100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Forum / Kehamilan / Tanya Dokter  Kembali ke Forum
Teman Bumil

Teman Bumil
Thread Starter - 24-11-2021 10:49


[Sesi sudah berakhir] SerbaSerbi: Ketahui Cara Menghitung Masa Subur - dr. Singgih Prasetyo Nugroho, Sp.OG

Hai Mums.. Selamat datang di #SerbaSerbi Teman Bumil dengan topik hari ini "Ketahui Cara Menghitung Masa Subur"

Perkenalkan saya Mumin yang akan menjadi moderator hari ini. Yuk, simak beberapa peraturan #SerbaSerbi yaaa:
1. Pertanyaan yang didahulukan untuk dijawab adalah pertanyaan yang berkaitan dengan topik #SerbaSerbi hari ini.
2. Pertanyaan akan dijawab narasumber pada Kamis, 25 November 2021 pukul 17.00-18.00 WIB.
3. Mumin akan memberi aba-aba bahwa sesi sudah selesai dan menutup sesi tersebut.
Selamat belajar Mums! ❀️

Ada voucher Buds Organic senilai @100rb untuk 5 penanya terbaik di sesi ini loh!

Dapatkan juga Promo Paket Persalinan di RS Lancang Kuning di Kota Pekanbaru, Riau

Harga paket persalinan:
1. Normal mulai dari Rp 1,950juta
2. C-Sectio mulai dari Rp 5,950juta

Benefit Khusus Pengguna Teman Bumil:
1. Antar jemput ambulans
2. Obat yang dibawa pulang
3. Injeksi Hepatitis B dan injeksi Neo K.

PROMO TERBATAS!
Segera dapatkan promonya mums di Fitur Belanja Aplikasi Teman Bumil atau klik link https://bit.ly/PartnerLancangKuning

Info lebih lanjut silakan hubungi Whatsapp Teman Bumil: https://wa.me/628174979610

 


Comments (68)
Nabila septya wirani
Nabila septya wirani
Posted at - 25-11-2021 19:17
bantu jawab boleh, berhubungan tiap hari kurang baik kak untuk kualitas sperma dan perlu diadakan jeda dalam berhubungan minimal 3 hari sekali aja sihπŸ™‚
Nabila septya wirani
Nabila septya wirani
Posted at - 25-11-2021 19:15
bantu jawab boleh, berhubungan setiap hari kurang baik kak ,kualitas sperma nya kurang baik kalau tiap hari keluar terus usahakan 3 hari sekali aja berhubungan setau aku sih gitu
Nabila septya wirani
Nabila septya wirani
Posted at - 25-11-2021 18:31
iya mbak kurang baik mbak kalau setiap hari , baiknya berhubungan di waktu jam 4 subuh / 7 pagi,disaat tubuh udah vit dan cukup istirahat nya si suami
farchatul hidayah
farchatul hidayah
Posted at - 25-11-2021 18:14
Hallo dok,,, saya mau tanya saya menikah sudah 4bln dan sekarang dlm progam hamil,,, dari bulan juli sampai bulan oktober saya haid tgl 27selalu tepat, dan bulan ini saya haid tgl 20... jdi bingung masa suburnya kpn,? dan selama ini hmpir tiap hari melakukan HB,, dok apakah B tiap hari tdk baik buat yg lgi progam hamil,?? mohon berkenan mwnjawab dok, terimakasih πŸ™πŸ»
dr. Singgih Prasetyo Nugroho, Sp.OG
dr. Singgih Prasetyo Nugroho, Sp.OG
Posted at - 25-11-2021 17:58
utk siklus yang teratur, maka akan sangat enak untuk mem-predict masa suburnya. cukup kurangkan siklus haidnya, dengan 14 (yaitu jumlah hari yang tetap jumlahnya, mulai dari saat ovulasi sampai terjadinya menstruasi). sedangkan yang bervariasi banyak harinya, adalah periode sebelum ovulasi. setelah dikurangkan dengan 14, maka qt dapatkan hari haid ovulasi kita. maka masa suburnya adalah, H-2 sampai H+1 setelah ovulasi
dr. Singgih Prasetyo Nugroho, Sp.OG
dr. Singgih Prasetyo Nugroho, Sp.OG
Posted at - 25-11-2021 17:52
untuk berhubungan ini, ada 2 pendapat. ada yang menganjurkan per 2-3 hari. tapi ada yang setiap hari, selama masa subur. saya lebih menganjurkan untuk dilakukan setiap hari, karena masa subur seorang wanita, hanyalah 4 hari dalam sebulan (H-2 sebelum ovulasi, sampai H+1 setelah ovulasi). alangkah sayangnya, kesempatan yang cuma 4 hari dalam sebulan itu, kemudian qt kasi jarak lagi 2-3 hari, artinya qt cuma dapat 2 hari dari 4 hari masa subur. walaupun nantinya, akan terjadi sedikit penurunan kualitas sperma, hal ini lebih baik dibandingkan qt harus kehilangan kesempatan yang cuma 4 hari dalam sebulan
Anisya Rani
Anisya Rani
Posted at - 25-11-2021 17:49
hallo dokter, maaf bertanya di luar topik, sy sedang hamil pertama uk 14 week, yg sy tanya apakah normal jika uk 14w blum terasa gerakan, terus perut sy juga blum buncit. kira" Uk berapa ya dok perut mulai buncit dan mulai kerasa gerakan janin nya, khususnya utk hamil pertama
dr. Singgih Prasetyo Nugroho, Sp.OG
dr. Singgih Prasetyo Nugroho, Sp.OG
Posted at - 25-11-2021 17:47
utk siklus 30-35 hari, ini masi dalam range yang normal mums. jadi sebenernya tidak diperlukan pengobatan untuk membuat siklusnya misalnya jadi 28 hari. akan tetapi, bila siklusnya lebih jarang dari 35 hari, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter mums, utk dicari penyebabnya, sehingga bisa dicarikan penyelesaiannya
dr. Singgih Prasetyo Nugroho, Sp.OG
dr. Singgih Prasetyo Nugroho, Sp.OG
Posted at - 25-11-2021 17:43
ini normal mums. malah bagus banget kalo haidnya emang persis 26 hari. artinya bisa kita hitung dengan pasti masa suburnya. kalau siklus haidnya 26 hari, maka ovulasinya jatuh pada hari haid ke (26-14 hari) = hari haid ke 12, dihitung dari hari pertama haid yang mulai deras darah haidnya. masa suburnya berarti H-2 sampai H+1 dari ovulasi. berarti masa subur mums mulai hari haid ke 10 sampai hari haid ke 13. berhubungan setiap hari di masa subur tersebut. insyaAllah kemungkinan hamilnya akan lebih besar
dr. Singgih Prasetyo Nugroho, Sp.OG
dr. Singgih Prasetyo Nugroho, Sp.OG
Posted at - 25-11-2021 17:36
untuk keluhan sakit perut dan sakit pinggang ini, sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter kandungan mums, supaya diketahui penyebabnya. dan untuk sperma suami yang suka keluar setiap hb, ini tidak bisa dijadikan parameter bahwa ada yang salah dengan spermanya, harus dilakukan pengecekan sperma di laboratorium. karena memang suatu hal yang normal, pada sperma untuk mengalami pencairan, beberapa saat setelah keluar dari tubuh laki-laki, sehingga karena mencair, maka otomatis akan keluar beberapa saat setelah hb
Maulida Hasanah
Maulida Hasanah
Posted at - 25-11-2021 17:33
halo dok, mau tanya saya hamil 6minggu. kenapa sampai pusing keliling ya? sempat ngecek tensi saya rendah, apa obat yg boleh diminum? terima kasih.
khikhimuroh andi lestari
khikhimuroh andi lestari
Posted at - 25-11-2021 17:33
halo dokter.. saya mau bertanya, saya mengalami keputihan abnormal stelah menikah,, berbau, tekstur sperti keju busuk juga., pdhal sblm menikah kputihanku normal" aja. sudah saya obati pake fladystin ovula.. sembuh to cuma 3 hari aja.. smpai skrg balik lg kputihannya berbau.. kadang suka malu kalo pas HB sama suami baunya nyengat banget. apakah ada obat yg bisa mnyembuhkan dokter?? soalnya kputihannya banyak bgt kalo kcapekan gini
dr. Singgih Prasetyo Nugroho, Sp.OG
dr. Singgih Prasetyo Nugroho, Sp.OG
Posted at - 25-11-2021 17:25
ini memang terdapat perbedaan pendapat di antara para ahli. ada yang cenderung mengedepankan kualitas sperma. tapi ada juga pendapat lain yang lebih mengedepankan siklus masa subur seorang wanita yang sangat terbatas dan berharga setiap bulannya, sehingga walaupun didapatkan sedikit penurunan kualitas sperma, tetapi hal itu masi lebih baik dibandingkan qt melewatkan hari2 masa subur yang cuma beberapa hari dalam satu bulan
Lutfiah
Lutfiah
Posted at - 25-11-2021 17:24
halo dr Singgih, saya Lutfiah sedang hamil perkiraan 6 minggu, saya mengalami mual sepanjang hari dan muntah berat, setelah muntah perut saya sering kram dan kencang, sudah diberi obat anti muntahl memang tidak muntah, tp masih terasa mual dan sakit dada, perut terasa perih, tidak bisa duduk lama walau bersandar, walau sudah makan perut masih terasa perih, apakah saya perlu ke ugd dok?
farchatul hidayah
farchatul hidayah
Posted at - 25-11-2021 17:24
berarti berhubungan setiap hari kurang baik ya mbk,kalau untuk progam hamil... karna sperma terlalu sering keluar jdi kurang berkualitas gitu ya mbk,?
Reny ernawati
Reny ernawati
Posted at - 25-11-2021 17:23
halo dok. saya reny. sekarang saya lagi hamil 10 minggu 4 hari. tapi, 2 hari ini saya mengalami flu, batuk, pilek, dan juga panas. saya sudah priksa ke bidan. tp, kenapa belum turun juga ya. apa yang harus saya lakukan. saya takut jika mengkonsumsi obat"an akan berpengaruh pada kesehatan janin.
Nduk Ndra 39
Nduk Ndra 39
Posted at - 25-11-2021 17:21
met sore dok,,sebelumnya perkenalkan saya eva ponorogo...oya dok sama mau konsultasi... pada tanggal 21 oktober saya mentruasi sampai tanggal 24 oktober,,dan bulan iki saya belum menstruasi dan kemari saya sengaja tespeck hasilnya garis 2 dok...itu perhitungannya positif berapa minggu ya dok...makasih dokter
dr. Singgih Prasetyo Nugroho, Sp.OG
dr. Singgih Prasetyo Nugroho, Sp.OG
Posted at - 25-11-2021 17:21
kalau sudah dicoba dengan secara alami, dengan menghitung masa subur, tapi masi belum ada hasil, sebaiknya dibantu dengan program hamil mums. sehingga pada setiap kali keluarnya sel telur (ovulasi) di setiap siklusnya, itu sel telur yang dihasilkan bisa lebih dari 1 sel telur. sehingga peluang terjadinya kehamilan, akan lebih besar
dr. Singgih Prasetyo Nugroho, Sp.OG
dr. Singgih Prasetyo Nugroho, Sp.OG
Posted at - 25-11-2021 17:17
betul ini mums. aktivitas fisik yang berat bisa sangat berdampak pada siklus haid. contoh yang ekstrim, bisa kita jumpai pada atlit2, dimana terjadi aktivitas fisik yang berat, sehingga mengganggu siklus haidnya. utk penyebab yang seperti ini, harus dilakukan penyesuaian kerja, sehingga nantinya siklus haidnya akan normal dengan sendirinya
Andarini Anda
Andarini Anda
Posted at - 25-11-2021 17:16
sore Dok saya mau tanya kenapa perut sebelah kiri saya sakit terutama kalo lagi tarik nafas , sakit nya seperti habis di tonjok
dr. Singgih Prasetyo Nugroho, Sp.OG
dr. Singgih Prasetyo Nugroho, Sp.OG
Posted at - 25-11-2021 17:13
bener ini mums. sebaiknya berhubungan setiap hari saat masa subur. karena masa subur seorang wanita itu, cuma beberapa hari dalam satu siklus. oleh karena itu, harus dimaksimalkan. walaupun dengan terjadinya sedikit penurunan kualitas sperma karena dikeluarkan setiap hari, hal ini tetap lebih baik dibandingkan melewatkan kesempatan masa subur yang cuma beberapa hari dalam satu bulan
IIS SETYANINGSIH
IIS SETYANINGSIH
Posted at - 25-11-2021 17:10
hallo. dr.singgih, perkenalkan saya salma dari TANGERANG, saya haid tidak teratur bisa 3bln gak haid bahkan sampe 6 bulan prrnah, saya priksa ke dokter dan di beri obat trapi haid, misal saya gak minum obat trapi saya gak haid dok, sya juga udah di kasih obat subur dok, tapi masih gak haid sya sudh tespek tpi blm ada tanda tanda hamil, sya mnikah sudah 2th tpi blm di beri momongan, mohon solusi nya dok triamaksih
Risda Meilinasari
Risda Meilinasari
Posted at - 25-11-2021 17:10
Assalamualaikum dok izin bertanya, saya sudah menikah 8bulan qodarullah sampe saat ini blm dikasih Allah titipan, bagaimana cara menghitung masa subur haid yang tidak teratur 30-35hr? dan apa solusinya? apakah kegemukan mempengaruhi masa subur? terimakasih semoga sehat selalu mumin dan pak dokter πŸ˜‡
Nur Israq
Nur Israq
Posted at - 25-11-2021 17:10
Dok saya baru habis SC bulan februari tahun ini kini saya hamil lagi sudah 6bulan apakah itu aman untuk melahirkan di usia kandungan 9bulan dok ?
wryanti
wryanti
Posted at - 25-11-2021 17:10
dok klo haid tanggal 19 bulan ini masa subur kapan dok..soalnya saya masih bingung perhitungan masa subur
dr. Singgih Prasetyo Nugroho, Sp.OG
dr. Singgih Prasetyo Nugroho, Sp.OG
Posted at - 25-11-2021 17:09
walaikumsalam mum. untuk haid yang sedikit seperti ini, harus dicari penyebabnya dlu mums. biasanya yang menggangu siklus haid adalah perubahan pola makan, perubahan tingkat stress, perubahan aktivitas fisik, perubahan berat badan mums.
Anggun Wahyuni
Anggun Wahyuni
Posted at - 25-11-2021 17:09
assalamu'alaikum dokter salam kenal saya mau tanya dok.... saya lagi hamil 11 minggu dan hari ini saya mengalami muntah yg membuat perut saya sakit dan sampe keluar pipis saat saya muntah dok dan tenggorokan saya saat menelan dok... apakah ada masalah dengan kehamilan saya dok karna ini anak pertama dok...mohon jawaban nya dokter terimakasih πŸ™πŸΌπŸ™πŸΌπŸ™πŸΌ
Eka nurfauziah
Eka nurfauziah
Posted at - 25-11-2021 17:08
assalamualaikum dok saya september saya haid tanggal 27 lalu bulan oktobernya saya haid nya tanggal 29 dok jadi masa subur saya kapan ya dok tapi bulan ini saya belom haid sih
sholichah
sholichah
Posted at - 25-11-2021 17:08
halo dok sy caca. sudah menikah 9 bulan tp belum berhasil dok. september lalu sy sempat positif tp langsung keguguran. belumterbentuk janin hanya embrio sj langsung gugur. nah sekarang sy sdg mencoba lagi dok. apakah konsumsi folavit dlm jangka waktu lama tidak memberikan dampak dok? karena sy konsumsi folavit sudah sejak 6 bulan lalu rutinnya. dan selain suplemen as folat, suplemen apalagi yg meningkatkan dok? disisi suami sy juga baiknya gmna ya dok ? soalnyasuami sy maunya HB hampir tiap hari tnpa ada jadwal.
Anisa
Anisa
Posted at - 25-11-2021 17:08
selamat sore dok. saya mau bertanya, 2 tahun lalu saya melahirkan anak saya dengan bantuan induksi karena panggul kecil kemudian pembukaan yg lambat, sementara ketuban sudah keluar. saat ini saya sedang hamil anak kedua (8 minggu), kira kira apa berpengaruh dengan panggul lagi atau tidak? mohon kiat2 agar nanti melahirkan anak kedua dengan lancar dan aman bagaimana? thanks dok
Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR