100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Forum / Kehamilan / Tanya Dokter  Kembali ke Forum
Teman Bumil

Teman Bumil
Thread Starter - 13-10-2021 09:23


[Sesi sudah berakhir] #SerbaSerbi: Pencernaan Balita & Cara Mencegah Gangguannya - dr. Ria Yoanita, SpA

Hai Mums.. Selamat datang di #SerbaSerbi Teman Bumil dengan topik hari ini "Pencernaan Balita & Cara Mencegah Gangguannya"

Perkenalkan saya Mumin yang akan menjadi moderator hari ini. Yuk, simak beberapa peraturan #SerbaSerbi yaaa:
1. Tidak boleh menyela penjelasan narasumber selama kelas berlangsung.
2. Mumin akan mengumumkan saat sesi pertanyaan dibuka. Pertanyaan yang masuk sebelum Narasumber selesai menerangkan tidak akan dijawab kecuali pertanyaan lainnya sudah selesai.
3. Pertanyaan yang didahulukan untuk dijawab adalah pertanyaan yang berkaitan dengan topik #SerbaSerbi hari ini.
4. Pertanyaan akan dijawab narasumber pada Kamis, 14 Oktober pukul 19.00-20.00 WIB.
5. Mumin akan memberi aba-aba bahwa sesi sudah selesai dan menutup sesi tersebut.
6. Mums harus mengisi form feedback yang diberikan pada akhir sesi #SerbaSerbi.

Mumin mau bagi-bagi Voucher Buds Organic senilai @100rb untuk 5 Mums dengan pertanyaan terbaik di sesi ini. Yuk ketik pertanyaan Mums pada kolom komentar di bawah ini! 
Selamat belajar & semoga beruntung dapat hadiahnya, Mums! ❀️

Dapatkan juga Promo Paket Persalinan di Primaya Hospital Evasari di Jakarta Pusat.
Harga paket persalinan:
1. Normal mulai dari Rp 11,9juta
2. C-Sectio mulai dari Rp 19juta
FREE: Pemeriksaan COVID, cek laboratorium untuk Mums dan si Kecil, serta vaksin hepatitis B.

PROMO TERBATAS!
Segera dapatkan promonya mums di Fitur Belanja Aplikasi Teman Bumil atau klik link https://bit.ly/PartnerPrimayaEvasari

Info lebih lanjut silakan hubungi Whatsapp Teman Bumil: https://wa.me/628174979610


Comments (92)
dr. Ria Yoanita, SpA
dr. Ria Yoanita, SpA
Posted at - 14-10-2021 20:20
Hai Mum Nanda Mohon maaf saya dokter spesialis anak, boleh Mum bertanya pada dokter spesialis kebidanan dan kandungan ya. Sehat selalu kehamilannya.
Teman Bumil
Teman Bumil
Posted at - 14-10-2021 20:20
Tidak terasa sudah 1 jam lebih kita bersama di sesi hari ini Mums. Gimana Mums sesi nya? Seru yah bisa dapet ilmu baruπŸ€— Oh iya. Teman Bumil butuh masukan dari Mums nih agar #SerbaSerbi ini lebih baik ke depannya. Tolong bantu isi survey di link bawah ini ya MumsπŸ‘‡πŸ» https://bit.ly/TBSS141021 Setelah isi, Mums akan kami kirimkan materi sesi ini. Pengisian survey ditunggu max 1x24 jam yah Mums. Makasih Mums!πŸ’œ
dr. Ria Yoanita, SpA
dr. Ria Yoanita, SpA
Posted at - 14-10-2021 20:18
Hai malam Mum Indah 1. Banyak penyebab seperti posisi menyusu dengan kepala punggung bayi datar 2. Posisi kepala punggung bayi lebih tinggi 45-60 derajat agar gravitasi membantu menurunkan ASI masuk ke dalam lambung, dot dimiringkan hingga ASI masuk ke dalam mulut bayi 3. Perlu dipeluk, ditepuk punggung, ataupun disendawakan jika memungkinkan. Tidak selalu harus sendawa, karena jika tidak ada gas, bisa tidak berbunyi sendawa tersebut, Sehat selalu adek
dr. Ria Yoanita, SpA
dr. Ria Yoanita, SpA
Posted at - 14-10-2021 20:15
Hai Mum Evita Pada bayi kembung, gas di dalam perut berlebih, sehingga menyebabkan ASI akan mudah dikeluarkan atau gumoh. Namun gumoh tidak selalu berarti ada kembung ya Mum.
dr. Ria Yoanita, SpA
dr. Ria Yoanita, SpA
Posted at - 14-10-2021 20:13
Betul Mum Ara, sebaiknya dibawa ke DSA dulu untuk menilai kesiapan si kecil untuk menerima MPASI juga jenis dan frekuensi, dan terutama bagaimana kurva pertumbuhan juga indikasi memulai MPASI dini apakah sudah tepat.
dr. Ria Yoanita, SpA
dr. Ria Yoanita, SpA
Posted at - 14-10-2021 20:10
Hai malam Mum Puspita MPASI sebaiknya seimbang mengandung protein, lemak, karbohidrat. Pada usia di bawah 1 tahun, sayur dan buah sifatnya adalah perkenalan. Terdiri dari 3x makan pokok dan 2x snack. Jika bayi terlalu banyak buah (mikronutrien) dibanding makan pokok (makronutrien) maka dikhawatirkan adalah pertumbuhannya yang tidak sesuai. Boleh Mum berikan makan dengan berbagai variasi rasa, juga alat makan agar anak tidak bosan. Buah naga dapat memengaruhi warna pup maupun BAK nya. Jika masalah makan tidak kunjung teratasi dengan mencoba hal di atas, sebaiknya berkonsultasi langsung pada DSA ya Mum. Sehat selalu
dr. Ria Yoanita, SpA
dr. Ria Yoanita, SpA
Posted at - 14-10-2021 20:06
Hai Mum Rhastiana Lidah berwarna putih dapat diakibatkan karena bekas susu, atau juga sariawan. Hal ini dapat memengaruhi kenyamanan bayi saat menyusu. Ada baiknya Mum untuk membersihkan lidah dengan kassa yang dibasahi dengan air hangat dan matang. Tentunya sebelumnya Mum diwajibkan mencuci tangan ya. Membersihkan lidah dapat dilakukan sebanyak 1-2x dalam sehari, dengan jarak 1-2 jam setelah menyusu untuk menghindari bayi muntah. Namun jika telah dilakukan hal tersebut, adek bayi masih terdapat lidah putih, sebaiknya berkonsultasi pada DSA langsung ya Mum. Sehat selalu dan selamat ya ibu hebat memberi ASI full hingga saat ini.😊
putri kartika merdekawati
putri kartika merdekawati
Posted at - 14-10-2021 20:04
untuk bb di timbang bulan sep 8kg dok. namun setelah mulai MPASI 1 minggu berat turun 300gr dok. Untuk kurva masih di warna hijau dok. Apakah masih terbilanh normal
dr. Ria Yoanita, SpA
dr. Ria Yoanita, SpA
Posted at - 14-10-2021 20:02
Hai malam Mum Yasintha Betul Mum, bubur fortifikasi atau makanan sebaiknya dikonsumsi segera setelah dimasak. Jika terlalu lama, dikhawatirkan ada pertumbuhan bakteri akibat perubahan suhu, juga kontaminasi dengan lingkungan sekitar. Sepertinya si kecil mengalami mual, kembung akibat hal tersebut. Yang penting diawasi adalah mencegah dehidrasi dengan memberikan cairan cukup sekitar 100 ml per kg berat badan. Jika keluhan belum membaik, ada baiknya berkonsultasi secara langsung pada DSA ya Mum. Semoga lekas pulih ya Mum.
Indah Puspitasari
Indah Puspitasari
Posted at - 14-10-2021 19:59
selamat malam dr. Ria, ijin bertanya, dok. anak saya usia 2 minggu, sudah menggunakan dot karena 1 minggu pertama asi saya tidak mencukupi shg menggunakan donor ASI. ada beberapa pertanyaan yg ingin saya tanyakan. 1. mengapa hampir setiap selesai menyusu, baby cegukan dan berlangsung cukup lama sekitar 15-30 menit. apakah krn terlalu byk udara yg masuk saat pemberian asi dg dot? 2. bagaimana cara dan posisi pemakaian dot yg benar? 3. apakah setiap habis menyusu baby perlu dipukpuk agar tidak gumoh? dan apakah harus sampai tahak/sendawa saat di pukpuk? terima kasih dokter, semoga bisa dijawab πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»
dr. Ria Yoanita, SpA
dr. Ria Yoanita, SpA
Posted at - 14-10-2021 19:58
Hai Mum Eiva Rerata pada usia 18 bulan atau bisa dimulai saat anak sudah bisa memahami dan mengatakan akan pup atau BAK. Sehat selalu Mum
dr. Ria Yoanita, SpA
dr. Ria Yoanita, SpA
Posted at - 14-10-2021 19:57
Hai malam Mum Hera Pemberian MPASI pada usia 6 bulan+12 minggu= 9 bulan adalah 3x makan utama, 2x selingan. Pemberian MPASI masing-masing bayi tidak sama, tergantung dari salah satunya kurva pertumbuhannya. Ada baiknya untuk pengaturan MPASI nya berkonsultasi langsung dengan DSA nya ya Mum. Sehat selalu.
Rhastiana
Rhastiana
Posted at - 14-10-2021 19:55
salah alamat, ini forum dokter spesialis Anak ( SpA) budayakan membaca sebelum bertanya ya :)
evita apriliani putri
evita apriliani putri
Posted at - 14-10-2021 19:54
wjar gk si dok, saat kmbung kemuadian bayi gumoh? anak sya selalu gtu kalau kmbung di tandai gumoh
Rhastiana
Rhastiana
Posted at - 14-10-2021 19:53
salah alamat, ini forum dokter spesialis Anak ( SpA) budayakan membaca sebelum bertanya ya :)
Ara puspitasari
Ara puspitasari
Posted at - 14-10-2021 19:53
terimakasih dok sudah di jawab, jika sudah terlanjur di berikan gmna ya dok? harus di bawa ke DSA aja buat Konsul atau cek baby yg sudah terlanjur makan dok?
dr. Ria Yoanita, SpA
dr. Ria Yoanita, SpA
Posted at - 14-10-2021 19:53
Hai Mum Feby Mohon maaf saya dokter spesialis anak, boleh Mum bertanya pada dokter spesialis kebidanan dan kandungan ya. Sehat selalu kehamilannya.
Puspita Kartika
Puspita Kartika
Posted at - 14-10-2021 19:51
Selamat malam dokter, saya punya bayi laki-laki usia 11 bulan. Akhir-akhir ini maunya makan roti saja (tidak mau bubur atau nasi tim atau nasi), tapi kalau makan puding buah homemade lahap sekali. Biasanya saya campur susu uht masak, dan biskuit bayi. Apakah aman kalau bayi kebanyakan makan buah-buahan daripada makanan pokoknya? Bagaimana saran solusinya? Trus ketika makan buah naga, popoknya jadi ungu di area pipisnya, biasanya pupnya saja yg ungu, apakah itu normal dok? Mohon pencerahannya, terima kasih.
dr. Ria Yoanita, SpA
dr. Ria Yoanita, SpA
Posted at - 14-10-2021 19:51
Hai Mum Putri BAK berwarna oren bisa merupakan salah satu tanda dehidrasi atau kurang cairan, dalam hal ini ASI. Untuk menilai secara obyektif yaitu dengan mengukur berat badan dan menilai kenaikan berat badannya bagaimana. Jika kenaikan berat badan tidak sesuai target (usia 6 minggu atau 3 bulan pertama, target sekitar 750-1000 gram tiap bulannya), disertai keluhan lain, ada baiknya membawa ke DSA ya Mum. Sehat selalu.
Rhastiana
Rhastiana
Posted at - 14-10-2021 19:51
salah alamat, ini forum dr spesialis anak, budayakan membaca ya sebelum bertanya :)
dr. Ria Yoanita, SpA
dr. Ria Yoanita, SpA
Posted at - 14-10-2021 19:48
Hai mum Siti Mohon maaf saya dokter spesialis anak, boleh Mum bertanya pada dokter spesialis kebidanan dan kandungan ya. Sehat terus kehamilannya.
dr. Ria Yoanita, SpA
dr. Ria Yoanita, SpA
Posted at - 14-10-2021 19:47
Hai Mum Ara Pemberian MPASI sebaiknya dimulai usia 6 bulan. Dapat diberikan lebih dini jika atas anjuran DSA. Ada berbagai syarat untuk anak mulai MPASI, antara lain : kesiapan secara motorik dan lainnya. Ada baiknya Mum Ara membawa ke DSA ya untuk pemberian MPASI dini.
Yasintha Kurniati
Yasintha Kurniati
Posted at - 14-10-2021 19:46
selamat malam dokter Ria, saya mau tanya hari minggu yg lalu tiba-tiba anak saya usia hampir 7 bln muntah 2x setelah paginya saya kasih makan bubur fortif yg udh saya simpan 3 mingguan dalam kondisi sudah dibuka sebelumnya. apakah bubur fortif yg sudah dibuka jadi tidak bagus dok jika sudah dibuka tidak langsung dikonsumsi? lalu sekarang anak makan jd kurang berselera dan terlihat seperti mau muntah, kira2 gimana ya dok mengatasinya?
dr. Ria Yoanita, SpA
dr. Ria Yoanita, SpA
Posted at - 14-10-2021 19:45
Hai Mum Evita Malam. Tips mengurangi kembung antara lain : Susui adek bayi dengan posisi sedikit tegak, agar susu dapat secara perlahan dan lancar masuk ke dalam perut sehingga tidak menimbulkan masalah perut, pijat perut bayi secara perlahan dengan gerakan searah jarum jam, jaga agar adek tidak kedinginan, letakkan bayi di kasur dengan posisi tidur telentang lalu angkat kedua kakinya dan gerakkan seperti sedang mengendarai sepeda, skin to skin contact, serta tummy time dengan pengawasan ya Mum. Sehat selalu
dr. Ria Yoanita, SpA
dr. Ria Yoanita, SpA
Posted at - 14-10-2021 19:41
Hai Mum Indri Verawati, Pada bayi yang mendapat ASI dan happy baby, tidak ada keluhan apa-apa, kemungkinan adalah wajar BAB tidak tiap hari, warna pup hijau, juga BAK sering, dan BB naik baik 1,3 kg. Sehat sehat ya adek bayi.
dr. Ria Yoanita, SpA
dr. Ria Yoanita, SpA
Posted at - 14-10-2021 19:39
Hai Mum Ayu Mohon maaf sebelumnya, saya dokter spesialis anak. Boleh Mum berkonsultasi pada dokter kebidanan dan kandungan ya. Sehat selalu.
dr. Ria Yoanita, SpA
dr. Ria Yoanita, SpA
Posted at - 14-10-2021 19:39
Hai Mum Nisak Malam. Untuk usia 11 bulan dengan berat di bawah 7 kg kemungkinan kurang. Kenaikan berat badan yang seret dapat disebabkan berbagai macam, contohnya adanya kelainan bawaan (jantung bawaan), infeksi saluran kemih, anemia defisiensi besi, infeksi tuberkulosis, kesalahan dalam pemberian makan, alergi dan lain-lainnya. Demikian untuk cara menaikkan berat badan, tergantung dari manakah penyebabnya. Hal ini membutuhkan evaluasi dan pemeriksaan secara langsung pada si kecil oleh DSA. Sebaiknya berkonsultasi langsung pada DSA ya Mum.
Rhastiana
Rhastiana
Posted at - 14-10-2021 19:38
Terimakasih banyak ilmunya dok. maaf melenceng dr topik. izin bertanya, lidah berwarna putih apakah wajar dok? bayi saya 5 bulan 1 hari. apakah putih2 itu dapat mempengaruhi kenyamanan bayi saat menyusu ? anak saya ASI eksklusif. baru sehari ini kalau menyusu waktunya sedikit2 dok ga sampai 10 menit tp masih sering menyusunya. Semoga dokter berkenan menjawab. Terimakasih πŸ™πŸ»
eiva Insani
eiva Insani
Posted at - 14-10-2021 19:36
toilet training tepatnya dilakukan awal bayi usia berapa ya dok.
dr. Ria Yoanita, SpA
dr. Ria Yoanita, SpA
Posted at - 14-10-2021 19:35
Hai Mum Myla Rahmi Pada bayi yang memulai MPASI, maka warna pup akan menyesuaikan dengan apa yang dimakan. Jika warna pup adalah abu bercampur kuning, tanpa disertai gangguan atau keluhan lain, kemungkinan adalah wajar. Namun jika ada keluhan penyerta lain, ada baiknya berkonsultasi langsung dengan DSA nya ya Mum. Sehat selalu.
Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR