukan pemeriksaan terhadap Mums sendiri.. Jika Mums merasa obat yang sudah Mums konsumsi tidak berefek banyak, Mums juga bisa menyampaikan hal ini ke dokter gigi yang menangani keluhan Mums.. Pastinya dokternya akan memilihkan obat yang aman baik untuk Mums dan untuk Janinnya...
renny via asterana
renny via asterana
Posted at - 07-10-2021 15:10
selamat siang dr hasni, dokter obat apa yg aman untuk ibu hamil di trimester pertama saat sakit gigi dan gusi berdarah terima kasih
Tiara falopi
Tiara falopi
Posted at - 07-10-2021 15:06
assalamualaikum mau tanyak dok , saya dh 6 bulan kosong stlah nikah . tips promil apa dok?
sulis irma
sulis irma
Posted at - 07-10-2021 15:04
selamat skre dok mau tanya... dok saya di diaknosa radang panggul apakah peluang hamil saya lebih sedikit dok 😭
dr. Hasni Kemala Sari, SpOG
dr. Hasni Kemala Sari, SpOG
Posted at - 07-10-2021 15:02
Payudara bengkak dan sakit emang ga nyaman banget ya Mums.. Biasanya disebabkan karena ASI menumpuk dan tidak tersalurkan, mungkin karena debaynya masih tidur sehingga Mums telat menyusui debay, sementara produksi ASI banyak. Untuk mengurangi keluhan, yang paling penting adalah Mums tetep menyusukan debaynya, sehingga penumpukan air susu didalam kelenjar payudara bisa berkurang. Disamping itu, Mums bisa mencoba mengompres payudara yang nyeri dengan handuk anget. Jika rasa nyeri masih menganggu, Mums bisa mengkonsumsi obat penghilang nyeri seperti paracetamol. Jika setelah langkah-langkah tadi dilakukan payudara masih tetep nyeri, baiknya Mums segera periksakan ke dokter ahli yaaa... Saat masuk angin dan batuk pilek, Mums bisa coba perbanyak istirahat, minum vitamin, makan makanan yang bernutrisi tinggi. memakai masker ketika kontak dengan debay dan mencuci tangan sebelum memegang dedek bayinya juga merupakan salah satu cara mencegah penularan bapil ke bayi Mums..
Ririe devitania
Ririe devitania
Posted at - 07-10-2021 14:55
Dok, usia kehamilan saya 7w dan saya dikasih asam folat dan kalsium. Apakah sy harus menambah vitamin lainnya? kalo iya vitamin apa saja yg hrs saya konsumsi? Terima kasih dok
tika
tika
Posted at - 07-10-2021 13:59
selamat siang dok mau tanya cara agar lingkar lengan tidak kecil bagaimana ya?
nita
nita
Posted at - 07-10-2021 13:23
assalamualaikum dok, ijin bertanya. usia kehamilan saya skrg 13w3d, baru 2 kali periksa hamil. periksa pertama bulan agustus tensi 150/100. periksa kedua september tensi 137/95. lalu dikasih penurun tensi NIFEDIPINE 10mg dgn dosis setengah tablet/hari. kira-kira aman tidak ya dok untuk dikonsumsi setiap hari? atau ada saran dari dokter untuk menurunkan tensi dgn cara aman pada ibu hamil? terimakasih dokter
melinda
melinda
Posted at - 07-10-2021 12:03
siang bu, saya mau tanya,, dari awal kehamilan kan saya memilih membeli vitamin sendiri (folamil genio), tapi saya juga dapat vitamin dari bidan saya seperti anelat, fondazen dan katanya nanti jg akan dikasih kalsium, saya sengaja tdk bilang kalau minum folamil karena pas pertama konsul, bidan saya bilang folamil bikin HB rendah, tapi Alhamdulillah pas check HB hasilny bagus 13,9.. Apakah saya cukup mengkonsumsi folamil selama kehamilan ini, atau saya jg perlu meminum vit dr bidan saya seperti penambah darah dan kalsiumnya?
dewi diah as
dewi diah as
Posted at - 07-10-2021 11:36
mums di usia 4w mau ke 5w memang rasanya lesu , capek sedikit punggung terasa panas , ingin Buang air kecil terus , sama nafasnya agak engap . ada yg sama nggak ya mums?
windi manalu
windi manalu
Posted at - 07-10-2021 11:03
bun wajar gak hamil 35- 36 minggu sakit pinggang .. 🥺kasih solusi donk bun soal nya agak panik bun baru hamil anak pertama bun ...🙏truss cara baca usg nya ini lingkaran itu apaan yah bun🙏
Ririn Sopiyan
Ririn Sopiyan
Posted at - 07-10-2021 09:31
dokter saya Mao nanya subuh saya tespeck aku garis knp pagi saya keluar darah
Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR