100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Forum / Kehamilan / Tanya Dokter  Kembali ke Forum
Teman Bumil

Teman Bumil
Thread Starter - 18-11-2021 12:08


[Sesi sudah berakhir] #TanyaDokter Teman Bumil - dr. Bob Irsan, Sp.OG - 19 November 2021

Hai Mums! #TanyaDokter Teman Bumil hadir lagi nih, bersama dokter spesialis kandungan, dr. Bob Irsan, Sp.OG.

Mums bisa bertanya seputar program hamil & keamilan melalui kolom komentar di bawah ini. 

Dokter Irsan akan menjawab pertanyaan-pertanyaan Mums di kolom komentar pada hari Jumat, 19 November 2021 pukul 15.00-16.00 WIB yaa Mums ^^

Yuk, Mums langsung #TanyaDokter dari sekarang!


Comments (254)
dr. Bob Irsan, Sp.OG
dr. Bob Irsan, Sp.OG
Posted at - 19-11-2021 16:08
Siang Mums, penebalan rahim bs jadi merupakan tanda awal dr kehamilan y mums apabila disertai dengan hasil tes pek postv, normalnya nanti ketika usia kehamilan 5w dan seterusnya akan tampak kantung kehamilan disertai dgn embrio serta detak jantung janin, jd untuk saat ini disaranakan mums mengkonsumsi makanan yang begizi seimbang agar nutrisi utk kehamilannya tercukupi, mengkonsumsi tablet asam folat secara rutin sampai usia kehamilan 3 bulan , minum air putih yang cukup , hindari stress serta istrht yang cukup ,normalnya dalam 2 minggu akan terjadi perkembangan dari kehamilannya yang bs diamati dr USG y mums, jd nanti jgn lupa kontrol kembali k dokter sp kandungannya y Mums sesuai jdwl
dr. Bob Irsan, Sp.OG
dr. Bob Irsan, Sp.OG
Posted at - 19-11-2021 16:00
Walaikumsalam Mums Halo Mums, mual di trimester 1 disebabkan krn peningkatkan hormon kehamilan Mums, utk mengatasiny mums bisa mengatur pola makan dgn makan sedikit-sedikit tp sering, hindari makanan -minuman yang merangsang dan berbau amis, konsumsi produk olahan jahe misalny permen jahe mums, ini bs membantu utk mengatasi keluhan-keluhan tsb mums,
dr. Bob Irsan, Sp.OG
dr. Bob Irsan, Sp.OG
Posted at - 19-11-2021 15:58
Siang Mums, jd mums and dads agar cepat hamil dsaranakn mums and dads harus rutin berhubungan intim sejak selesai mens sampai jadwal mens berikutny mums, jd minimal dalam seminggu itu 2-3 kali berhubungan intimnya mums, asalkan mums haidny selalu setiap bulan dan lama haidnya tdk lebih dari 8 hari maka di setiap bulannya mums selalu mempunya masa subur, kemudian mums and dads disarankan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, makan buah da sayur, minum yang cukup, olahraga teratur untuk menjaga berat badan , istrht yang cukup dan g boleh stress serta hindari rokok ya dgn pola hidup sehat seperti ini peluang untuk hamilnya akan semakin besar mums, selamat mencoba y mums semoga cepat diberikan Buah hati ya Mums and Dads😊
Hikmah Sopariah
Hikmah Sopariah
Posted at - 19-11-2021 15:57
selamat sore dok , usia kandungan saya kan mau memasuki 4 bulan. tp knp perut saya suka merasa sakit dibWah itu dok.. terus kalau jalan jga suka kaya rasa2 takut gt dok.. ini kenapa yah dok
dr. Bob Irsan, Sp.OG
dr. Bob Irsan, Sp.OG
Posted at - 19-11-2021 15:54
Hallo Mums di usia kehamilan 20 weeks sudah bs dilihat jenis kelamin babynya Mums melalui USG , dan umumnya akan sama jenis kelaminnya wlwpn sudah memasuki trimester 3 kehamilan, namun kadang kala ada kesulitan melihat jenis kelamin baby diakibatkan posisi dari babynya Mums, jd kadang apabila tdk terlihat di usia kehamilan 20 weeks akibat posisi babyny maka akan diulang pemeriksaanya saat kontrol berikutny mums , begitu ya Mums 😊
dr. Bob Irsan, Sp.OG
dr. Bob Irsan, Sp.OG
Posted at - 19-11-2021 15:51
Hallo Mums, sebelumnya saya ucapkan selamat y mums atas kehamilannya saat ini😊 jika hasil tes pek menunjukkan 2 garis terang atau samar maka kemungkinan besar Mums dalam kondisi hamil. Jadi kl dalam kondisi hamil maka tdk mungkin terjadi haid y Mums, jgn lupa memeriksakan kondisi kehamilannya k dokter sp kandungan terdekat y Mums , sehat-sehat y
Erlina Widiya
Erlina Widiya
Posted at - 19-11-2021 15:50
sore dr.bob mau tanya, usia kandungan sy skrg 35w, posisi kepala bayi tapi blm masuk ke panggul. apakah ini aman dok? lalu beberapa hari ini perut bagian kanan atas sering terasa keras, apakah ini kontraksi ? dan juga bagaimana ya dok cara mengetahui apakah air ketuban rembes atau tidak? terimakasih
Nur Afiyah
Nur Afiyah
Posted at - 19-11-2021 15:47
hamil 27 mnggu kaki dan tangan sering kesemutan kram, apalagi ketika bangun tidur, apakah bahaya dok?
dr. Bob Irsan, Sp.OG
dr. Bob Irsan, Sp.OG
Posted at - 19-11-2021 15:47
hallo Mums, salam kenal juga ya Saya tdk bs memastikan gumpalan yg keluar itu apa y Mums sebab saya tdk memeriksa mums secara lnsgung, saya lebih sarankan mums untuk memeriksakan segera di dokter sp kandungan terdekat utk memastikan penyebab dr keluhan yang mums sampaikan ya, nanti mums akan d usg utk melihat kondisi rahimnya
Asih Nurachmawati
Asih Nurachmawati
Posted at - 19-11-2021 15:46
sore dok , mau tanya kalo usia kandungan 35 week itu sk konttaksi palsu terakhir kemarin pas usg 18 november 2021 kata dokter air ketuban agak berkurang .. sk rembes dikit2 di pantau lg usg 2 minggu kedepan.. apakah aman dok sampai 2 minggu kedepan ?
Bunga Setyoputri
Bunga Setyoputri
Posted at - 19-11-2021 15:46
Assalamualaikum dokter. Saya mau tanya, saya baru menikah dua bulan, H-3 pernikahan saya baru selesai menstruasi, lalu setelah itu saya tidak haid selama sebulan lebih, beberapa tanda" hamil saya rasakan kecuali mual", saya sudah coba test pack 3x hasilnya tetap garis satu, tapi dua minggu yg lalu saya pingsan dan jatuh dikamar akibat kelelahan, besoknya saya menstruasi banyak sekali sampai keluar seperti ati ayam. Yg ingin saya tanyakan, apakah itu saya benar" haid atau pendarahan ya dok? Karna beberapa kondisi ada yg baru bisa terditeksi testpack ketika memasuki 8week. Mohon penjelasannya dokter. Terimakasih
dr. Bob Irsan, Sp.OG
dr. Bob Irsan, Sp.OG
Posted at - 19-11-2021 15:44
Hallo Mums mual dan muntah ini disebabkan karena penignkatakan hormon kehamilan terutama di awal usia kehamilan ya Mums, biasanya keluhan ini akan terus berlangsung sampai usia kehamilan 16 minggu mums, namun setelah itu keluhan akan membaik dgn sendirinya, untuk saat ini minum air putih yang cukup y Mums, 8-10 gelas sehari, hindari makanan yang merangsang dan berbau amis, makan sedikit-sedikit tp sering, mengkonsumsi produk olahan jahe seperti permen jahe bs membantu mengatasi keluhan Mums, namun jika kondisi tdk membaik saya saranakn Mums utk memeriksakan k dokter sp kandungan terdekat y mums agar mendapatkan penanganan yang tepat yaa
dr. Bob Irsan, Sp.OG
dr. Bob Irsan, Sp.OG
Posted at - 19-11-2021 15:41
Walaikumsalam Mums Mual dan muntah di awal kehamilan paling sering dikarenakan peningkatkan dari hormon kehamilan mums, ini akan berlangsung sampai usia kehamilan 4 bulan atau 16 minggu mums dan biasanya setelah 4 bulan keluhan tsb akan hilang dgn sendirinya, mums boleh-boleh saja mengkonsumsi air kelapa muda, namun yang disarankan utk mengurangi keluhan mual dan muntahnya adalah dgn mengatur pola makan menjadi sedikit-sedikit tp sering, kemudian mengkonsumsi olahan jahe (permen jahe) juga bs membantu mums mengatasi keluhan tsb
Indrasrasya
Indrasrasya
Posted at - 19-11-2021 15:41
sore dok,usia kandungan saya hampir memasuki 36w,kadang2 kok merasakan panas didada,apakah itu normal dok, terimakasih
Mirna Dewi kalisna
Mirna Dewi kalisna
Posted at - 19-11-2021 15:39
selamat sore dok, saya HPHT 10 september sampai sekarang belum haid, saya tes 3x hasilnya samar semua, dan saya mencoba untuk USG dan ternyata di usg tidak ada kantong atau apapun. Pertanyaan saya apakah itu wajar dok?? soalnya saya takut mengecewakan suami saya dok.
dr. Bob Irsan, Sp.OG
dr. Bob Irsan, Sp.OG
Posted at - 19-11-2021 15:38
Hallo Mums, baiknya diperiksakan dulu y Mums k dokter sp kandungan utk mengetahui kondisi kehamilannya saat ini
Muji
Muji
Posted at - 19-11-2021 15:37
Assalamualaikum, apabila kehamilan pertama lahirannya Cesar, apakah untuk kehamilan berikutnya memungkinkan bisa lahiran normal dokter? Apa karena pertama Cesar kehamilan berikutnya juga harus cesar? Terima kasih
dr. Bob Irsan, Sp.OG
dr. Bob Irsan, Sp.OG
Posted at - 19-11-2021 15:36
walaikumsalam Mums hallo Mums keuhan-keluhan kram perut, sakit punggung, pinggang , paha dan betis serta kembung bisa dikarenakan kondisi dr kehamilan itu sendiri mums. Untuk mengatasi sakit pinggang, punggung, paha dan betis , Mums bisa melakukan pijatan pd daerah yang sakit kecuali daerah perut bagian depan y mums, ini tdk boleh dipijat, untuk keluhan dada terasa panas dan kembung mums bisa mengatur pola makannya menjadi sedikit-sedikit tapi sering, jgn lngsung berbaring setelah makan y Mums, hindari makanan yang pedas, makanan yang asam dan yang mengadung santan y, konsumsi olahan jahe bisa membantu Mums misalnya permen jahe , kalau dengan cara-cara ini keluhan belum membaik baiknya mums periksakan dulu y k dokter sp kandungan terdekat , semoga membantu y Mums
Tamii Tamii
Tamii Tamii
Posted at - 19-11-2021 15:33
bantu jawab moms saya kmaren waktu hamil HB di angka 7 lalh turun ke 6 dan saya di rujuk untuk tranfusi darah,nah menurut pengalaman saya,tiap dokter itu punya standart angka HB yg aman berapa waktu lahiran hb saya 8 lalu habis sc tranfusi darah lagi,menurut saya angka 10 kayak nya cpt naiknya moms,asal bosster nya rutin,vitamin nya minum maltofer atau ferosepat ya moms,semangat💪💪
wara waliuly
wara waliuly
Posted at - 19-11-2021 15:32
dok maaf sy mau tanya , sy sedang hamil 35w & bagaimna cara ny biar rilex,sntai menghadapi mndkati persalinan y? & bgaimna cr yakinin spy g labil dlm mmtuskan persalinan? krna sy in hamil anak k2. terimakasih dok
Yulia Handriani
Yulia Handriani
Posted at - 19-11-2021 15:32
Assalamualaykum dok, perkenalkan sy uly. Sy working mom. aswdang hamil anak k 2 dan saat ini UK 27-28w. Selasa kemarin tgl 16 nov di jam istirahat saat hendak BAK. sy menemukan flek darah d CD. berwarna coklat. sepulang kerja sy langsung kontrol ke dr Obgyn. Hasil USG baik, djj bagus, plasenta di atas tdk menutupi jalan lahir, kepala masih d atas. dan saya di beri istirahat 2 hari. kemungkinan krn kelelahan saja. rabu, kamis sy d rumah tdk kemana2 tp masih beraktifitas sprt memasak,dll. Alhamdulillah tdk ada flek lagi. Jumat hr ini tgl 19 nov, sy mulai masuk kerja lagi. Dr rumah d antar naik motor oleh suami ke tempat bis jemputan, sy tinggal di purwakarta dan bekerja di karawang. +/- 45menit perjalanan bis. sampai kantor sy harus absen d lantai 2. kemudian turun lagi. dan harus berjalan +/- 5menit dr tempat turun jemputan ke office. setiba di office saya sarapan.saat sy mau BAK. sy melihat ad bekas flek lagi d CD. Kira2 ini kenapa ya dok? kondisi janin aktif. sampai sore akrg tdk keluar flek lagi. Sy bingung, terlebih sy masi hrs bekerja 1bln lagi sampai tanggal cuti lahiran.Terimakasih sebelumnya
dr. Bob Irsan, Sp.OG
dr. Bob Irsan, Sp.OG
Posted at - 19-11-2021 15:30
Walaikumsalam Mums, normalnya wanita akan haid sekali dalam sebulan mums dan lama haidnya tidak lebih dari 8 hari, ada beberapa kemungkinan penyebab dari haid 2 kali dalam sebulan mums, bisa krena faktor stress, kelelahan, kenaikan dan penurnan BB yang drastis, bisa karena adanya sesuatu penyakit di rahim misalnya polip dan miom. Saya tdk bisa memastikan penyebab pst kenapa mums bisa haid sampai 2 kali dalam sebulan karena saya tdk memeriksa Mums secara lgsung ya, namun saya sarankan sebaiknya mums cb terapkan pola hdup yang sehat dgn olahraga teratur untuk menjaga berat badan tetap ideal, makan maknanan bergizi seimbang, hindari stres, minum air putih dan istrht yang cukup y mums agar siklus haidnya lancar dan teratur kembali 😊
Nisa Uzzakiyah Qolby
Nisa Uzzakiyah Qolby
Posted at - 19-11-2021 15:29
hpht kapan bun? ada rasa sakit dan pegal di punggung juga ga bun?
Rossy Damaiati
Rossy Damaiati
Posted at - 19-11-2021 15:28
Selamat sore dok... usia kandungan saya 35 W, kmrn saya cek hb hasilnya 10,4 ... Kata bidan masih dibawah seharusnya.. ini saya usaha mengkonsumsi buah bit, tomat, jambu, bayam.. kira2 masih bisa naik ya dok? terimakasih
Er Vina
Er Vina
Posted at - 19-11-2021 15:28
sore dokter, sy mau nanya usg pertama sebaikny di minggu ke berapa ya dok?kantong kehamilan dapat terlihat di usg usia kehamilan brp minggu dok? sekarang sy telat 1 minggu dan tespek positif
Siti Aisyah
Siti Aisyah
Posted at - 19-11-2021 15:26
hallo dok saya mau tanya.. kandungan saya sdah memasuki 13 Minggu tetapi saya ad keluhan selalu buang air kencing yg begitu sering.. itu knpa ya dok..
Linda Pransiska
Linda Pransiska
Posted at - 19-11-2021 15:25
Siang Dr. Bob. Jika posisi janin OP sudah masuk panggul, apakah sudah dipastikan harus melahirkan dengan cara operasi caesar? Terima kasih.
Anggie wibowo
Anggie wibowo
Posted at - 19-11-2021 15:24
hallo dok,saya mau tanya,saya sudah lepas KB dari tahun 2019 akhir,dulu pernah pake KB suntik yg 1 bulan lalu karna ngflekk terus akhirnya pindah ke yg 3bln,pernah minum pil kb 1x aja abis itu udah ga pernah minum lagi,sampe skrng dok,sampe skrng gak pernah kb dok ,dan skrng mau promil apa saja yang harus saya konsumsi dok selama promil,sampe nanti hasilnya positif🙏apa efek KB kah sampai skrng belom garis 2 dok.pdhal sudah 2thn lepas KB
shafura bilqis s
shafura bilqis s
Posted at - 19-11-2021 15:24
sore dokter. saya sedang hami 8weeks dan lagi mual2nya, bahkan terasa perih di ulu hati. saya tidak bisa makan pagi sama sekali, hanya bisa minum madu. saya bs makan setelah diatas jam 11 siang, itupun sedikit. malampun begitu hanya busa makan sedikit, saya khawatir janin kurang gizi. gimana ya dokter sarannya, apakah ada obat mual yg aman utk kondisi saya skrg? Terimakasih..
Enggar Shafira Agriska
Enggar Shafira Agriska
Posted at - 19-11-2021 15:23
Hallo dok, hpl saya tgl 20 nov tapi saat ini saya belum merasakan tanda tanda seperti mules/kontraksi. Bagaimana yaa dok apakah aman? dan kira kira adakah yg bisa saya lakukan untuk merasakan kontraksi? terima kasih dok
Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR